Sepenting apakah komunikasi untuk kelangsungan rumah tangga Anda dan pasangan?

Kunci untuk pernikahan bahagia dan abadi terletak pada kesediaan masing-masing orang untuk saling menyesuaikan diri dan menggunakan sedikit akal sehat.

711 views   |   9 shares
  • Membangun hubungan yang sehat dalam pernikahan tidak hanya mengandalkan rasa cinta semata. Komunikasi yang terjalin dengan baik merupakan faktor terpenting bagi terciptanya hubungan yang harmonis di mana di dalamnya kasih sayang, ketulusan, dukungan serta perhatian dibangun.

  • Namun, ada banyak pasangan justru gagal menjalin hubungan hanya gara-gara masalah komunikasi. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi dalam kehidupan pernikahan Anda bukan?

  • Melansir laman Boldsky, Rabu 20/07/2011, ketika sedang berbicara dengan pasangan Anda mungkin akan membahas mengenai berbagai macam topik, seperti: Anak-anak, gosip di tempat kerja, pimpinan atau sesuatu yang terjadi pada saat perjalanan pulang dari bekerja. Nah, di sini Anda perlu berhati-hati ketika ingin menyampaikan sesuatu kepada pasangan. Sebab, satu kesalahan kecil saja mampu mengarahkan Anda pada kesalahpahaman serius yang dapat merusak keharmonisan yang selama ini sudah terjalin.

  • Saat berbicara dengan pasangan ada etika yang perlu Anda ingat. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda hindari agar komunikasi berjalan lancar tanpa ada rasa khawatir pasangan tersinggung akibat salah paham:

  • 1. Sebisa mungkin hindari membahas rekan wanita atau pria yang secara pribadi pernah memiliki hubungan dekat dengan Anda. Bahkan, untuk hal-hal sepele seperti cara berbicara atau gaya berbusananya.

  • 2. Sepanjang pembicaraan jangan pernah membandingkan pasangan Anda dengan orang lain. Dalam banyak hal mereka mungkin memiliki lebih banyak kelebihan, tetapi sadari bahwa pasangan Anda juga telah berupaya memberikan hal yang terbaik kepada Anda. Bahkan membandingkan pasangan dengan orangtua Anda sebaiknya juga dihindari.

  • 3. Jangan pernah memberikan perhatian berlebihan kepada orang lain atau mengomentarinya karena mungkin cara berpakaiannya yang cerdas. Jika Anda menyadari bahwa pasangan tidak tertarik membicarakan orang lain atau tentang apa yang terjadi di tempat kerja Anda, maka lebih baik Anda segera menggantinya dengan topik lain yang lebih menyenangkan.

  • 4. Jangan pernah memberikan tanggapan negatif tentang saudara atau keluarganya, bahkan jika dia sendiri melakukannya. Tetaplah jadi pendengar yang baik, tetapi jangan pernah menambahkan lebih banyak komentar negatif. Ini merupakan salah satu topik utama dalam percakapan yang sebaiknya dihindari.

  • Advertisement
  • 5. Jika ada salah satu kerabatnya mengalami masa-masa sulit, jangan pernah mengintervensi atau memberikan tanggapan sampai pasangan Anda membahas hal tersebut. Jangan pernah menanyakan hal semacam ini kepadanya, meskipun mungkin Anda telah mengetahuinya dari sumber-sumber yang lain.

  • 6. Jika ada kontroversi terjadi di dalam keluarganya, jangan pernah membicarakan hal tersebut kepada orangtua atau saudara-saudara Anda. Setidaknya jangan melakukannya secara terus terang di hadapan pasangan Anda.

  • 7. Ketika pasangan Anda menghadapi tekanan di tempat kerja atau di mana pun, cara terbaik untuk membahas hal tersebut adalah dengan diam. Dengarkan baik-baik keluh kesahnya dan berikan saran-saran positif yang dapat membantu dirinya tetap bersemangat. Jangan pernah mencampur aduk masalah yang tengah dihadapinya dengan hal-hal lain yang dapat membuatnya semakin emosi seperti daftar belanjaan atau akan makan apa nanti malam.

  • 8. Jangan pernah mengomentari atau mengkritik kebiasaan-kebiasannya terlalu berlebihan. Tetaplah tenang, meskipun saat itu Anda mungkin betul-betul sudah sangat putus asa. Kadang-kadang, sikap tenang mampu membuat perubahan yang sangat besar. Pasangan Anda bisa segera menyadari dan segera mengubah kesalahan-kesalahannya.

  • Dalam sebuah hubungan komunikasi sangatlah penting, tanpanya cinta Anda kepada pasangan tidak akan langgeng. Masing-masing pasangan juga perlu menyadari bahwa dengan komunikasi berbagai macam kesalahpahaman bisa dihindari. Selain itu, kunci untuk pernikahan bahagia dan abadi terletak pada kesediaan masing-masing orang untuk saling menyesuaikan diri dan menggunakan sedikit akal sehat.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Sepenting apakah komunikasi untuk kelangsungan rumah tangga Anda dan pasangan?

Kunci untuk pernikahan bahagia dan abadi terletak pada kesediaan masing-masing orang untuk saling menyesuaikan diri dan menggunakan sedikit akal sehat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr