5 Langkah Dasar Mengendalikan Gula Darah

Orang yang menderita diabetes mungkin hanya merasa cepat lelah, namun yang berbahaya dari penyakit ini ialah dampaknya bagi organ-organ tubuh karena antara lain dapat menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, kebutaan.

9,501 views   |   9 shares
  • Diabetes atau kencing manis disebabkan oleh banyaknya kandungan gula dalam darah karena pankreas tidak bekerja dengan semestinya untuk membentuk insulin. Penyakit ini banyak disebut orang sebagai penyakit orang kaya. Tentu saja ini anggapan keliru, karena orang miskin juga bisa menderita diabetes. Penyakit ini dapat disebabkan karena cara makan yang salah, tetapi salah satu penyebab utamanya ialah keturunan. Yang terakhir ini dibagi lagi menjadi dua golongan, tipe 1 adalah orang-orang yang sejak lahir sudah terkena diabetes, tipe 2 adalah orang-orang yang terkena diabetes di usia menjelang senja. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun bukan berarti tidak bisa dikendalikan. Si penderita harus memakai obat atau insulin seumur hidup dan mengatur makanannya untuk mengendalikan banyaknya kandungan gula dalam darahnya. Orang yang menderita diabetes mungkin hanya merasa cepat lelah, namun yang berbahaya dari penyakit ini ialah dampaknya bagi organ-organ tubuh karena antara lain dapat menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal juga kebutaan.

  • Penulis hidup di antara orang-orang yang menderita penyakit ini, ibu, ibu mertua, suami, teman, mereka semua terkena diabetes. Dari pengamatan pribadi ini penulis menyimpulkan 5 langkah dasar yang dapat dipakai untuk mengendalikan gula darah.

  • 1. Obat

  • Kebanyakan orang takut akan jarum suntik, begitu juga suami penulis. Namun ketika dokter memutuskan bahwa obat-obatan tidak mampu lagi menurunkan gula darahnya, terpaksa dia menyuntik dirinya setiap pagi dan petang dengan insulin. Selain ke dokter umum atau spesialis diabetes, penderita harus ke dokter mata paling tidak sekali setahun. Banyak orang yang mendadak buta karena tidak menyadari kerusakan pembuluh darah di matanya akibat diabetes.

  • 2. Tes darah

  • Sekarang ini banyak dijual alat untuk memeriksa tingginya gula darah, kita tidak perlu lagi ke laboratorium. Dengan alat ini kita dapat memeriksa kadar gula dalam darah kita sebelum dan sesudah makan. Bahkan jika perlu kita dapat meminta dokter memasang alat di pinggang kita yang terus menerus mengamati kadar gula dalam darah kita. Ini sangat membantu bila kadar gula darah kita cenderung naik turun secara tidak teratur.

  • 3. Makanan

  • Di zaman modern ini hampir semua orang sadar betapa pentingnya mengatur makanan untuk menjaga kesehatan. Namun bagi penderita diabetes mengatur makanan boleh dikatakan menentukan hidup dan matinya. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, pasta, bakmi, dan banyak lagi lainnya akan mempercepat naiknya kadar gula dalam darah. Makanan-makanan ini diolah tubuh menjadi glucose/gula. Penting sekali mengurangi porsi dari makanan seperti ini terutama bagi mereka yang terbiasa makan nasi tiga kali sehari. Makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah makanan yang mengandung protein seperti telur, susu, ikan, dada ayam. Tentu saja sayur-sayuran juga perlu banyak dimakan. Buah-buahan dapat dimakan sekedarnya, mangga yang terlalu manis harus dibatasi, begitu juga nangka, rambutan, nenas, bahkan pisang.

  • Advertisement
  • 4. Tidur

  • Tidur yang cukup penting bagi kita semua. Bagi penderita diabetes tidur yang cukup, kurang lebih 8 jam sehari, akan membantu pankreas membentuk insulin yang sangat penting untuk menjaga kadar gula darah. Tidur bukanlah sesuatu yang bisa diganti seperti makanan. Kalau kita kurang tidur beberapa hari, kita tidak bisa menggantinya dengan tidur seharian sesudahnya.

  • 5. Olahraga

  • Ini sangat penting dalam mengendalikan gula darah. Selain menjaga agar tubuh tidak menjadi terlalu gemuk, olahraga juga membantu pembentukan insulin. Menurut para ahli yang terbaik ialah 30 menit, atau 3 kali 10 menit sehari jalan kaki, naik sepeda, berenang, atau apa saja kegiatan yang kita sukai. Banyak penderita diabetes yang kakinya merasa sakit sehingga enggan berolahraga. Justru karena tidak berolahraga rasa sakit di kaki bertahan sehingga akhirnya sulit untuk dipakai berjalan.

  • Banyak penderita diabetes yang berumur panjang karena mereka menjalankan langkah-langkah di atas secara ketat. Dengan kemajuan ilmu kedokteran penderita diabetes mempunyai lebih banyak harapan untuk hidup dengan normal seperti kebanyakan orang lainnya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 Langkah Dasar Mengendalikan Gula Darah

Orang yang menderita diabetes mungkin hanya merasa cepat lelah, namun yang berbahaya dari penyakit ini ialah dampaknya bagi organ-organ tubuh karena antara lain dapat menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, kebutaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr