Pencarian Jiwa: Perjalanan Pamungkas

Perjalanan menemukan jati diri adalah perjalanan pencerahan.

1,091 views   |   shares
  • Saya suka melakukan perjalanan. Tidak ada sesuatu yang menyamai petualangan baru untuk memikirkan semua kemungkinan yang tak terbatas akan hari baru yang dapat datang dalam petualangan tersebut. Kadang-kadang kegembiraannya tersebut begitu besar sehingga saya merasakan hati saya seakan mau meledak.

  • Mengingat-ingat tentang Disneyland sewaktu masih anak-anak? Bagaikan keajaiban. Apa yang akan terjadi bila setiap hari kita dapat mempertahankan sukacita dan keajaiban seperti itu? Apa yang akan terjadi bila kita menanti-nantikan hari baru seolah-olah hari itu adalah karunia dari Tuhan Yang Penuh Kasih yang memandang ke bawah ke arah kita, dengan tiada keinginan selain agar kita mengetahui siapa diri kita dan menemukan sukacita dalam kehidupan kita. Perjalanan puncak kedamaian dan sukacita tersebut dimulai sekarang ini juga, hari ini. Itu adalah perjalanan tentang pencarian dalam jiwa dan penemuan jati diri. Inilah cara memulainya.

  • Berdoa

  • Biarpun Anda tidak percaya kepada Tuhan, atau tidak yakin apakah Dia benar-benar ada, mulailah perjalanan ini dengan bertanya kepada-Nya. Saya berjanji kepada Anda bahwa bila Anda bertanya kepada Tuhan apakah Dia benar-benar ada, dan Anda benar-benar ingin mengetahui jawabannya, Dia akan menjawab Anda dan Anda akan menerima salah satu kesaksian akan kasih Tuhan bagi Anda. Anda akan belajar bahwa Anda tidak sendiri di dunia ini dan Anda akan memiliki kepercayaan mendasar yang akan mengubah seluruh sisa hidup Anda.

  • Membaca

  • Sisihkan waktu setiap hari untuk membaca naskah-naskah keagamaan Anda. Bila Anda tidak memeluk agama, ada sejumlah naskah keagamaan yang dapat Anda baca seperti Tao Te Ching, yang merupakan sumber ilham luar biasa. Bahkan bila Anda telah beragama, cobalah untuk membaca naskah-naskah keagamaan lainnya. Hal itu akan mencerahkan dan Anda akan menemukan bahwa Allah berbicara kepada umat-Nya tanpa memandang agama mereka. Bacalah buku-buku yang baik yang dapat Anda temukan. Ada begitu banyak buku yang baik di luar sana yang dapat mengajari kita tentang diri kita serta tempat kita dalam kemanusiaan. Salah satu buku favorit saya adalah Les Miserables. Sewaktu kita membaca tentang Jean Valjean dan perjalanannya sendiri untuk menemukan jati dirinya, kita belajar bahwa setiap orang suci dapat menjadi pendosa dan setiap pendosa dapat menjadi orang suci. Valjean menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam penjara dengan menyangkal bahwa dia adalah seorang pencuri hanya untuk menjadikannya seorang pencuri setelah pembebasannya, namun karena belas kasihan dari seorang pria yang menunjukkan pengampunan kepadanya, Valjean menjadi seorang pria yang baik, jujur, penyayang dan menghabiskan sisa waktu kehidupannya untuik melayani orang lain. Kita dapat belajar banyak hal tentang diri kita dari perjalanan pencarian dalam jiwa orang lain.

  • Advertisement
  • Renungkan

  • Luangkan waktu untuk memikirkan tentang kehidupan, tentang hal-hal yang dapat Anda lihat, hal-hal yang Anda dengar dan hal-hal yang Anda baca. Luangkan waktu untuk memerhatikan keindahan alam serta keajaiban alam semesta. Tanyakan kepada diri Anda hal-hal yang tidak dapat Anda jawab, dan kemudian renungkanlah hal apa yang mungkin menjadi jawabannya. Tanyakan pertanyaan pamungkas, “Siapakah saya?” Mengapa saya ada di sini?” Dari mana saya berasal?” Ke mana saya akan pergi?” lalu jangan takut untuk memikirkan jawabannya dan pergilah ke tempat yang diarahkan oleh jawabannya. Adalah dalam saat-saat yang hening perjalanan Anda paling memuaskan.

  • Tulislah

  • Pastikanlah untuk membuat catatan harian penemuan Anda. Inilah tempatnya Anda mencurahkan pertanyaan Anda dan menulis jawaban yang Anda terima melalui pemikiran dan perenungan yang sungguh-sungguh. Adalah menakjubkan pikiran-pikiran yang datang pada waktu dini hari saat semua masih hening dan tenang, atau dalam keheningan malam saat semua hal di sekitar Anda telah tertidur. Simpanlah catatan harian Anda dekat dengan Anda agar Anda dapat mencatat saat muncul gagasan dan kesan dalam pikiran Anda. Sering-seringlah melihat kembali catatan harian Anda sehingga Anda dapat mengetahui seberapa Anda telah mengalami kemajuan dalam perjalanan Anda serta seberapa Anda telah tumbuh dan berubah dalam proses itu.

  • Perjalanan menemukan jati diri adalah perjalanan pencerahan. Itu adalah perjalanan yang diambil oleh beberapa pria dan wanita terhebat di zaman kita, baik di masa lalu maupun masa sekarang, yang ide-idenya telah mendorong perubahan yang terus berjalan di dunia kita sekarang.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Soul searching: The ultimate journey” karya Tiffany Fletcher.

Baca, hidupkan, bagikan!

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Pencarian Jiwa: Perjalanan Pamungkas

Perjalanan menemukan jati diri adalah perjalanan pencerahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr