Sudahkah Anda membina waktu yang bermutu bersama keluarga?

Bukan masalah berapa banyak waktu yang Anda lewatkan bersama keluarga Anda, namun apakah Anda melewatkan waktu yang berharga bersama mereka.

389 views   |   1 shares
  • Bukan masalah berapa banyak waktu yang Anda lewatkan bersama keluarga Anda, namun apakah Anda melewatkan waktu yang berharga bersama mereka. Anda boleh berada di rumah sepanjang hari, namun bila Anda sibuk sendiri dan setiap anggota keluarga juga sibuk dengan kegiatan masing-masing maka Anda tidak melewatkan waktu yang berharga bersama keluarga Anda. Anda serumah namun tidak berhubungan satu sama lain. Misalnya suami di ruang tamu nonton sepak bola, Anda di kebun bercocok tanam dan anak-anak di kamar masing-masing main video game, tidak ada interaksi bersama. Waktu bersama keluarga yang bermutu ialah di mana anggota keluarga saling berkomunikasi dan berbagi. Bagaimana meluangkan waktu bermutu dan apa saja yang bisa dikerjakan?

  • Tentukan waktu

  • Luangkan waktu tertentu misalnya hari Sabtu sore atau Minggu sore di mana seluruh anggota keluarga dapat berkumpul untuk melakukan sesuatu bersama. Saat ini penting dan setiap anggota keluarga harus mendedikasikan waktu untuk itu. Semua kegiatan lain boleh ditunda, mengerjakan p.r. atau membersihkan rumah dapat dilakukan sesudah itu.

  • Olahraga

  • Sambil menyelam minum air, Anda dapat memanfaatkan olahraga untuk membina waktu yang bermutu bersama keluarga sembari meningkatkan kesehatan dengan berolahraga. Apa olahraga yang paling cocok untuk ini? Renang dapat dilakukan baik oleh bayi maupun nenek-nenek, sementara itu Anda dapat bermain air, bercanda atau mengadakan permainan air lainnya bersama sambil berolahraga. Tentu saja Anda dapat menikmati olehraga lainnya asalkan dapat dilakukan beramai-ramai, misalnya saja bermain bowling.

  • Tamasya

  • Ini merupakan kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, entah itu ke gunung atau ke laut, tidak perlu terlalu jauh, pokoknya ke tempat yang jarang didatangi. Di situ Anda dapat camping, memasang tenda atau tinggal di pemondokan, piknik atau memancing bersama. Suasana yang berbeda akan membuat Anda lebih menikmati kebersamaan itu. Bukan berarti bahwa Anda harus selalu keluar rumah untuk menikmati waktu bermutu dengan keluarga Anda. Anda dapat saja menjadwalkan satu petang setiap minggu di mana keluarga dapat berkumpul dan mengadakan permainan monopoli atau board game lainnya. Di situ Anda dapat membahas hal-hal yang penting bagi keluarga Anda dan tentu saja hidangan dapat disajikan untuk dinikmati bersama. Ayah atau ibu dapat merancang apa yang akan dikerjakan, atau beri tugas kepada anak-anak untuk bergilir merencanakan kegiatannya.

  • Advertisement
  • Berdoa

  • Tidak ada yang lebih penting dari membina iman dalam keluarga Anda dengan berdoa bersama, membahas tulisan suci dan ajaran-ajarannya. Di samping itu juga pergi bersama ke rumah ibadat untuk memuliakan nama Allah.

  • Bekerja

  • Keluarga yang bekerja bersama akan menjadi lebih kokoh hubungannya. Bila ada proyek yang dapat Anda lakukan bersama seluruh anggota keluarga, seperti mengecat rumah, Anda dapat menghemat sekaligus mengajarkan kepada anak-anak pentingnya bekerja. Berilah setiap anak tugas yang sesuai dengan usia mereka. Anda tidak boleh mengharapkan kesempurnaan pekerjaan itu, dalam hal ini yang penting adalah manfaat bekerja bersama dan menjalin hubungan yang lebih erat.

  • Waktu yang bermutu juga dapat Anda bina dengan masing-masing anak. Ketika Anda membantu mengerjakan p.r. seorang anak atau ketika Anda mengajak seorang anak untuk membantu Anda berbelanja makanan, Anda melewatkan waktu yang bermutu bersamanya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sudahkah Anda membina waktu yang bermutu bersama keluarga?

Bukan masalah berapa banyak waktu yang Anda lewatkan bersama keluarga Anda, namun apakah Anda melewatkan waktu yang berharga bersama mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr