5 ciri orang yang hidup dengan tujuan

Tujuan hidup secara langsung dan tidak langsung menjaga kita untuk tetap fokus meski perjalanan hidup tidak semudah yang dibayangkan.

924 views   |   6 shares
  • Pada hakikatnya manusia hidup di dunia ini harus memiliki tujuan yang jelas agar perjalanan hidupnya dapat digunakan untuk hal-hal yang positif yang dapat mendukungnya mencapai tujuan tersebut. Orang hidup yang memiliki tujuan akan lebih berkualitas hidupnya dibandingkan dengan orang yang tidak atau belum memiliki tujuan dalam hidupnya. Tujuan hidup juga dapat berarti cita-cita atau impian yang ingin dicapai. Ketika seseorang memiliki cita-cita dan impian, maka dengan sendirinya rasa semangat akan muncul dengan sendirinya memotivasi diri untuk mendapatkan yang diinginkannya. Berbagai proses dan tantangan akan lebih mudah dihadapi meski mungkin bagi sebagian orang adalah berat, karena pandangan dan sikapnya terhadap persoalan hidup juga menjadi jauh berbeda.

  • Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki tujuan dalam hidupnya:

  • 1. Terlihat selalu bersemangat

  • Orang yang memiliki tujuan akan senantiasa bersemangat untuk mewujudkan setiap hal yang menjadi impiannya. Meski pada suatu waktu bisa saja terjadi kejenuhan dan rasa ingin menyerah, tetapi orang yang memiliki impian akan selalu berusaha untuk tekun di dalam usahanya sampai pada akhirnya terbentuk mental yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

  • 2. Positif dalam bersikap dan berpikir

  • Keyakinan dan rasa percaya pada tujuan yang ingin dicapai akan membuat mereka selalu bertindak dan berpikir positif dalam menyikapi berbagai masalah dan tantangan. Karena tentu saja akan sulit mencapai apa yang diimpikan jika cara berpikir dan bersikap kita masih dipenuhi rasa pesimis, atau hal negatif lainnya.

  • 3. Terus melengkapi diri

  • Setiap impian membutuhkan usaha yang tidak selalu mudah untuk dicapai, terkadang beberapa kekurangan yang masih ada pada diri perlu untuk diperbaiki. Orang yang memiliki tujuan hidup akan terus melengkapi dirinya yang masih kurang dengan belajar dan berusaha sampai dirinya menjadi pantas untuk mendapatkan hal yang diinginkan.

  • 4. Memiliki integritas

  • Integritas sangat penting agar setiap tujuan yang dimiliki dalam hidup ini dapat tercapai. Orang yang kehilangan integritasnya dapat dipastikan juga ia kehilangan tujuan di dalam hidupnya.

  • 5. Tidak mudah terpengaruh

  • Meski memiliki tujuan yang jelas pun, bukan tidak mungkin godaan, pengaruh, tantangan yang membuat fokus menjadi kabur. Hal ini akan menjadi masalah besar jika seseorang tidak memiliki tujuan hidup yang pasti, berbagai pengaruh yang mungkin mengganggu akan mudah masuk dan mengacaukan hidupnya. Namun lain halnya jika seorang yang memiliki tujuan karena ia akan selalu mengisi waktu yang dimiliki dengan hal-hal yang berguna.

  • Advertisement
  • Meskipun dalam kehidupan ini manusia memiliki berbagai keleluasaan dan kebebasan untuk dapat memilih, tidak berarti kita hanya menjalani hidup tanpa arah dan tujuan yang jelas. Setiap kesuksesan dan masa depan yang lebih baik bagi diri sendiri diperlukan usaha dan kerja keras yang bertanggung jawab. Karena itu sebaiknya kita terus memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan melakukan hal-hal yang dapat membawa kita ke arah yang lebih dekat dengan tujuan hidup ini. Dan meski kegagalan dan kesalahan wajar saja terjadi menghiasi segala segi kehidupan manusia namun tidak seharusnya kita jadikan alasan untuk menyerah, teruslah berusaha dan mencoba untuk mencapai garis akhir.

Bantu kami menyebarkan

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 ciri orang yang hidup dengan tujuan

Tujuan hidup secara langsung dan tidak langsung menjaga kita untuk tetap fokus meski perjalanan hidup tidak semudah yang dibayangkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr