Kapan waktu yang tepat untuk anak saya mulai belajar bahasa asing?

Alasannya, adalah karena pada usia tersebut anak memiliki daya serap bahasa yang berfungsi secara otomatis di mana fungsi seperti ini sudah tidak lagi dimiliki oleh orang dewasa.

473 views   |   2 shares
  • Setiap orangtua pastinya akan selalu memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Sejak dari lahir hingga beranjak dewasa, mereka akan terus selalu berjuang demi memenuhi setiap kebutuhan yang diperlukan agar anaknya memiliki bekal yang cukup di kemudian hari seperti dalam hal pendidikan. Mengingat persaingan di dunia kerja yang semakin kompetitif sekarang ini, generasi muda diharapkan untuk terus melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan dan keahlian yang cukup.

  • Jadi tugas orangtua sebenarnya tidak hanya mempersiapkan anak secara moral dan fisik saja, memiliki intelektual tanpa dilengkapi dengan keterampilan pun pada masa kini sulit untuk dapat bersaing. Oleh karena itu, hal tersebut juga yang menjadi salah satu penyebab kurikulum di sekolah-sekolah pun sudah banyak mengalami perubahan. Beberapa materi yang jika sebelumnya hanya ada di tingkat yang lebih tinggi kini sudah ada di tingkat yang lebih rendah seperti sekolah dasar.

  • Keterampilan berbahasa asing misalnya, pada beberapa lowongan pekerjaan yang dapat kita lihat sudah menjadi salah satu prasyarat penting agar dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan pemberi lapangan kerja. Namun, dalam mempelajari bahasa asing dibutuhkan waktu yang tepat agar anak benar-benar dapat menguasai setiap materi sehingga pembelajaran untuk menguasai suatu bahasa dapat menjadi lebih efektif.

  • Meski banyak sekali yang beranggapan bahwa semakin dini seorang anak mempelajari bahasa akan semakin mudah ia menguasai bahasa itu, Dr. Bambang K. Purwo, ketua Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris dari Universitas Katolik Atma Jaya menyebutkan bahwa masa emas bagi anak untuk mulai mempelajari bahasa asing adalah dimulai dari sejak umur 6 sampai 12 tahun.

  • Alasannya, adalah karena pada usia tersebut anak memiliki daya serap bahasa yang berfungsi secara otomatis. Di mana fungsi seperti ini sudah tidak lagi dimiliki oleh orang dewasa yang akan lebih mengalami kesulitan untuk belajar bahasa walaupun tidak berarti mereka tidak mampu untuk menguasainya.

  • Atas dasar itulah, maka sangat dianjurkan jika sebaiknya pada usia di bawah enam tahun seorang anak terlebih dahulu dibiarkan untuk terus menguasai bahasa pertama yang dikenalnya. Memaksa anak untuk cepat belajar dan menguasai bahasa lain selain bahasa pertama justru akan memberikan beban psikologis yang dapat menghambat anak menguasai bahasa pertama yang lebih banyak tentunya digunakan di dalam lingkungannya.

  • Advertisement
  • Hambatan tersebut dapat bermacam-macam bentuknya, baik penguasaan dalam kosa kata, struktur, ataupun bentuk kata dapat menjadi terganggu karena beban psikologis yang diterima oleh sang anak jika terlalu tergesa-gesa dipaksakan untuk mempelajari bahasa asing.

  • Tak dapat dipungkiri memang beberapa bahasa asing turut memengaruhi bidang-bidang penting kehidupan bangsa Indonesia. Seperti halnya bahasa Inggris yang dipandang sebagai bahasa universal yang membuat para orangtua banyak terobsesi agar anaknya dapat mempu menguasainya lebih awal.

  • Niat ini tidaklah salah mengingat kegunaannya bagi sang anak itu sendiri nantinya. Namun dalam hal ini tetap diperlukan kebijaksanaan agar dalam mencapai hal tersebut jangan sampai justru membuat anak merasa tertekan dan dirugikan dalam lingkungan dan pergaulannya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Kapan waktu yang tepat untuk anak saya mulai belajar bahasa asing?

Alasannya, adalah karena pada usia tersebut anak memiliki daya serap bahasa yang berfungsi secara otomatis di mana fungsi seperti ini sudah tidak lagi dimiliki oleh orang dewasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr