Hubungan yang seperti apakah yang ingin dicontoh anak-anak setiap melihat ayah dan ibunya?

Orangtua merupakan teladan bagi anak-anaknya dalam segala hal, antara lain dalam hal menjalin hubungan. Mereka akan melakukan apa yang dilakukan orangtuanya.

461 views   |   4 shares
  • Orangtua merupakan teladan bagi anak-anaknya dalam segala hal, antara lain dalam hal menjalin hubungan. Mereka akan melakukan apa yang dilakukan orangtuanya. Jika orangtua bertengkar setiap hari, anak-anak akan menganggap bahwa hubungan seperti itu normal. Dan ketika mereka memiliki rumah tangga sendiri mereka tidak segan-segan untuk menimbulkan pertengkaran dengan pasangan hidupnya. Tidak ada rumah tangga yang tidak pernah mengalami pertengkaran, tetapi bila itu dilakukan setiap hari, rumah tangga itu mungkin tidak akan bertahan lama.

  • Kekerasan

  • Anak-anak akan melakukan apa yang mereka lihat dari orangtuanya. Jika semasa kecil orangtuanya mendidik mereka dengan keras dan bahkan memukul mereka, maka itulah yang akan mereka lakukan terhadap anak-anak mereka sendiri. Karena itu penting bahwa orangtua berhati-hati dalam perbuatannya. Bahkan seandainya mereka memperoleh perlakuan yang buruk dari orangtua mereka, mereka hendaknya menghentikan siklus itu karena menyadari bahwa perbuatan itu salah.

  • Cinta kasih

  • Cinta kasih adalah kebalikan dari kekerasan. Bila anak-anak melihat orangtuanya menunjukkan cinta kasih dalam hubungan mereka satu sama lain juga terhadap anak-anaknya, mereka akan menginginkan hal yang sama dalam rumah tangga mereka. Mereka juga akan berinteraksi penuh cinta kasih dalam hubungan mereka dengan siapa pun. Orangtua hendaknya tidak segan-segan menunjukkan cinta kasih mereka terhadap siapa saja di rumah. Pelukan dan ciuman memberi anak-anak keyakinan bahwa orangtuanya mencintai mereka. Pelukan dan ciuman antara orangtua juga memberi mereka perasaan aman, kedamaian dan kehangatan walau ketika melihatnya mereka mungkin akan merasa kikuk dan menertawakannya.

  • Kebaikan

  • Anak-anak juga perlu belajar kebaikan dari orangtuanya. Bila mereka melihat betapa orangtuanya melakukan kerja bakti di lingkungan, rumah sakit, sekolah, rumah ibadat, kemudian menyumbang rumah yatim piatu, memberi makan gelandangan dan banyak kebajikan lainnya, anak-anak itu akan berusaha melakukan hal-hal yang sama ketika mereka dewasa. Belas kasih kepada sesama akan tertanam dalam hati mereka karena melihat teladan dari orangtua.

  • Kejujuran

  • Ini adalah sifat penting yang harus diteladankan kepada anak-anak. Jika orangtua mengajarkan ketidakjujuran di rumah walau dalam hal kecil-kecil, misalnya menyuruh anak-anak berbohong bahwa orangtua mereka tidak di rumah bila penagih hutang datang, ini akan dicontoh oleh anak-anak. Mereka akan melakukan hal yang sama dengan alasan, "Ah, itu hanya kebohongan kecil yang tidak merugikan siapapun." Lama kelamaan mereka tidak dapat membedakan mana kebohongan kecil, mana kebohongan besar.

  • Advertisement
  • Kerajinan

  • Janganlah menyalahkan anak-anak jika mereka bermalas-malasan bila orangtua sendiri tidak memberikan teladan dalam hal kerja keras. Tetapi jika mereka terbiasa menunjukkan kepada anak-anak bagaimana mereka selalu bekerja keras, maka anak-anak akan belajar pentingnya kerja keras dalam hidup ini.

  • Rasa syukur

  • Bila orangtua mengajarkan anak-anak mereka untuk selalu bersyukur, mereka akan menjadi orang yang lebih bahagia dan tidak serakah. Mereka tidak akan banyak menuntut hal-hal yang tidak sepantasnya. Sebaliknya mereka akan belajar mensyukuri keadaan mereka dan apapun yang mereka miliki. Ini penting untuk menghindari stres dan depresi.

  • Iman

  • Orangtua juga perlu menjadi teladan dalam hal iman dan ketaatan beragama. Bagaimana mereka dapat berharap anak-anaknya rajin ke rumah ibadat, patuh kepada orangtua, jika mereka sendiri tidak memberikan contoh?

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hubungan yang seperti apakah yang ingin dicontoh anak-anak setiap melihat ayah dan ibunya?

Orangtua merupakan teladan bagi anak-anaknya dalam segala hal, antara lain dalam hal menjalin hubungan. Mereka akan melakukan apa yang dilakukan orangtuanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr