Ubah karakter buruk lewat langkah berikut

Karakter baik adalah salah satu kunci keberhasilan meraih segala hal yang baik dalam kehidupan.

903 views   |   4 shares
  • Karakter baik adalah salah satu kunci keberhasilan meraih segala hal yang baik dalam kehidupan. Namun membentuk karakter baik bukanlah hal yang mudah. Ini adalah sebuah proses yang terbentuk sejak kecil hingga saat ini, berdasarkan pengalaman dan pembelajaran seseorang selamat hidupnya.

  • Mengubah karakter seseorang bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesungguhan dan ketekunan dari dalam diri seseorang. Nah, suka maupun tidak untuk berubah diperlukan usaha yang cukup membuat seseorang harus 'bersakit-sakit' dahulu. Karenanya, diperlukan komitmen besar untuk melakukannya. Coba intip tips di bawah ini:

  • 1. Buat rencana

  • Usaha mengubah karakter memerlukan keberanian layaknya sendang maju ke medan perang. Yang paling dasar adalah, kenali apa saja karakter Anda yang perlu diperbaiki. Buat list dari yang paling perlu hingga yang dapat ditoleransi. Walau terlihat sederhana, namun mengakui kelemahan sendiri tentu hal yang sulit diterima. Melakukan perubahan karakter yang sudah berlangsung lama perlu keberanian, kesungguhan dan semangat pantang menyerah.

  • 2. Carilah 'coach' yang jujur

  • Anda perlu mencari seorang teman atau siapa pun yang bersedia memberitahu Anda kemajuan atau kekurangan Anda secara jujur. Berikan padanya list yang sudah Anda buat, minta masukannya dan sekaligus minta ia menjadi pengingat saat Anda menyerah atau melupakannya. Dia berfungsi sebagai sebagai pengamat sekaligus penasihat yang harus berani. Agar dapat berhasil, Anda harus dapat dengan terbuka menerima masukannya, walau hal tersebut menyakitkan bagi Anda.

  • 3. Stop pikiran negatif

  • Dalam proses perubahan karakter buruk menjadi baik, pastilah selalu ada hambatan dan saat-saat di mana timbul pikiran untuk berhenti di tengah jalan. Ketika momen itu datang, segera gantikan dengan pikiran positif seperti: 'saya bisa, saya bisa!' Pikirkan hal positif dan hilangkan yang negatif. Berfokuslah pada tujuan Anda.

  • 4. Lingkungan berpengaruh

  • Lingkungan adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan karakter. Bila lingkungan ternyata menjadi salah satu penyebab karakter buruk Anda berkembang, maka sedikit mungkin Anda harus dapat menghindarinya. Bisa dengan mengubah lingkungan pergaulan Anda, atau bahkan pindah ke tempat baru yang lebih baik. Ubah suasana di sekitar Anda, misalnya jika saat ini keadaan rumah Anda berantakan kenapa tidak rapikan segera dan teruslah menjaganya seperti itu. Jika teman-teman menyebabkan Anda malas dan selalu ingin bermain saja, maka dengan beranilah untuk menolak dan membatasi waktu bermain Anda. Lebih baik sibukkan diri Anda dengan kegiatan yang lebih berguna.

  • Advertisement
  • 5. Blank spot

  • Ada saja kekurangan atau karakter buruk yang tidak disadari menjadi bagian dalam diri Anda dan hanya bisa dilihat oleh orang lain di sekitar Anda. Mintalah kawan dekat Anda untuk memberitahu apa saja yang yang menurutnya perlu diperbaiki dari Anda, agar perubahan 'total' bisa terjadi dan Anda menjadi manusia baru yang lebih sukses.

  • Karakter yang baik akan selalu menjadi salah kunci keberhasilan seseorang. Setelah membuat rencana dan mengetahui apa yang perlu dilakukan, maka hanya ada satu pilihan Anda. kerjakan! Semoga sukses.

Baca, hidupkan, bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Ubah karakter buruk lewat langkah berikut

Karakter baik adalah salah satu kunci keberhasilan meraih segala hal yang baik dalam kehidupan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr