Bagaimana Membantu jika Teman Anak Anda Berbicara Mengenai Bunuh Diri

Artikel ini membahas mengenai langkah yang pantas untuk diambil ketika anak Anda memiliki teman yang membicarakan mengenai bunuh diri.

996 views   |   shares
  • Tidak ada yang lebih sulit dari membayangkan seorang anak mengakhiri hidupnya, hal ini mungkin adalah kenyataan yang pahit. Menurut situs web ini Suicide.org, bunuh diri adalah urutan ke tiga penyebab terbesar kematian orang di usia antara 15 sampai 24 tahun, dan urutan ke enam penyebab terbesar kematian orang di usia 5 sampai 14 tahun. Ini mungkin terjadi, bahkan, anak Anda akan mengetahui seseorang yang menunjukkan tanda bahaya pada suatu saat. Bersiaplah untuk membantu dia melaluinya. Ketenangan Anda, penuntun yang berorientasi pada solusi dapat menyelamatkan jiwa. Ini adalah kesempatan untuk mengajar anak Anda bagaimana dia dapat membantu, namun juga kesempatan yang sempurna untuk membahas topik yang sulit bersama dia dengan cara yang benar.

  • Ajukan pertanyaan

  • Pertama, anggaplah itu sebagai berkat bahwa anak Anda telah terbuka dengan Anda mengenai kekhawatirannya mengenai temannya. Dengarkan dengan hati-hati sehingga Anda dapat memahami pandangan anak Anda. Kebanyakan anak tidak menyampaikan kekhawatirannya mengenai bunuh diri kepada orang tua mereka kecuali mereka benar-benar khawatir mengenai itu. Redakan ketakutan anak Anda dengan memberitahu dia bahwa ada hal-hal yang Anda dan dia dapat lakukan bersama yang dapat membantu.

  • Tanggapi dengan serius

  • Sementara orang menganggap bahwa bunuh diri adalah sebagai “mencari perhatian”, berpikir untuk bunuh diri adalah resiko yang sangat nyata dan pantas mendapat perhatian. Anak yang bahkan hanya memikirkan bunuh diri biasanya memerlukan bantuan, dan perkataan mereka hendaknya tidak disepelekan.

  • Bertindak cepat

  • Jangan takut untuk berbicara dengan orang tua anak itu. Jika anak Anda menahan Anda, jelaskan kepadanya keadaan yang serius dari depresi adalah bunuh diri. Adalah lebih baik untuk memiliki teman yang marah kepada Anda karena berkhianat daripada kehilangan teman karena bunuh diri. Jika situasi mengizinkan, beritahukan juga bagian bimbingan dan konseling di sekolah. Beberapa anak mungkin memiliki masalah di rumah dan memerlukan sumber dukungan tambahan di samping orang tua mereka. Dan lagi, jangan takut untuk bertindak melampaui batas kewenangan Anda di situasi seperti ini. Tidak ada orang tua yang ingin berdiri di pemakaman temanya seraya berharap seandainya mereka dapat melakukan lebih.

  • Tindak lanjuti

  • Jika teman anak Anda adalah seseorang yang Anda kenal dengan baik atau suka mengunjungi rumah Anda, bersedialah untuk berbicara dengan dia bahkan jika itu hanya mengatakan bahwa Anda peduli dengan dia dan bersedia membantu. Jika tidak, teruslah mengimbau anak Anda untuk menyampaikan dukungan ini kepada temannya. Pastikan bahwa Anda selalu waspada akan hubungan anak Anda dan temannya dan menawarkan dukungan kepada anak Anda juga. Berdoalah bersama sebagai keluarga bagi teman anak Anda.

  • Advertisement
  • Bunuh diri dapat dicegah. Jika teman anak Anda bersedia terbuka kepada anak Anda mengenai pikiran yang merusaknya, itu dapat menjadi suatu tangisan yang panjang. Namun berurusan dengan masalah mental di diri seseorang yang Anda kasihi adalah hal sulit, bahkan untuk orang dewasa. Ini hal yang kritis bagi orang tua untuk tetap terlibat dengan anak mereka melalui proses ini, dan menawarkan bantuan sebagai keluarga.

  • Meskipun demikian, adalah sangat penting bagi kesejahteraan anak Anda bahwa dia paham kapan tanggung jawab dia dimulai dan berakhir. Jika sesuatu yang tidak dapat dibicarakan terjadi, Anda tidak ingin anak Anda untuk merasa seberat yang dia rasakan bahwa dia tidak cukup membantu atau itu kesalahan dia. Berbicaralah secara terbuka dengan anak Anda untuk memberitahu dia bahwa kejujurannya (dengan temannya dan dengan Anda), dukungan (memberitahu temannya bahwa dia ada untuk mendengar), dan kasihnya adalah hal-hal yang dia lakukan untuk membantu.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "How to help when your child's friend talks about suicide" karya Margaret Crowe.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Bagaimana Membantu jika Teman Anak Anda Berbicara Mengenai Bunuh Diri

Artikel ini membahas mengenai langkah yang pantas untuk diambil ketika anak Anda memiliki teman yang membicarakan mengenai bunuh diri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr