Rutinitas pagi hari untuk para ibu rumah tangga agar terhindar dari stres sepanjang hari

Pagi hari harusnya dinikmati dengan damai dan tanpa stres. Manajemen waktu dan rutinitas pagi hari dapat membebaskan dari stres di pagi hari.

498 views   |   1 shares
  • Berumah tangga dan menjadi seorang ibu adalah impian dari kebanyakan wanita. Mereka yang masih melajang melihat bahwa menjadi istri dan ibu kelak adalah sesuatu yang sempurna. Memasak untuk suami dan anak, mengurus rumah tangga, sepertinya adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun, benarkah demikian pada kenyataannya? Apakah menjadi istri dan ibu sesempurna seperti yang dibayangkan? Well, hidup ternyata tidak sesempurna postingan di Instagram. Apalagi bila Anda sering melihat Instagram artis-artis yang terlihat sempurna dalam mengurus rumah tangga dan anaknya. Tetap terlihat cantik dan rapi meskipun baru mempunyai bayi, tetap terlihat menawan membuat para wanita lajang ini ingin segera menjadi ibu.

  • Namun, pada kenyataannya menjadi ibu apalagi jika Anda tidak menggunakan jasa penolong tidaklah seindah dan sesempurna postingan di dunia maya. Menjadi ibu merupakan pekerjaan yang rawan stres. Bayangkanlah Anda adalah satu-satunya orang dewasa di rumah ketika suami Anda bekerja dan Anda bekerja di rumah bersama bayi atau balita Anda. Setiap pagi dapat menjadi pemicu stres untuk seorang ibu. Termasuk juga bila Anda masih bekerja kantoran dan mempunyai anak yang sudah bersekolah dan suami yang bekerja kantoran. Menyiapkan sarapan saja dapat memicu stres.

  • Untuk menghindari hal tersebut, cobalah lakukanlah rutinitas pagi hari sehingga Anda dapat terhindar dari stres, termasuk beberapa hal yang dapat Anda lakukan malam sebelumnya untuk memudahkan pagi Anda.

  • Pikirkan menu sarapan untuk esok hari pada malam hari sebelumnya

  • Rencanakanlah sarapan apa esok hari dan siapkan sebelum Anda tidur. Bila ada yang dapat Anda masak terlebih dahulu, Anda dapat memasaknya pada saat selesai makan malam. Misalnya saja merebus pasta malam sebelumnya dan masukkan ke kulkas dan tinggal Anda panaskan atau Anda tambahkan bumbu sebentar esok paginya. Anda akan menghemat kurang lebih 10-15 menit dan dapat melakukan hal yang lain. anda juga dapat mengatur menu yang sederhana jika Anda tahu bahwa pagi itu Anda harus berangkat lebih pagi atau Anda akan melakukan perjalanan atau Anda sedang tidak fit.

  • Susun menu untuk 1 minggu

  • Menyusun menu 1 minggu dapat menolong Anda dalam manajemen waktu. Anda telah tahu apa yang akan Anda masak dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelumnya. Anda bahkan dapat memasaknya beberapa hari sebelumnya dan masukkan ke dalam freezer jika memungkinkan. Ini tidak berlaku untuk sayuran segar ya, Bunda. Terkadang memikirkan apa yang harus dimasak dapat memicu stress lho. Ini dapat dihindari jika Anda sudah tahu apa yang akan dimasak dalam 1 minggu. Ini juga menolong Anda dalam berbelanja tidak terlalu banyak dan menggunakan bahan sampai habis.

  • Advertisement
  • Persiapkan makan siang pada malam sebelumnya

  • Sama seperti sarapan, Anda dapat memasak untuk makan siang sebelum Anda tidur. Misalnya saja memasak nasi atau membuat kaldu yang butuh waktu lama jika Anda ingin membuat sup besok hari.

  • Bangun lebih awal

  • Selain sehat, dengan bangun lebih awal Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan hari Anda dan seisi rumah. Namun bukan berarti Anda dapat berlama-lama. Bila Anda selesai cepat, Anda akan memiliki waktu untuk menikmati pagi Anda lebih lama. Mulai dengan bangun lebih awal 15 menit, 30 menit hingga 1 jam. Jika Anda menyelesaikan rutinitas pagi Anda sesuai jadwal, Anda akan memiliki 15-30 menit waktu untuk bersantai, meminum teh atau kopi lebih lama, membaca email atau sekedar berselancar di dunia maya.

  • Siapkan baju yang akan dipakai besok pada malam sebelumnya

  • Terdengar berlebihan, namun ternyata jika Anda bekerja kantoran dengan baju bebas, memilih baju yang akan Anda pakai hari itu dapat menyita waktu Anda. Jadi, ada baiknya Anda mempersiapkan baju yang akan Anda pakai pada malam sebelumnya. Mulai dari dalaman sampai sepatu yang akan digunakan. Ini juga berlaku pada suami serta anak Anda. Anda akan terhindar dari drama pagi, "Mama di mana kaos kakiku? Di mana seragamku?".

  • Catatlah apa saja yang harus Anda lakukan besok sebelum Anda tidur

  • Ambil waktu sebelum Anda tidur dan pikirkan apa saja yang harus Anda lakukan besok atau apa yang harus Anda bawa bila itu tidak dapat Anda siapkan malam sebelumnya.

  • Hindari HP dan TV atau laptop sebelum Anda mandi dan selesai menyiapkan sarapan dll

  • Mengambil HP dan membaca mungkin pesan yang masuk ketika Anda sudah tidur atau membaca berita atau mengecek sosial media begitu menggoda. Namun, hindari itu dan segeralah bangun dan bersiap-siap. Anda akan membuang waktu 10-30 menit ketika Anda kalah dengan godaan.

  • - Siapkan barang yang akan Anda bawa sebelum Anda tidur dan letakkan pada 1 tempat

  • Ini tidak kalah pentingnya dilakukan. Mulai dari kunci rumah, kunci kendaraan, botol minum yang telah Anda isi, tas, atau apa saja yang harus dibawa esok hari. Letakkanlah pada 1 tempat. Dengan melakukan itu Anda tidak akan menghabiskan waktu mencari-cari barang-barang tersebut yang tercecer di mana-mana. Anda tinggal mengangkutnya semua ketika Anda telah akan berangkat.

  • - Tentukan jam berapa Anda sudah harus siap supaya Anda tidak menunda-nunda

  • Set waktu Anda jam berapa Anda sudah harus meninggalkan rumah jika Anda bekerja kantoran atau jam berapa masakan sudah harus selesai dan jam berapa Anda sudah harus mandi sehingga ketika bayi atau anak Anda bangun, Anda telah segar dan siap memulai hari bersamanya tanpa stres.

  • Advertisement
  • Semoga tips di atas dapat menolong Anda dan membuat hari Anda lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk bahagia.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Rutinitas pagi hari untuk para ibu rumah tangga agar terhindar dari stres sepanjang hari

Pagi hari harusnya dinikmati dengan damai dan tanpa stres. Manajemen waktu dan rutinitas pagi hari dapat membebaskan dari stres di pagi hari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr