4 langkah tepat untuk segera memulai bisnis Anda

Jika Anda sudah melalui semua langkah-langkah berikut, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mulai menjalankan semua perencanaan Anda dengan penuh keyakinan dan ketekunan yang Anda miliki sejak awal.

283 views   |   shares
  • Lebih baik menjadi kepala semut dibandingkan menjadi ekor gajah, ungkapan inilah yang seringkali menjadi awal keinginan seseorang untuk mencoba membuka usahanya sendiri. Kesejahteraan memang menjadi alasan utama kita bekerja setiap harinya di samping untuk memenuhi kebutuhan mendasar dalam hidup. Namun dari sekian banyak karyawan yang bekerja di perusahaan sebagian besar justru mengalami kebuntuan dalam karier mereka. Pendapatan yang dihasilkan tidak pernah menjadi lebih baik, waktu kerja yang melebihi normal bahkan seringkali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

  • Memulai berpikir untuk membuka usaha sendiri memang menjadi pilihan lain selain bekerja di perusahaan milik orang lain untuk menghasilkan pendapatan. Selain tidak lagi terikat dengan waktu kerja, membuka usaha sendiri memang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan penghasilan lebih besar daripada gaji yang didapatkan saat masih bekerja untuk orang lain, meskipun tidak menutup kemungkinan juga justru mengalami kerugian yang lebih besar. Setiap usaha tentu ingin mendapatkan keuntungan, untuk itulah banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan agar usaha yang dimulai tidak merugikan kita sebagai pelaku usaha. Jika hari ini Anda adalah salah seorang yang berniat untuk membuka usaha Anda sendiri, ada baiknya untuk terlebih dahulu memastikan pada diri sendiri bahwa Anda telah siap dan yakin untuk benar-benar menekuni usaha Anda tersebut. Jika keyakinan yang utama ini telah Anda miliki, tentu berbagai tantangan yang akan muncul nantinya tidak akan terlalu menyulitkan Anda untuk terus tekun mengatasinya sampai usaha Anda berhasil, dan Anda sudah dapat memulai langkah awal untuk merealisasikannya dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • 1. Ide

  • Setiap orang yang akan membuka usaha pastinya telah memiliki ide usaha yang akan digelutinya, ini adalah pokok sebelum Anda melangkah lebih jauh. Ide yang dimiliki inilah yang akan Anda jadikan dasar dalam memulai mewujudkannya menjadi lahan usaha yang menguntungkan Anda nantinya.

  • 2. Perencanaan

  • Perencanaan sangat penting agar usaha yang akan Anda buka tersebut memiliki tujuan dan manfaat yang jelas ke depannya. Ide yang dikembangkan tanpa perencanaan terlebih dahulu sudah dapat dipastikan akan banyak mengalami kesulitan di tengah jalan. Perlu berbagai pertimbangan dan target yang akan dicapai agar usaha dapat berjalan sesuai dengan rencana.

  • 3. Observasi

  • Lakukan observasi yang cukup dalam sebelum Anda memutuskan untuk mengeksekusi segala ide dan rencana Anda. Observasi dapat dilkukan terhadap pasar yang akan Anda tuju baik itu observasi terhadap konsumen, lokasi, pesaing, dan lain sebagainya menjadi faktor vital yang dapat membantu Anda menilai apakah perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya dapat diterapkan nantinya.

  • Advertisement
  • 4. Persiapan

  • Sampai pada ke tahap ini sudah dapat dipastikan sebentar lagi Anda akan telah memulai menjalankan bisnis Anda sendiri. Jika langkah sebelumnya sudah benar-benar matang yang dibutuhkan berikutnya adalah persiapan untuk mewujudkan semua rencana Anda. Jangan sampai usaha yang sudah dijalankan justru menemui kendala di tengah jalan karena kurangnya persiapan yang mendukung usaha Anda untuk berjalan dengan baik.

  • Empat langkah awal inilah yang tepat sekali perlu Anda lakukan jika ingin memulai bisnis Anda sendiri. Jika sudah melalui semua langkah-langkah tersebut yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mulai menjalankan semua perencanaan Anda dengan penuh keyakinan dan ketekunan yang Anda miliki sejak awal.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

4 langkah tepat untuk segera memulai bisnis Anda

Jika Anda sudah melalui semua langkah-langkah berikut, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mulai menjalankan semua perencanaan Anda dengan penuh keyakinan dan ketekunan yang Anda miliki sejak awal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr