Manfaat besar di balik kegiatan memasak bersama pasangan yang belum Anda tahu

Memasak bersama suami tercinta akan menguak kepribadian dan membuat Anda belajar berkomunikasi secara efektif.

339 views   |   2 shares
  • Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kemesraan dan nyala asmara dengan suami tercinta. Namun, jika Anda dan suami terhalang waktu serta biaya untuk melakukan romantic getaway atau kencan di restoran mahal, mengapa tidak coba cara yang simpel ini? Memasak berdua, menjadi partner di dapur bersama.

  • Sebuah survei yang dilakukan oleh pakar hubungan dan penulis buku Men are from Mars, Women are from Venus, Dr. John Gray bersama dengan Kenmore PRO berusaha mengungkapkan dari 1500 pasangan di Amerika Serikat, apakah mereka suka memasak bersama dan bagaimana dampaknya terhadap hubungan mereka. Hasil survei menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen pasangan, bahagia dapat memasak bersama pasangan mereka.

  • Banyak pria pun tertarik untuk mencoba turun ke dapur. Apalagi melihat, beberapa celebrity chef terkemuka, justru adalah kaum Adam. Memasak mengeluarkan aura keseksian yang tak dipungkiri, menjadi daya tarik tersendiri.

  • Memasak dapat menjadi bentuk lain dari tes kepribadian. Dari berbagai tahapan dalam memasak, mulai dari menentukan menu, berbelanja bahan-bahan, hingga penyajian hidangan, akan mengungkap berbagai karakter pasangan. Mari kita ulas satu per satu.

  • 1. Persiapan memasak

  • Ketika Anda duduk berdua, mencoba menyepakati menu dan berbelanja bahan-bahan bersama, beberapa karakter akan terbuka dalam prosesnya. Seberapa fleksibel Anda ketika memilih bahan-bahan yang akan digunakan? Apakah Anda memaksakan untuk mengincar bahan tertentu dan berdebat tentang menu favorit? Atau Anda dapat saling berkompromi dan menemukan win-win solution? Anda perlu menyadari bagaimana kemampuan Anda dan suami, tak perlu muluk-muluk memilih resep dengan tingkat kesulitan tinggi. Anda dapat memulai dengan baking atau membuat masakan simpel dengan bahan dan teknik memasak yang tak terlampau rumit. Kemudian, jika ada bahan yang tidak tersedia, kesediaan dan kecepatan Anda mencari penggantinya, juga menandakan kreativitas untuk mencari solusi atas permasalahan. Kala berbelanja, perhatikan cara pasangan memperhitungkan harga dan pembayaran. Ini adalah pertanda bagaimana caranya memandang dan mengelola keuangan. Ia bersikeras membagi pengeluaran sama rata hingga ke bagian terkecil? Di sini Anda bisa menilai seberapa perhitungankah ia, bahkan terhadap orang terdekatnya sekalipun.

  • Advertisement
  • 2. Pembagian tugas

  • Sederet tugas telah menanti untuk meracik hidangan. Di sini keterampilan manajemen akan beraksi. Berdasarkan kemampuan dan kelebihan-kekurangan, Anda berdua akan mengatur pembagian tugas dan alur kerja. Mau menerima tanggung jawab dan tantangan akan terlihat jelas pada bagian ini. Suami yang pasif, cenderung pasrah menerima apa yang ditugaskan kepadanya. Tipe lain adalah si pengeluh, yang memilih hanya melakukan tugas-tugas ringan karena enggan direpotkan. Di sini, Anda berdua akan menghadapi keadaan untuk dapat saling mendukung. Pos-pos kerja yang cukup banyak sebaiknya ditanggung rata berdua, supaya tidak saling membebani satu sama lain. Semangati suami untuk mencoba hal-hal baru dalam dunia memasak ini, terutama jika sebelumnya ia jarang untuk turun tangan membantu Anda.

  • 3. Mulai beraksi

  • Pekerjaan mulai berjalan. Anda akan belajar mengenai keteraturan, kebersihan, dan mengorganisir. Ingat acara reality show atau siaran televisi tentang masak-memasak? Para koki menyusun bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dengan rapi serta teratur. Tujuannya, untuk membuat proses memasak menjadi efisien. Selain itu, kebersihan ruang memasak juga perlu dijaga demi higienitas hidangan. Masalah muncul ketika Anda dan suami tidak berada dalam frekuensi yang sama mengenai aspek kerapian serta kebersihan ini. Anda perlu menyelaraskan metode kerja dan mengikuti prosedur yang sepatutnya. Sama-sama belajar untuk memperbaiki dan menyesuaikan diri.

  • 4. Komunikasi dan membuka diri

  • Selama memasak, Anda berdua dapat membuka diri, mengetahui banyak hal baru yang mungkin selama ini Anda tidak perhatikan. Seberapa pedas ia menyukai hidangannya? Hidangan apa yang menjadi favoritnya sedari kecil? Sayuran apa yang paling ia sukai untuk disantap? Hal-hal kecil yang ternyata dapat membuat Anda semakin dekat. Komunikasi efektif mutlak Anda jalankan selama memasak bersama. Tak hanya melalui instruksi atau pernyataan verbal. Bahasa tubuh dan ekspresi juga memainkan perannya. Ibarat melakukan slow dance, Anda patut mengetahui apa yang diinginkan oleh satu sama lain, menyapukan langkah secara harmonis. Dengarkan, perhatikan, dan berikan respons yang sesuai. Ini bukanlah kompetisi mencari siapa yang lebih baik. Kemenangan Anda berdua diraih saat Anda dapat berdampingan berusaha menghadirkan sajian di atas meja dengan menyingkirkan ego.

  • Advertisement
  • 5. Ketika tantangan menghadang

  • Ujian kala memasak dapat datang dari berbagai penjuru. Bahan yang tidak cukup, adonan yang tidak mengembang, daging yang kurang matang, bumbu yang terasa kurang mantap di lidah, kegagalan membuat karamel, dan aneka masalah lainnya. Di sinilah Anda berdua dihadapkan pada kondisi perlunya berimprovisasi dan sigap mengambil keputusan. Anda akan melihat, apakah salah satu dari Anda dapat bersikap tenang dan kepala dingin, memilah alternatif solusi, sebelum mengambil keputusan. Keterbukaan Anda terhadap spontanitas juga akan terbaca di sini. Sejauh mana Anda mau bertoleransi terhadap perubahan untuk menambal lubang ketidaksempurnaan, akan tercermin pula dalam dinamika kehidupan berumah tangga Anda.

  • 6. Menikmati hasil kerja

  • Hidangan telah siap tersaji. Anda mendapatkan kehormatan untuk menyantap hasil kerja Anda berdua. Di sinilah Anda dapat menciptakan suasana yang romantis sambil berbincang mengevaluasi pekerjaan tim Anda. Tanyakan kepada suami mengenai pandangannya akan pekerjaan rumah tangga, khususnya memasak. Jika suami awalnya enggan untuk turun tangan membantu Anda, apakah kini ia sudah lebih peka terhadap perlunya seorang pria terampil memasak? Tak hanya perubahan pandangan, sebuah keberhasilan jelas terpampang ketika Anda berdua memutuskan untuk menjadikan memasak bersama sebagai sebuah rutinitas.

  • Memasak bersama suami tersayang adalah sebuah kencan berkualitas yang membawa sederet manfaat bagi pribadi Anda masing-masing. Hubungan pun mengalami sebuah transformasi tak terkira dengan cara sederhana dan alamiah. Pasang celemek dan segera menjadi pasangan koki rumahan yang mesra di dapur!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Manfaat besar di balik kegiatan memasak bersama pasangan yang belum Anda tahu

Memasak bersama suami tercinta akan menguak kepribadian dan membuat Anda belajar berkomunikasi secara efektif.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr