Yang perlu Anda tahu soal 'Atrial Fibrillation', gangguan pada kesehatan jantung

Menjadi sangat gawat karena dapat memicu terjadinya stroke, yang dapat melumpuhkan bahkan mematikan bagi tubuh

924 views   |   2 shares
  • Jantung merupakan salah satu organ pada tubuh manusia yang sangat vital, organ yang berperan dalam sistem peredaran darah ini terletak pada rongga dada sebelah kiri. Jantung bekerja memompa darah pada organ-organ lain sehingga dapat bekerja dengan normal bahkan otot-otot jantung sendiri pun membutuhkan pasokan darah yang membuatnya berfungsi dengan baik.

    Itulah sebabnya gangguan pada jantung dapat berakibat pada kematian. Di banyak negara, penyakit jantung dan serangan jantung menempati posisi teratas dari penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian bagi manusia. Masalah yang dapat terjadi pada jantung yang dapat menyebabkan terjadinya gagal jantung dapat berupa serangan jantung ataupun penyakit jantung. Serangan jantung merupakan kondisi di mana jantung secara mendadak berhenti berfungsi karena terhambatnya suplai darah ke otot jantung karena pembuluh yang tersumbat atau mengeras. Sedangkan penyakit jantung biasanya terjadi karena sebab kelainan yang dibawa sejak lahir sehingga fungsinya menjadi tidak normal, seperti cacat pada katup jantung yang dapat menyebabkan atrial fibrillation atau fibrilasi atrium.

    Fibrilasi Atrium adalah gangguan pada denyut jantung yang membuatnya berdenyut secara tidak beraturan sehingga berpotensi mengakibatkan penumpukan atau penggumpalan darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh yang memasok darah ke otak maka akan terjadi penyumbatan dan situasi inilah yang menjadikan fibrilasi atrium menjadi sangat gawat karena dapat memicu terjadinya stroke bahkan mematikan.

    Dr. Djoko Maryono, ahli penyakit dalam dan kardiologi dari RS Pertamina Pusat, Jakarta menyatakan bahwa stroke adalah pembunuh nomor dua dan tingkat kecacatan yang diakibatkannya adalah yang paling berat dibanding dengan penyakit-penyakit lain.

    Stroke yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak tidak mudah untuk diatasi seperti mengatasi pembuluh darah di bagian tubuh lainnya. Selain dari itu, cacat bawaan pada katup jantung ternyata bukanlah satu-satunya penyebab utama yang dapat menyebabkan terbentuknya fibrilasi atrium. Tekanan darah tinggi, penyakit jantung rematik, diabetes serta gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan seseorang terkena kondisi fibrilasi atrium.

    Denyut jantung yang tidak beraturan merupakan gejala yang paling mudah dikenali disamping sakit pada dada, sesak, sakit kepala, namun pada beberapa kasus penderita justru tidak menunjukkan gejala yang jelas padahal ternyata sudah terbentuk kondisi fibrilasi atrium ini. Oleh karena itu, menjadi suatu kekhawatiran karena kebanyakan yang terjadi deteksi terhadap gangguan ini baru diketahui setelah terkena serangan stroke serius. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga fibrilasi atrium dapat berakibat gagal jantung.

    Data dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, menunjukkan persentase penderita fibrilasi atrium mengalami peningkatan setiap tahunnya tahun 2010 (7,1%), 2011 (9,0%), 2012 (9,3%) dan 2013 sebesar 9,8%. Yayasan Stroke Indonesia juga mengungkapkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Semestinya kenyataan ini membuat kita harus benar-benar serius menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk menjaga kesehatan organ dalam kita khususnya dengan gaya hidup yang sehat, serta sadar akan bahaya yang mengintai dan mengancam kesehatan atau bahkan nyawa kita.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Yang perlu Anda tahu soal 'Atrial Fibrillation', gangguan pada kesehatan jantung

Menjadi sangat gawat karena dapat memicu terjadinya stroke, yang dapat melumpuhkan bahkan mematikan bagi tubuh
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr