Ini 6 langkah mudah mengajarkan anak mengingat nomor telepon Anda, demi keamanannya

Pada dasarnya, untuk anak, cara belajar terbaik adalah dengan melibatkan panca inderanya. Mengingat nomor telepon penting, dapat Si Kecil kuasai dengan belajar sambil bermain.

1,233 views   |   1 shares
  • Seiring ia tumbuh besar, ada beberapa keterampilan praktis yang dapat Anda ajarkan kepada balita Anda. Khususnya, jika ia mulai memasuki dunia prasekolah. Ia mulai bersentuhan dengan angka dan abjad secara simbolik. Biasanya, anak mulai diperkenalkan untuk mengingat identitas pribadinya.

  • Nama (dirinya dan orang tua), nomor telepon, umur, dan alamat rumah adalah informasi penting yang harus diingat anak, demi dapat menghadapi situasi darurat dengan lancar. Dalam skenario terburuk, di mana anak terpisah dari Anda, mengingat nomor telepon akan memudahkan pihak berwajib atau orang dewasa penolongnya untuk segera menghubungi Anda.

  • Pada dasarnya, untuk anak, cara belajar terbaik adalah dengan melibatkan panca inderanya. Melalui pendekatan hands-on yang membuat anak terjun langsung kepada materi pembelajaran, anak akan lebih mudah mengingat.

  • Untuk membuat Si Kecil dapat mengingat nomor telepon penting dengan mudah, ikuti 6 cara ini bersamanya:

  • 1. Lagu yang catchy

  • Menggunakan irama dan lirik yang menarik, akan memudahkan anak mengingat informasi baru, termasuk nomor telepon. Anda dapat menggubah lagu anak populer seperti Twinkle Twinkle Little Star dan mengganti liriknya dengan nomor telepon. Anak pun cenderung mudah ingat jika Anda menggunakan kata-kata berima atau berakhiran mirip.

  • 2. Tekan modelnya

  • Cara mudah lainnya untuk mengingat nomor telepon adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk menekan tombol-tombol pada telepon. Anda bisa menggunakan mainan, telepon yang sudah tidak terpakai, atau mencetak tombol telepon ukuran besar untuk ditekan-tekan oleh anak secara langsung. Melalui pendekatan kinestetik, anak akan memiliki memori sentuhan, yang seringkali membuatnya lebih cepat mengingat ketimbang memelototi simbol-simbol tertulis. Catatan untuk Anda, jika Anda memberikan ponsel sungguhan kepada anak, fokuslah pada pengajaran menelepon, bukan untuk melakukan hal lain, seperti browsing, menonton video, atau bermain game.

  • 3. Bermain sambil belajar

  • Melibatkan permainan dalam belajar selalu menawarkan pengalaman mengasyikkan bagi anak. Anda dapat menggunakan berbagai macam permainan populer untuk mengajari anak mengingat nomor telepon. Sebut saja "lompat angka", yaitu menggambar tombol-tombol telepon pada lantai baik indoor maupun outdoor dan anak "menekan" tombolnya dengan melompatinya, mirip permainan hopscotch. Pilihan permainan lain adalah bingo, di mana Anda menyebutkan angka-angka acak, yang merupakan potongan-potongan nomor telepon.

  • Advertisement
  • 4. Bagi menjadi kelompok kecil

  • Menghafal 8 digit angka atau lebih, bukanlah pekerjaan mudah bagi anak. Mereka butuh waktu untuk mengingat seluruh digit dengan tepat, baik angka maupun posisinya. Akan lebih baik jika Anda memberikan sedikit-sedikit atau membagi seluruh digit menjadi 3-4 bagian. Anda dapat mencoba metode tracing and high five. Tuliskan 3 digit pada cetakan tangan dan tempelkan pada pintu atau dinding. Minta anak untuk menebalkan angka tersebut (tracing) dan menutupi cetakan tangan (seperti sedang melakukan tos atau high five) sambil menyebutkan angka-angka yang tertutup.

  • 5. Misteri angka tersembunyi

  • Rasa ingin tahu yang kuat adalah motivasi belajar yang ampuh. Manfaatkan dengan membuat permainan "mencari harta karun", "mencari jejak" atau "kode rahasia" yang melibatkan potongan-potongan digit nomor telepon Anda. Minta anak untuk menemukan potongan-potongan tersebut dan merangkainya menjadi nomor telepon. Anda dapat berimprovisasi dengan meminta anak menghubungi nomor tersebut dengan telepon yang tersedia, dengan Anda atau pasangan berada di seberang sana untuk menjawab panggilan tersebut.

  • 6. Kata kunci yang tersimpan

  • Menanamkan digit-digit nomor telepon dalam benak Si Kecil membutuhkan pengulangan terus menerus. Tidak hanya dirapalkan, namun juga diaplikasikan dalam gerakan. Anda dapat menjadikan nomor telepon sebagai bagian dari kata kunci (password). Tidak perlu harus menggunakan gadget, Anda dapat menerapkan kata kunci ini dalam kegiatan rutin, misalnya sebelum menikmati cemilan, sebagai pegunci kotak mainan, saat meminta izin bermain, dan rangkaian aktivitas lainnya. Bebaskan kreativitas Anda dengan membuat semacam tombol-tombol kata kunci, mirip seperti kode PIN pada ATM.

  • Kunci sukses dari pengajaran keterampilan dasar seperti ini adalah konsistensi Anda mengajak anak berpartisipasi aktif dan rajin mengulang setiap hari. Otak anak yang seperti spons akan dapat menyerap cepat ilmu dan informasi, tinggal Anda sebagai orang tua menyediakan metode pembelajaran yang menarik bagi mereka.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Ini 6 langkah mudah mengajarkan anak mengingat nomor telepon Anda, demi keamanannya

Pada dasarnya, untuk anak, cara belajar terbaik adalah dengan melibatkan panca inderanya. Mengingat nomor telepon penting, dapat Si Kecil kuasai dengan belajar sambil bermain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr