Wah, retardasi mental pada anak bisa disebabkan oleh virus

Ternyata, penyebab retardasi mental anak bukan hanya karena pola asuh, namun bisa juga disebabkan virus saat hamil.

551 views   |   shares
  • Setiap orangtua mendambakan anak yang sehat lahir dan batin, namun kenyataan tak selalu indah. Ada kalanya Tuhan memberikan ujian bagi hamba-Nya, berupa kelainan pada buah hati kesayangannya. Misalnya dengan retardasi mental. Namun, hal ini bukan sesuatu yang tidak dapat diupayakan untuk dicegah.

  • Karena itu, sebaiknya setiap calon orangtua memahami secara total mengenai berbagai hal yang mungkin terjadi dan masih bisa dicegah, bukan? Retardasi mental sendiri merupakan suatu keadaan perkembangan jiwa yang terhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh terjadinya ketidakmampuan ketrampilan selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada tingkat kecerdasan secara menyeluruh, misalnya kemampuan kognitif, bahasa, motorik dan sosial.

  • Menurut The American Association on Mental Deficiency (AAMD), definisi retardasi mental mencakup dua dimensi utama yaitu perilaku adaptif dan kecerdasan. Retardasi mental didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana fungsi intelektual umum di bawah rata-rata normal disertai dengan kekurangan dalam perilaku adaptif yang muncul pada periode perkembangan.

  • Menurut pedoman penggolongan dan diagnosis gangguan jiwa, kriteria diagnosis retardasi mental meliputi; fungsi intelektual umum secara bermakna di bawah rata-rata IQ 70 atau lebih rendah pada tes yang dilakukan individual (pada bayi karena tes intelegensi yang tersedia tidak dapat dinilai dengan angka, fungsi intelektual rata-rata dapat dibuat berdasarkan pertimbangan klinik).

  • Penyebab

  • Nah, ternyata, dua puluh lima persen dari penderita retardasi mental disebabkan oleh faktor biologis. Salah satu penyebabnya adalah infeksi maternal selama kehamilan, yaitu infeksi TORCH dan Sifilis. Cytomegali inclusion body disease merupakan penyakit infeksi virus yang paling sering menyebabkan retardasi mental. Infeksi virus ringan atau subklinik pada ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan otak janin yang bersifat fatal. Duh..

  • Pengertian cytomegalovirus

  • Cytomegalovirus atau yang lebih dikenal dengan CMV adalah salah satu bentuk virus yang menyerupai virus herpes. Pada penderita yang terinfeksi oleh cytomegalovirus maka gejalanya menyerupai flu bahkan beberapa mengalami tanpa gejala. Pemeriksaan darah merupakan solusi yang tepat untuk mengetahui tubuh terinfeksi cytomegalovirus.

  • Infeksi cytomegalovirus dapat menyebar melalui cairan tubuh penderita, melalui darah, sperma, air liur, urin dan juga air susu ibu. Kondisi penderita yang terserang infeksi cytomegalovirus akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan yang berbeda.

  • Advertisement
  • Dampak cytomegalovirus pada kehamilan

  • Dampak CMV pada kehamilan tergantung pada usia kehamilan. Menurut artikel berjudul Neuropathogenesis of Congenital Cytomegalovirus Infection dari jurnal kesehatan dari AS, Clinical Microbiology Reviews (CMR), dampak virus CMV akan menyebabkan janin mengalami keguguran, mengalami cacat bahkan hingga prematur. Perbedaan inilah yang menyebabkan janin mengalami perbedaan. Beberapa berat badan rendah, perkembangan motorik dan kulit yang berwarna kuning pada bayi bahkan beberapa kasus dapat menyebabkan pembesaran hati.

  • Bayi dari ibu yang mengalami infeksi CMV akan terlihat sehat seperti kebanyakan bayi normal lainnya. Meskipun demikian akan menunjukan gejala dalam waktu yang lama bahkan beberapa yang umum terjadi pada bayi yang terinfeksi CMV adalah terjadinya gangguan pendengaran dan gangguan penglihatan.

  • Pada kondisi ibu hamil di bawah usia kehamilan 20 minggu maka akan berisiko mengalami komplikasi pada janin. Cytomegalovirus akan menginfeksi janin dan mengakibatkan gangguan pada organ janin. Pada janin yang terinfeksi cytomegalovirus seringkali ditemui lahir prematur dan memiliki berat badan yang rendah.

  • Pencegahan

  • Usaha pencegahan dapat dilakukan melaui pendidikan kesehatan jiwa di masyarakat, konseling genetik dan tindakan kedokteran misalnya perawatan prenatal yang baik, kehamilan pada wanita yang berumur lebih dari 40 tahun dikurangi. Konseling terhadap orangtua penderita dilakukan secara intensif, dengan tujuan antara lain membantu mereka dalam menghadapi frustasi karena mempunyai anak yang menderita retardasi mental.

  • Inilah pentingnya pemeriksaan sebelum kehamilan. Yakni untuk mengetahui kondisi calon ibu dan ayah dalam keadaan sehat sehingga tidak membahayakan ibu dan janin selama kehamilan. Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan kehamilan? Bagaimana dengan pemeriksaan TORCH?

  • Pemeriksaan TORCH

  • Anda yang akan berencana untuk hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan TORCH. Pemeriksaan TORCH yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan terhindar dari Toxoplasma, Rubella, kemudian Cytomegalovirus dan juga Hepatitis B. Penyakit tersebut akan membahayakan kesehatan ibu dan janin. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, dapat menjadi penyebab terjadinya retardasi mental.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Wah, retardasi mental pada anak bisa disebabkan oleh virus

Ternyata, penyebab retardasi mental anak bukan hanya karena pola asuh, namun bisa juga disebabkan virus saat hamil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr