Mungkin ada baiknya kita sering berkaca pada anak-anak kita. Mengapa?

Riang gembira dan selalu aktif adalah gambaran sempurna dari tingkah laku anak-anak. Pola pikir semacam inilah yang membuat anak-anak tetap sehat, ceria dan bahagia sepanjang hari.

229 views   |   3 shares
  • Banyak orang dewasa mengaku tidak mampu lagi merasakan sukacita dalam kehidupan, ditambah lagi banyaknya masalah yang harus diselesaikan membuat sukacita seakan-akan makin menjauh dari kehidupan mereka. Apakah Anda juga mengalaminya?

  • Tantangan yang dihadapi oleh orang-orang dewasa memang kompleks. Namun, bukan berarti hal tersebut membuat sukacita dalam kehidupan lantas sirna. Sebagai orang dewasa pola pikir kitalah yang membuat hal ini seakan-akan terjadi. Padahal, sukacita atau kebahagiaan tetap bisa kita miliki asalkan kita bersedia dan mau berusaha untuk mewujudkannya.

  • Sejenak perhatikan dengan seksama putra-putri Anda saat bermain, lihat bagaimana riang dan penuh semangatnya mereka, seakan-akan tenaga yang mereka miliki tidak pernah habis. Sekarang tanyakan pada diri Anda, apakah masa-masa seperti itu bisa Anda miliki kembali?

  • Riang gembira dan selalu aktif adalah gambaran sempurna dari tingkah laku anak-anak. Pola pikir semacam inilah yang membuat anak-anak tetap sehat, ceria dan bahagia sepanjang hari.

  • Jika Anda berharap bisa menemukan kembali kebahagiaan, maka tidak ada salahnya untuk meniru beberapa kebiasaan baik si kecil berikut ini.

  • 1. Perbanyak aktivitas fisik

  • Anak-anak identik dengan tubuh bugar, mereka bisa melakukan banyak kegiatan seperti berjalan dan berlari sekehendak hati mereka. Nah, banyaknya aktivitas fisik yang anak-anak lakukan bisa Anda contoh. Selain berolahraga Anda bisa mencoba beberapa kegiatan fisik seperti bersih-bersih rumah, berkebun, bermain dengan anak-anak atau ikut serta dalam kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggal.

  • 2. Perbanyak kegiatan di alam terbuka

  • Jangan biarkan rutinitas pekerjaan memasung hari-hari Anda untuk bisa menikmati segarnya udara di alam terbuka. Di akhir pekan cobalah rencanakan kegiatan untuk sekedar jalan-jalan di taman, atau bertamasya bersama seluruh anggota keluarga mengunjungi tempat-tempat wisata menarik.

  • 3. Jangan bergadang, tidur tepat waktu

  • Tidur merupakan kebutuhan utama manusia, tanpa tidur yang cukup tubuh akan mudah lelah dan gampang terserang penyakit. Hal inilah yang dilakukan oleh anak-anak, sangat jarang dijumpai anak-anak bergadang hingga tengah malam, rata-rata mereka tidur sekitar jam 7 malam dan kadang bisa lebih awal. Kebiasaan tidur tepat waktu yang selalu anak-anak lakukan membuat tubuh mereka selalu sehat dan kembali bugar keesokan harinya.

  • 4. Selalu berpikir positif

  • Umumnya pola pikir anak-anak sangat sederhana dan tidak rumit. Saat menghadapi persoalan anak-anak jarang menganggapnya sebagai sesuatu yang berat dan tidak dapat diselesaikan. Kemampuan yang mereka miliki untuk selalu berpikir positif membuat kehidupan mereka selalu damai dan jauh dari beban pikiran.

  • Advertisement
  • 5. Tertawa lepas

  • Saat melihat anak-anak tertawa lepas kita sebagai orangtua mungkin berpikir mereka bisa melakukan hal tersebut karena tidak menanggung beban hidup yang begitu berat. Jika dipikir-pikir memang ada benarnya, tapi ini sebetulnya bukan alasan tapi lebih ke sebuah pembelaan. Nyatanya, tertawa merupakan hak asasi setiap orang, tertawa merupakan cara paling baik untuk meluapkan rasa bahagia. Manfaat tertawa tentu tidak hanya sekedar meluapkan rasa senang, tapi denga tertawa seseorang akan lebih merasa santai dan terhindar dari ketegangan pikiran yang dapat meyebabkan stres.

  • Wah, ternyata ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari anak-anak. Selain kelima hal di atas, tentunya masih ada banyak lagi contoh-contoh baik yang anak-anak teladankan kepada kita, seperti: Kepolosan, persahabatan, kemurahan hati, panjang sabar dan ketulusan mereka.

  • Sebagai orang dewasa kita tidak perlu harus bersikap kekakanak-kanakan, tetapi kita bisa meniru sifat-sifat baik mereka. Ketika kita mampu menerpakan hal-hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka bisa dijamin kehidupan kita akan lebih bahagia dari sebelumnya. Selamat mencoba.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Mungkin ada baiknya kita sering berkaca pada anak-anak kita. Mengapa?

Riang gembira dan selalu aktif adalah gambaran sempurna dari tingkah laku anak-anak. Pola pikir semacam inilah yang membuat anak-anak tetap sehat, ceria dan bahagia sepanjang hari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr