Ini dia pilihan olahraga terbaik baik bagi penyandang obesitas

Bagi orang yang belum mengalami masalah berat badan seperti obesitas, berolahraga mungkin tidak menjadi masalah yang berarti, berbagai jenis olahraga dapat dilakukan tanpa kendala serius.

215 views   |   shares
  • Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang yang selalu memerhatikan dan mengutamakan penampilan yang sempurna dalam kehidupan sehari-harinya. Hidup sehat dan membiasakan berolahraga secara teratur merupakan cara yang harus menjadi kebiasaan agar berat badan yang ideal ini tidak hanya menjadi impian saja. Bagi orang yang belum mengalami masalah berat badan seperti obesitas, berolahraga mungkin tidak menjadi masalah yang berarti, berbagai jenis olahraga dapat dilakukan tanpa kendala serius. Namun berbeda halnya dengan penderita obesitas atau orang yang sudah memilki masalah dengan berat badannya, berolahraga menjadi sebuah masalah yang cukup memberatkan tubuh yang berpotensi besar dapat menyebabkan cedera serius bagi mereka. Tidak semua jenis olahraga cocok dan baik untuk dilakukan oleh penyandang obesitas, hanya beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh mereka namun tetap bisa mendapatkan efek yang baik dari berolahraga dan tentunya tanpa harus terlalu kuatir akan risiko besar yang dapat membuat kesehatan terganggu.

  • 1. Berjalan kaki

  • Jenis olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, berjalan kaki merupakan olahraga yang baik bagi penderita obesitas atau berat badan berlebih tanpa harus takut cedera atau gangguan kesehatan lainnya.

  • 2. Berolahraga dengan menggunakan alat bantu

  • Menggunakan alat bantu seperti bola pilates dapat membantu Anda yang mengalami obesitas untuk melakukan berbagai gerakan seperti misalnya situp yang dapat membantu untuk mempercepat proses penurunan berat badan terutama di area perut.

  • 3. Olahraga air

  • Berolahraga di dalam air membantu untuk mengurangi beban yang diberikan pada persendian tubuh sehingga sangat baik untuk dilakukan oleh penderita obesitas.

  • 4. Bersepeda

  • Bersepeda yang dimaksud di sini adalah dengan menggunakan sepeda statis untuk melakukan olahraga sehingga Anda tidak perlu sama sekali untuk membebankan berat badan Anda pada kaki yang dapat membebani tubuh bagian atas seperti tulang belakang.

  • 5. Yoga

  • Dengan melakukan yoga, Anda akan secara bersamaan dilatih untuk tetap berada dalam kondisi rileks meski tubuh melakukan olahraga. Hal inilah yang membuat yoga juga baik untuk dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas.

  • Dari kelima jenis olahraga yang dapat dilakukan di atas, dapat kita perhatikan bahwa sebenarnya jenis olahraga yang dapat dilakukan dan baik bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih tidaklah harus dengan olahraga yang berat. Sebab nyatanya olahraga yang berat pun tidak menjamin memberikan hasil yang memuaskan dibandingkan dengan program olah tubuh yang jauh lebih ringan. Sebaliknya beraktivitas atau berolahraga secara berlebihan justru dapat membuat masa otot semakin bertambah yang malah bisa memberikan dampak semakin meningkatnya berat badan.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ini dia pilihan olahraga terbaik baik bagi penyandang obesitas

Bagi orang yang belum mengalami masalah berat badan seperti obesitas, berolahraga mungkin tidak menjadi masalah yang berarti, berbagai jenis olahraga dapat dilakukan tanpa kendala serius.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr