Bagaimana merapatkan kembali hubungan yang renggang?

Jika rumah tangga Anda mengalami keretakan dan Anda tidak siap bercerai, apa yang akan Anda usahakan untuk mengembalikan keharmonisannya?

3,636 views   |   9 shares
  • Jika rumah tangga Anda mengalami keretakan dan Anda tidak siap bercerai, apa yang akan Anda usahakan untuk mengembalikan keharmonisannya? Ada pasangan suami istri yang rumah tangganya tidak lagi harmonis karena anaknya meninggal akibat suatu penyakit atau kecelakaan. Ada pula pasangan suami istri yang karena sesuatu hal hubungannya menjadi dingin dan kurang mesra, seakan-akan mereka merasa jenuh menghadapi satu sama lain. Bagaimana mengatasi hal-hal seperti ini dan mengembalikan kemesraan dalam hubungan mereka?

  • Menyadari dan mengakui

  • Pertama-tama untuk mengatasi sebuah persoalan seseorang harus menyadari dan mengakui apa persoalan yang dihadapinya itu. Jika masalah yang timbul dalam sebuah rumah tangga adalah karena meninggalnya seorang anak misalnya, maka suami atau istri hendaknya tidak terus menerus menyalahkan atau mengambinghitamkan pasangannya. Mereka hendaknya menerima kenyataan pahit bahwa anak mereka meninggal dan menganggap itu sebagai kehendak Tuhan saja. Tetapi jika masalah yang mereka hadapi hanyalah berasal dari hilangnya kemesraan dalam hubungan mereka, maka mereka hendaknya berusaha meningkatkan keakraban dengan cara apapun. Yang akan dibahas dalam artikel ini ialah masalah kedua. Ada beberapa saran untuk meningkatkan kemesraan dalam hubungan suami istri.

  • Kenangan

  • Sesudah menikah bertahun-tahun hubungan suami istri dapat saja berubah menjadi seperti hubungan antara teman atau saudara belaka. Mereka merasa dekat tetapi tidak ada lagi percikan cinta seperti dulu. Nah, yang perlu Anda hidupkan adalah percikan-percikan ini. Anda perlu mengambil langkah ke jalan kenangan semasa Anda berdua masih berpacaran dulu. Bagaimana Anda selalu merasa rindu untuk bertemu dan ingin senantiasa berdekatan serta bermesraan bersama pacar Anda. Bagaimana mengembalikan saat-saat indah itu dalam kehidupan Anda berdua?

  • Berkencan

  • Kencan tidak saja perlu dilakukan olah orang-orang yang berpacaran, namun juga pasangan yang sudah menikah. Sesekali pergilah berdua saja keluar untuk makan malam atau nonton bioskop. Bila Anda sudah mempunyai anak, mintalah mertua atau kerabat lain untuk menjaga anak-anak Anda. Selagi berkencan janganlah berbincang soal beras habis, anak sakit atau soal rumah tangga lain yang dapat merusak suasana. Nikmatilah saja kencan itu dengan kenangan Anda semasa muda.

  • Tataplah pasangan Anda seperti Anda menatapnya ketika masih berpacaran. Tatapan lembut, penuh kasih yang berlangsung lama sehingga dia tersipu-sipu. Perhatikan hal-hal kecil seperti baju atau rambutnya yang istimewa sore itu, berikan pujian dan elusan seperlunya. Kalau perlu hadiahkan setangkai bunga (bila Anda tidak mampu membeli selusin mawar) supaya menimbulkan suasana romantis. Lakukanlah kencan ini secara berkala untuk menjaga suasana mesra di antara Anda berdua.

  • Advertisement
  • Hindari perselisihan

  • Tidak ada rumah tangga yang tidak pernah diwarnai dengan perselisihan. Namun jagalah agar hal ini tidak terjadi terlalu sering. Saling mengalah dan berkompromi adalah dua hal yang membantu untuk mengurangi perselisihan. Tentu saja cinta dan humor juga menahan hati untuk tidak berselisih paham. Cobalah untuk menahan kritikan, lebih baik berikan pujian bahkan pada hal-hal kecil. Misalnya, "Bu masakanmu enak benar," atau "Pak, aku tidak menyangka engkau ahli dalam bidang berkebun." Pujian seperti ini akan membuat si penerima merasa senang dan terilhami untuk memberikan pujian juga. Coba bandingkan dengan kritikan, "Ah, sop ini asin sekali rasanya!" atau "Bapak saja kok mau membetulkan mesin mobil?"

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana merapatkan kembali hubungan yang renggang?

Jika rumah tangga Anda mengalami keretakan dan Anda tidak siap bercerai, apa yang akan Anda usahakan untuk mengembalikan keharmonisannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr