Sakit gigi dan gusi saat hamil? Jangan khawatir atasi dengan cara ini

Selama kehamilan rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur.

2,175 views   |   4 shares
  • "Dok, mengapa selama hamil gigi saya sering terasa sakit. Tidak hanya itu, gusi saya juga mudah berdarah dan di beberapa tempat kadang disertai benjolan-benjolan?" Anita - Jogjakarta.

  • Mungkin keluhan yang dialami oleh Anita di atas juga sedang Anda alami saat ini. Pertanyaannya, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi agar selama kehamilan gigi dan gusi tidak lagi membuat Anda merasa tidak nyaman? Simak artikel yang dikutip dari laman informasi RSKIA Sadewa, Jogjakarta ini.

  • Penyebab gigi dan gusi terasa sakit selama kehamilan

  • Keadaan demikian terjadi karena adanya perubahan hormon esterogen dan progesteron secara besar-besaran dalam tubuh ibu hamil. Saat hamil kadang juga disertai berbagai macam keluhan lain seperti ngidam, mual dan muntah. Khusus untuk kondisi gigi dan gusi ibu hamil seringkali ditandai dengan adanya pembesaran gusi yang mudah berdarah karena jaringan gusi merespons secara berlebihan terhadap iritasi lokal. Bentuk iritasi lokal yang dimaksud bisa berupa karang gigi, gigi berlubang, susunan gigi yang tidak rata atau adanya sisa akar gigi yang tidak dicabut dengan sempurna.

  • Biasanya, pembesaran gusi ibu hamil dimulai pada trimester pertama hingga ketiga masa kehamilan. Keadaan semacam ini sebetulnya normal karena adanya aktivitas hormonal, yaitu hormon esterogendan progesteron. Hormon progesteron memiliki pengaruh lebih besar terhadap terjadinya inflamasi atau peradangan.

  • Pencegahan

  • Sebaiknya pemeriksaan menyeluruh dilakukan sebelum calon ibu merencanakan kehamilan. Namun, bagi ibu hamil perlu terus dimotivasi agar selalu memeriksakan kondisi kesehatan gigi serta gusinya ke dokter gigi secara teratur, hal ini bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin ada tidaknya kemungkinan terjadinya retensi plak. Sebagai contoh: Apakah ada tepi tambalan yang tidak rata, gigi berlubang yang tidak diketahui, maupun adanya karang gigi yang dapat melukai gusi.

  • Tips agar gigi dan gusi selalu sehat selama kehamilan

  • Advertisement
    1. Setidaknya 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan, lakukan cek up kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Semakin awal gangguan di rongga mulut terdeteksi, maka proses pengobatannya lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

    2. Selama kehamilan rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.

    3. Sebisa mungkin batasi mengonsumsi makanan manis dan bersifat asam, sebab kedua jenis makanan ini sangat mudah sekali menimbulkan masalah kerusakan pada gigi.

    4. Konsumsilah makanan sehat selama kehamilan, terutama perbanyak mengonsumsi vitamin C, kalsium, dan vitamin B12.

    5. Sesaat setelah muntah jangan lupa untuk segera membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel. Gunakan air hangat agar asam lambung yang menempel dapat segera dinetralisir dan tidak merusak gigi.

    6. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika tiba-tiba muncul keluhan di sekitar mulut. Konsultasikan juga metode perawatan apa yang paling cocok untuk Anda, dan lakukan pemeriksaan minimal 3 bulan sekali selama kehamilan.

  • Tips mengurangi rasa sakit

  • Satu-satunya obat oral pereda rasa nyeri yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah parasetamol. Namun, tanpa rekomendasi dari dokter penggunaan parasetamol sebaiknya dihindari. Selain obat oral, penggunaan obat oles jauh lebih aman bagi ibu hamil. Untuk itu, penggunaan minyak cengkehdan benzocaineboleh dipertimbangkan.

  • Ada satu lagi cara mengurangi rasa sakit, yaitu dengan cara kumur-kumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam dapur. Gunakan larutan ini untuk berkumur minimal 1 menit setelah makan. Lakukan kumur-kumur sebanyak 3-4 kali dalam sehari, selain dapat mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi, juga dapat membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan gusi.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Sakit gigi dan gusi saat hamil? Jangan khawatir atasi dengan cara ini

Selama kehamilan rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr