Cara Menata Rak Buku

Bagi banyak orang, rak buku di rumah merupakan sumber rasa frustrasi. Rak buku dapat menjadi sangat berantakan sehingga buku menjadi susah ditemukan.

3,402 views   |   3 shares
  • Bagi banyak orang, rak buku di rumah merupakan sumber rasa frustrasi. Rak buku dapat menjadi sangat berantakan sehingga buku menjadi susah ditemukan, terlihat tidak rapi, atau terlalu rapat dan menjadi lengket sehingga buku-buku tersebut menjadi rusak. Keruwetan lainnya adalah bahwa di beberapa rumah terdapat banyak rak buku yang terletak di sembarang tempat, sehingga mempersulit pencarian jilid-jilid buku tertentu secara cepat. Berikut ini adalah beberapa gagasan untuk menata buku-buku keluarga Anda:

  • Sesuai Urutan Abjad

  • Metode ini merupakan salah satu yang terbaik untuk memudahkan pencarian buku-buku tertentu dalam koleksi besar. Pilihlah sesuai urutan abjad berdasarkan nama pengarang atau judul bukunya (barangkali lebih mudah mengingat judul buku daripada nama pengarangnya). Bila Anda bersikeras untuk menggunakan susunan yang benar-benar sesuai dengan urutan abjad, pikirkan sebelumnya bagaimana agar susunan buku-buku tersebut terurut dari satu rak ke rak lainnya.

  • Sesuai Abjad Berdasarkan Kategori

  • Ini sama dengan susunan buku di perpustakaan dalam hal penataan buku-buku mereka. Buku-buku yang memiliki subjek dalam bidang yang sama, dikelompokkan dalam satu kelompok (sebagai contoh: biografi, buku rujukan, buku resep masakan, fiksi, dsb.) dan kemudian disusun sesuai urutan abjad dalam kelompoknya masing-masing.

  • Sesuai Ukuran Besarnya Buku

  • Kadang-kadang cara terbaik untuk memanfaatkan ruang rak buku adalah dengan cara menata buku-buku Anda sesuai ukuran besarnya buku, karena beberapa buku mungkin terlalu tinggi untuk dapat ditempatkan di rak-rak tertentu. Metode ini mungkin terlihat kurang teratur, akan tetapi beberapa orang menemukan bahwa cara inilah yang terbaik untuk memanfaatkan ruang yang tersedia. Selain itu, beberapa pembaca merasa lebih mudah mengingat bentuk buku daripada judul buku itu sendiri.

  • Sesuai Warna

  • Beberapa orang menyukai tata warna yang terlihat di rak mereka. Walaupun kurang bermanfaat dalam hal pencarian buku-buku tertentu, metode ini dapat melengkapi keindahan ruangan secara keseluruhan.

  • Berdasarkan Pemilik

  • Cara yang umum untuk menata buku adalah dengan menaruh rak-rak buku untuk para anggota keluarga di kamar tidur masing-masing, yang berisikan buku-buku mereka sendiri. Buku-buku yang ada di rak masing-masing ini, selanjutnya dapat ditata dengan menggunakan metode-metode di atas.

  • Orang yang sangat menyukai kerapian mungkin senang membuat daftar dari semua buku mereka dengan menggunakan komputer. Daftar ini dapat dicari berdasarkan judul atau pengarang buku, serta menunjukkan tempat buku tersebut tersimpan di dalam rumah. Agar metode ini dapat dilaksanakan dengan baik, para anggota keluarga perlu berdisiplin untuk menaruh kembali buku-buku tersebut di tempat yang telah ditentukan.

  • Advertisement
  • Seperti halnya barang-barang lain, koleksi buku juga perlu disortir. Rak-rak buku yang penuh atau bahkan setengah penuh sering terlihat lebih rapi daripada rak yang terlalu penuh dan berantakan. Pertimbangkan untuk mendonasikan buku-buku yang sudah tidak dibaca lagi atau tidak menarik kepada badan-badan amal yang membutuhkan. Setidak-tidaknya dengan cara ini, orang lain dapat memperoleh manfaat dari buku-buku Anda yang tidak diperlukan. Anda dapat memadukan buku di rak yang tidak terlalu penuh dengan foto atau suvenir agar terlihat lebih menarik. Pertimbangkan untuk menaruh buku-buku berukuran besar pada posisi yang agak serong, dengan bagian punggung menghadap ke luar, sebagai siasat agar muat di dalam rak yang penampangnya agak pendek, serta menghilangkan kesan rak buku yang tampak penuh terisi dengan balok.

  • Buku adalah barang bernilai – simpanlah buku-buku Anda dengan cara yang memungkinkan agar buku-buku tersebut dapat digunakan sekaligus dikagumi.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Ways to organize a bookshelf” karya Margot Hovley.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Cara Menata Rak Buku

Bagi banyak orang, rak buku di rumah merupakan sumber rasa frustrasi. Rak buku dapat menjadi sangat berantakan sehingga buku menjadi susah ditemukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr