5 'siasat' mendekatkan anak-anak saya dengan saudara tiri mereka.

Hubungan antar-saudara sering diwarnai dengan perselisihan, iri hati, dan persaingan, apalagi dengan saudara tiri.

169 views   |   1 shares
  • Hubungan antar-saudara sering diwarnai dengan perselisihan, iri hati, dan persaingan, apalagi dengan saudara tiri. Di antara saudara kandung saja sering timbul persaingan, jadi dapat dibayangkan bila hal ini terjadi di antara saudara tiri. Sebagai orangtua bagaimana Anda dapat mendekatkan anak-anak Anda dengan saudara tirinya.

  • Anda sudah memiliki beberapa anak ketika Anda akan menikah dengan calon suami Anda. Dia juga mempunyai dua orang anak dari pernikahan sebelumnya. Hubungan mereka sekarang ini baik-baik saja sebagai teman, tetapi Anda khawatir bila mereka sudah tinggal serumah apa yang akan terjadi. Apakah karena mereka merasa bukan saudara kandung mereka merasa iri satu sama lain?

  • Selain ada bantuan dari psikiatris Anda sendiri dapat melakukan hal-hal ini untuk mempererat hubungan:

  • 1. Keyakinan

  • Mendidik anak-anak Anda dalam satu agama akan membantu mereka merasa lebih dekat. Penulis mengenal sebuah keluarga besar yang memiliki 12 orang anak, 6 dari pihak istri, 6 dari pihak suami. Keluarga itu rukun-rukun selalu dan anak-anak mereka saling mengasihi, tidak peduli antara saudara kandung atau saudara tiri. Orangtua mereka mendidik anak-anak itu agar taat beragama sehingga paling tidak itulah yang mempersatukan mereka.

  • 2. Tidak pilih kasih

  • Hal ini penting sekali, orangtua tidak boleh pilih kasih dalam memperlakukan anak kandung atau anak tirinya. Dengan demikian tidak akan timbul rasa iri hati di antara mereka. Misalnya Anda memberi anak-anak kandung Anda baju baru untuk awal tahun sekolah yang baru, maka Anda juga harus memberikan yang sama buat anak tiri. Begitu pula dalam menunjukkan kasih sayang, Anda hendaknya memberikan pelukan dan ciuman kepada anak tiri sebanyak Anda memberikannya kepada anak kandung Anda.

  • 3. Permainan

  • Ajaklah anak-anak Anda bermain monopoli atau game board lainnya. Permainan seperti ini dapat mempererat jalinan keluarga. Atau Anda dapat mengajak mereka tamasya, berekreasi, berolahraga bersama. Semua ini akan memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi sehingga menguatkan hubungan mereka.

  • 4. Bekerja bersama

  • Berilah mereka proyek untuk dikerjakan bersama seperti membersihkan kebun atau mengecat rumah bila anak-anak Anda cukup besar untuk melakukannya. Dengan bekerja sama mereka dapat merasakan kedekatan sebagai saudara, tanpa membedakan antara saudara kandung maupun tiri.

  • 5. Pengasuhan

  • Tentu saja peran orangtua sangatlah penting dalam mempersatukan anak-anak Anda. Didikan Anda dalam mengajarkan kasih sayang di antara anak-anak Anda akan membuat mereka saling menyayangi. Untuk mengurangi persaingan dianjurkan agar Anda mengubah pandangan mereka terhadap prestasi mereka. Sebaliknya dari memberi tepukan di bahu dan berkata "wah, kamu hebat," tanyakan pendapat mereka bagaimana perasaan mereka karena berhasil mencapai keberhasilan itu. Dengan begitu Anda menanamkan rasa percaya diri yang kuat. Mereka tidak memerlukan pujian orang lain karena mereka tahu mereka mampu.

  • Advertisement
  • Anak-anak cenderung untuk menjadi individu yang menonjol di tengah keluarga mereka. Kadang-kadang mereka berbuat buruk supaya berbeda dari saudara-saudaranya yang "baik." Karena itu sebagai orangtua Anda hendaknya selalu memupuk sifat-sifat baik setiap anak dan mendorong mereka untuk mempertahankan sifat-sifat itu. Lebih lagi dalam keluarga di mana ada saudara tiri, sebaiknya Anda memperkuat dorongan untuk berbuat baik.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 'siasat' mendekatkan anak-anak saya dengan saudara tiri mereka.

Hubungan antar-saudara sering diwarnai dengan perselisihan, iri hati, dan persaingan, apalagi dengan saudara tiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr