5 hal yang tak seorangpun pernah katakan kepada saya, dan akhirnya menghancurkan perkawinan saya

Ketidaktahuan kitalah yang membuat kita berpikir apa yang baik ternyata buruk bagi pernikahan kita. Dan ironisnya lagi, tak seorang pun pernah mengingatkan kita terhadap hal-hal tersebut.

2,006 views   |   5 shares
  • Sudah pasti membayangkan perkawinan atau pernikahan, harapannya adalah mencapai kebahagiaan dan bisa langgeng dengan pasangan kita sampai maut yang memisahkan. Tetapi mempertahankan perkawinan agar tetap bahagia dan utuh bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang sesungguhnya tidak pernah kita dengar tentang pernikahan yang berpotensi menghancurkan pernikahan kita.

  • Tidak seorang pun dapat memprediksi apa yang dapat terjadi pada kehidupan perkawinannya di kemudian hari meskipun sudah berupaya melakukan yang terbaik demi menjaga keharmonisan pernikahan. Kemungkinan untuk gagal dan berakhir buruk masih bisa terjadi. Tanpa kita sadari, masalah penyebab hancurnya perkawinan kita terletak pada diri kita sendiri.

  • Ketidaktahuan kitalah yang membuat kita berpikir apa yang baik ternyata buruk bagi pernikahan kita. Dan ironisnya lagi, tak seorang pun pernah mengingatkan kita terhadap hal-hal berikut ini:

  • 1. Salah menempatkan prioritas dalam pernikahan

  • Seringkali pasangan kita merasa tersisih karena kita lebih mementingkan hal lain, misalnya kita memprioritaskan karier atau kepentingan kita lebih dahulu ketimbang kepentingan pasangan. Salah menempatkan prioritas dalam pernikahan akan berdampak pada renggangnya hubungan suami istri. Karena kita bukan lagi hidup seorang diri, maka prioritas kita yang utama adalah pasangan dan anak-anak kita.

  • 2. Melibatkan pihak ketiga

  • Terkadang kita tidak sadar bahwa kita perlahan-lahan menghancurkan perkawinan kita dengan melibatkan pihak ketiga dalam urusan rumah tangga kita. Saat masalah datang, banyak dari kita mempersilakan orang ketiga dalam hal ini biasanya orangtua atau sahabat kita untuk secara tidak langsung ikut campur terlibat dalam masalah yang harusnya tidak perlu diketahui orang lain, yang seharusnya bisa diselesaikan bersama pasangan saja. Kenyataannya, keterlibatan pihak ketiga terkadang hanya menjerumuskan kita ke dalam masalah baru.

  • 3. Cerdas dalam hal keuangan

  • Masalah keuangan sering menjadi pemicu hancurnya perkawinan. Kenyataan tersebut dapat kita lihat pada kehidupan kita sehari-hari. Melalui pemberitaan di layar kaca atau mungkin kita sendiri yang pernah mengalaminya. Inilah yang harusnya kita ketahui sebelum berani melangkah ke pelaminan. Sebenarnya tanpa perlu diberi tahu pun, kita harusnya sadar bahwa keuangan rumah tangga yang tidak stabil dan ketidakmampuan kita mengelola keuangan dengan tepat dapat memicu hancurnya pernikahan.

  • 4. Kesalahpahaman akibat komunikasi yang tidak efektif

  • Advertisement
  • Mengapa komunikasi penting untuk dijaga? Karena komunikasi meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi di antara kita dengan pasangan. Dengan komunikasi kita bisa saling berbagi keluh kesah, berbagi pengalaman, berbagi pendapat dan bersama-sama mencari solusi ketika masalah itu muncul. Kuncinya yang terkadang kita tidak pernah dengar adalah belajarlah untuk mendengar dan merespons secara positif.

  • 5. Respons negatif

  • Dalam mengarungi perkawinan, kita akan menghadapi berbagai macam problema yang dapat mengganggu kita, datangnya dari mana saja. Bisa dari diri kita sendiri, pasangan, mertua, pekerjaan, atau lingkungan tempat tinggal kita. Hal-hal sepele dapat menjadi masalah besar jika kita merespons dan menyikapinya dengan sikap yang negatif. Misalnya, suami pulang terlambat kantor saja, kita mengomelnya sampai berlarut-larut. Saat hari-hari tidak menyenangkan, kita hanya bisa mengeluh dan menggerutu. Respons negatif seperti itu akhirnya akan menghancurkan perkawinan tanpa kita duga sebelumnya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

5 hal yang tak seorangpun pernah katakan kepada saya, dan akhirnya menghancurkan perkawinan saya

Ketidaktahuan kitalah yang membuat kita berpikir apa yang baik ternyata buruk bagi pernikahan kita. Dan ironisnya lagi, tak seorang pun pernah mengingatkan kita terhadap hal-hal tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr