6 pelajaran tentang pernikahan yang harus diketahui pasangan yang berencana menikah muda

Ada 6 pelajaran penting tentang dunia pernikahan yang harus diketahui oleh pasangan kekasih yang ingin menikah di usia muda. Pelajaran ini sebagai pengetahuan agar Anda yakin dengan keputusan Anda.

1,557 views   |   4 shares
  • Pernikahan adalah sebuah proses, di mana di dalamnya ada pelajaran demi pelajaran yang Anda dan pasangan harus lalui untuk bisa lulus pada setiap ujian pernikahan yang suatu saat akan datang. Proses pembelajaran dalam pernikahan tidaklah mudah. Butuh kemauan dan pengetahuan agar bisa mengerti setiap hal yang diajarkan dalam pernikahan.

  • Kesulitan dan masalah merupakan tantangan yang akan dihadapi oleh setiap pasangan suami istri sebagai bagian dari proses pembelajaran. Intinya, untuk menuju dan memasuki dunia pernikahan, setiap pasangan harus memiliki bekal yang kuat agar nantinya mampu bertahan menjalani proses demi proses yang terjadi sampai mendapatkan tujuan pernikahan yaitu kebahagiaan yang sejati.

  • Pernikahan bukan medan permainan yang jika tidak suka atau tidak bisa, dengan mudah Anda bisa keluar dari permainan tersebut. Menikah tidak sesederhana itu. Apalagi bagi Anda yang berkeinginan untuk menikah muda. Coba deh dipikirkan matang-matang sebelum melangkah. Ada 6 pelajaran penting tentang dunia pernikahan yang harus diketahui oleh pasangan kekasih yang ingin menikah di usia muda. Pelajaran ini sebagai pengetahuan agar Anda yakin dengan keputusan Anda.

  • 1. Menikah bukan sekedar perasaan cinta belaka

  • Jangan salah mengartikan perasaan cinta yang terjalin antara Anda dan pasangan Anda. Meskipun Anda berdua saling mencintai dan tidak meragukan perasaan tersebut, bukan berarti Anda harus sesegera mungkin untuk menikah. Sekarang ini, usia muda bukan lagi penghalang bagi seseorang yang ingin nikah muda. Tetapi perlu diketahui, cinta bukan alasan Anda wajib untuk secepatnya menikah.

  • 2. Menikah artinya tanggung jawab Anda bertambah

  • Untuk yang berencana nikah muda, artinya Anda telah siap memikul tanggung jawab ganda. Anda tidak lagi bertanggung jawab atas diri Anda sendiri, melainkan Anda harus bertanggung jawab pada pasangan Anda, pernikahan Anda, anak-anak Anda kelak, mertua Anda, bertanggung jawab atas peran baru, dan urusan rumah tangga. Jika belum siap, jangan coba-coba untuk melanjutkan deh.

  • 3. Menikah = kebebasan Anda direnggut

  • Sudah pasti kebebasan Anda tak seperti waktu Anda single dulu jika sudah menikah. Apalagi jika keputusan Anda untuk nikah muda tak bisa dibendung lagi, siap-siap Anda akan kehilangan banyak momen bahagia yang seharusnya dapat Anda nikmati bersama teman-teman Anda. Masa muda tidak dapat diputar kembali loh.

  • 4. Menikah akan memengaruhi studi atau karier Anda

  • Semua orang tentu punya target sendiri kapan akan menikah? Umumnya, Anda akan menyelesaikan pendidikan Anda sampai mendapatkan gelar sarjana, lalu melanjutkan ke dunia pekerjaan, meniti karier hingga sukses barulah memikirkan pernikahan. Lalu, bagaimana jika Anda salah satu orang yang targetnya sedikit meleset seperti pada umumnya? Bagaimana jika karena suatu kondisi Anda harus menikah di usia muda atau saat itu Anda masih berstatus mahasiswa? Tentu saja secara langsung pernikahan Anda akan memengaruhi studi Anda bukan? Bahkan, tidak sedikit orang yang akhirnya tidak menyelesaikan pendidikannya hanya karena sudah menikah. Sayang banget kan. Bukan hanya Anda yang rugi tetapi orangtua juga akan merasa kecewa.

  • Advertisement
  • 5. Menikah artinya Anda telah siap lepas dari orangtua

  • Jika Anda sudah sangat yakin bisa lepas atau jauh dari perhatian orangtua Anda, tak jadi masalah jika ingin nikah muda. Karena menikah artinya orangtua Anda lepas tanggung jawab terhadap Anda.

  • 6. Pernikahan akan mengubah dunia Anda

  • Otomatis dunia Anda akan berubah setelah menikah. Mulai dari kebiasaan, waktu bersama teman, sifat, pola pikir, tujuan hidup, dan tanggung jawab Anda akan berubah. Anda tidak bisa membuat keputusan atau bertindak seorang sendiri, ingat Anda pasangan yang harus senantiasa Anda libatkan. Beban pikiran Anda tidak hanya sebatas diri Anda saja, tetapi ada banyak hal yang harus Anda pikirkan seputar pernikahan Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

6 pelajaran tentang pernikahan yang harus diketahui pasangan yang berencana menikah muda

Ada 6 pelajaran penting tentang dunia pernikahan yang harus diketahui oleh pasangan kekasih yang ingin menikah di usia muda. Pelajaran ini sebagai pengetahuan agar Anda yakin dengan keputusan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr