Lotus Birth. Amankah?

Apa tujuan sesungguhnya dari metode melahirkan tanpa memotong tali pusat? Amankah untuk bayi Anda?

307 views   |   1 shares
  • Bila selama ini kita mengenal 2 metode klasik untuk melahirkan, yaitu secara normal atau melalui operasi, ada metode lain yang telah banyak dilakukan seperti water birth yaitu melahirkan di dalam air atau metode hypnobirthing yaitu metode menghipnotis diri sendiri dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa lebih siap, ada metode yang tergolong baru yaitu lotus birth. Apakah lotus birth dan amankah buat ibu dan bayi?

  • Lotus birth merupakan proses melahirkan bayi dengan membiarkan bayi tetap terhubung dengan plasenta atau ari-ari selama beberapa hari. Tali pusat tidak dipotong atau dijepit dan dibiarkan kering sampai tali pusat lepas (puput) dengan sendirinya.

  • Metode ini mulai banyak dilirik para calon Ibu karena dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan lebih alami. Metode ini sebenarnya bukan sebuah metode baru. Dahulu kala di Cina, India dan Mesir, sama sekali tidak pernah memotong tali pusat. Mereka percaya tali pusat yang lepas dengan sendirinya dari plasenta akan memberikan manfaat yang banyak kepada bayi.

  • Metode lotus birth sendiri adalah sebagai berikut

  • Tali pusat tidak dijepit sama sekali setelah melahirkan. Setelah sekitar 20 menit, plasenta harus segera dibersihkan dengan air hangat, dikeringkan dengan kain lembut, lalu dibungkus dengan kain yang halus dan lembut setelah kering dan bersih. Plasenta yang kering akan mengeluarkan bau tak sedap, oleh karena itu untuk menghilangkan bau, tambahkan wewangian rempah atau minyak essential sesuai selera. Bayi yang menjalani lotus birth ini harus mengenakan pakaian longgar dan nyaman serta tidak terlalu rapat. Proses memandikan, menyusui perlu dilakukan ekstra hati-hati untuk menjaga agar tidak tertarik .

  • Dipercaya lotus birth memberikan manfaat kepada bayi, yaitu bayi mendapatkan ekstra darah dari plasenta sekitar 100 ml sehingga bayi tidak kekurangan zat besi. Dalam kepercayaan para praktisi lotus birth, plasenta juga merupakan bagian dari organ bayi yang tersambung dengan ibunya. Pemutusan paksa (dengan dipotong seperti yang dilakukan praktisi medis pada umumnya) dapat dikatakan sebagai perlakuan yang kurang manusiawi. Selain itu, lotus birth juga bisa dikatakan sebagai metode penghormatan terhadap bayi dan membiarkannya memasuki dunia dengan damai, tanpa paksaan. Hal ini membuat bayi lebih tenang dan membuat para Ibu baru merasa lebih tenang dan bahagia juga. Jika Anda memutuskan untuk melakukan lotus birth, Anda perlu mempertimbangkan kerepotan yang akan Anda hadapi, serta lebih telaten untuk membersihkan plasenta serta ekstra hati-hati dan jangan sampai Anda lupa membawa tas berisi plasenta tersebut atau lupa dan resiko tali pusat tertarik tanpa sengaja.

  • Advertisement
  • Lantas apa kata para ahli medis?

  • Secara kedokteran, metode ini masih dianggap kontroversial dan belum ada penelitiannya secara ilmiah.

  • "Lotus birth masih kontroversi dan belum ada penelitiannya," tegas dr. Frizar Irmansyah, SpOG., dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina.

  • Secara medis, lanjut dr. Frizar, tali pusar harus segera diklem untuk mencegah bayi menjadi kuning karena bilirubin (senyawa hasil metabolisme hati) yang tinggi. Terlebih lagi bila terjadi kasus rhesus darah ibu bertentangan dengan bayi. Semakin lama tali pusar dibiarkan, maka akan semakin banyak darah ibu yang tidak sesuai bercampur dengan darah bayi.

  • "Dalam keadaan kurang sehat atau bayi tidak bugar, memang terkadang kita lakukan delay clamping (penundaan klem). Jadi kita biarkan bayi tetap dengan ari-arinya, agar mendapatkan darah lebih banyak," jelas dr. Frizar. Nah, anggapan inilah yang membuat orang-orang percaya bahwa metode lotus birth dapat menambah kekebalan tubuh pada bayi yang baru lahir. Dengan lotus birth, bayi diharapkan mendapatkan lebih banyak darah yang mengandung oksigen, makanan dan antibodi. Namun dr. Frizar menegaskan, plasenta bisa memproduksi antibodi hanya bila masih berada di dalam tubuh ibu. "Plasenta memang memproduksi antibodi, tapi jika masih berada di dalam tubuh. Kalau sudah di luar ya sudah mati, Darah yang masih ada di plasenta hanyalah sisa-sisa yang jumlahnya tidak seberapa." tutur dr. Frizar.

  • Secara rasional, menurutnya metode ini kurang bisa dipertanggungjawabkan. Karena itulah, metode ini belum dapat diterima secara medis dan belum bisa dipraktikkan di rumah sakit. Terlebih belum ada penelitian yang membuktikannya aman untuk ibu dan bayi.

  • "Saya sendiri tidak mendukung, karena ribet membiarkan bayi selama 3 sampai 4 hari dengan plasentanya. Secara kedokteran juga tidak disarankan karena belum ada penelitian. Saya rasa di rumah sakit mana pun belum ada metode ini, biasanya hanya di rumah-rumah, bidan tertentu atau secara tradisional," jelas dr. Frizar.

  • Menurut dr. Frizar, metode ini banyak dipraktikkan di Bali karena budaya Bali pun sangat mendukung. "Biasanya banyak di Bali karena budaya Bali juga mendukung. Mereka menganggap metode ini sama dengan cara kelahiran Dewa Wisnu yang lahir secara utuh," tutup dr. Frizar.

  • Nah, para calon Ibu semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan untuk memilih proses persalinan yang sesuai dengan keinginan hati Anda dan terbaik untuk Anda dan bayi Anda.

  • Disadur dari berbagai sumber.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Lotus Birth. Amankah?

Apa tujuan sesungguhnya dari metode melahirkan tanpa memotong tali pusat? Amankah untuk bayi Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr