Hubungan sehat selama pacaran = Kebahagiaan pernikahan

Setiap pemuda dan pemudi yang sedang jatuh cinta harus paham bahwa hubungan yang mereka jalani merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa.

1,164 views   |   3 shares
  • Hubungan pacaran sehat dengan pernikahan bahagia memiliki kaitan yang sangat erat, hal ini bak hukum sebab akibat yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Joseph Olsen, seperti dimuat dalam Journal of Marriage and Family, menyebutkan salah satu komponen pendukung bagi terwujudnya pernikahan bahagia adalah gaya pacaran yang sehat.

  • Pernikahan bahagia membuat hidup Anda lebih sehat. Brigham Young University (BYU) baru-baru ini merilis data bahwa pasangan dengan kehidupan pernikahan yang harmonis mampu menikmati kehidupan lebih lama dan bahagia. Salah seorang peneliti, Rick Miller, selama 20 tahun telah membuktikan hal tersebut. Bahwa dengan semakin membaiknya kualitas pernikahan, maka kesehatan fisik masing-masing pasangan akan mengalami peningkatan.

  • Keluarga adalah pilar paling utama yang menopang sendi-sendi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, persiapan-persiapan matang sebelum memutuskan membangun keluarga perlu diawali melalui proses pacaran yang sehat.

  • Berpacaran memiliki makna dan tujuan mulia. Itu sebabnya dalam menjalani masa pacaran, tiap-tiap orang harus mengindahkan beberapa kaidah berikut ini:

  • 1. Belajar untuk saling mencintai

  • Dalam masa pacaran inilah saat untuk belajar saling mencintai. Perlu dipahami juga bahwa tiap-tiap pribadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan-perbedaan yang ada bisa menjadi masalah jika hubungan kelak tidak dilandasi oleh rasa cinta. Namun dalam masa pacaran, rasa cinta hendaknya diwujudkan dalam bentuk yang positif. Rasa cinta hendaknya tidak membutakan hati nurani serta akal sehat, sehingga diharapkan masa pacaran akan berakhir indah dalam pernikahan yang kudus.

  • 2. Belajar membedakan hak serta kewajiban

  • Meskipun status telah meningkat menjadi sepasang kekasih, bukan berarti pada masa pacaran seseorang bisa menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang diinginkan. Setiap pemuda dan pemudi perlu saling melindungi dan menjaga harga diri masing-masing, terutama dalam hal menjaga kemurnian akhlak satu sama lain.

  • 3. Belajar menjadi lebih dewasa dan realistis

  • Meskipun pacaran adalah masa-masa indah penuh warna, tetapi jangan pernah terjebak oleh asmara dan suasana romantis yang ditimbulkan. Masa pacaran adalah saat paling tepat untuk proses pendewasaan diri, saat di mana tiap-tiap orang bisa belajar bahwa setiap tantangan dalam kehidupan perlu disikapi dengan realistis.

  • 4. Belajar lebih takut kepada Tuhan

  • Advertisement
  • Setiap pemuda dan pemudi yang sedang jatuh cinta harus paham bahwa hubungan yang mereka jalani merupakan anugerah dari Tuhan. Jalanilah dengan tujuan akhir sebuah pernikahan kudus. Tidak ada satupun kebahagiaan yang muncul akibat pelanggaran, tidak pula karena kesengajaan. Oleh karena itu, takut kepada Tuhan selama masa pacaran akan menjauhkan diri dari godaan untuk melakukan hal-hal yang buruk.

  • 5. Belajar apa itu arti kesabaran

  • Pernikahan yang bahagia diawali oleh masa pacaran yang sehat. Setiap pemuda dan pemudi perlu memahami pentingnya hal ini. Adalah lebih bijaksana untuk menunggu dan bersabar, melatih diri untuk lebih bertanggungjawab jauh lebih bermanfaat daripada terburu-buru ingin melangsungkan pernikahan, tetapi tidak dibekali oleh persiapan-persiapan yang matang.

  • Masa pacaran adalah masa yang indah. Pada masa ini hendaknya setiap orang bisa memanfaatkannya untuk mengenal dengan lebih baik siapa calon pasangannya. Tidak hanya itu, pada masa pacaran setiap orang bisa melatih dirinya agar bisa menjadi lebih bertanggungjawab. Ini berguna sebagai persiapan ketika kelak telah resmi menjadi sepasang suami istri dan juga orangtua.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Hubungan sehat selama pacaran = Kebahagiaan pernikahan

Setiap pemuda dan pemudi yang sedang jatuh cinta harus paham bahwa hubungan yang mereka jalani merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr