Kunci langgeng sebuah persahabatan

Sahabat adalah saudara yang Anda pilih untuk diri sendiri. Seperti apakah seorang sahabat bisa disebut sahabat sejati?

712 views   |   7 shares
  • Sahabat adalah orang terdekat yang dapat selalu diandalkan saat Anda merasa kesulitan. Sahabat adalah orang terdekat untuk berbagi pengalaman hidup, apalagi saat Anda merasa sedih ataupun bahagia seperti saat sedang jatuh cinta. Sahabat adalah orang yang turut bahagia atas kebahagiaanmu dan juga turut bersedih atas kesedihanmu. Mereka selalu hadir dalam kehidupan Anda.

  • Ingin punya sahabat sejati dalam kehidupan Anda? Tentu iya kan? Saya pun demikian! Agar hubungan persahabatanmu dengannya dapat bertahan lama, beberapa hal ini perlu Anda lakukan:

  • 1. Saling menghormati

  • Ketahuilah Anda dan sahabat pasti memiliki karakter dan kesukaan yang berbeda. Jangan biarkan perbedaan itu penghalang bagi hubungan persahabatan kalian. Perbedaan pasti selalu ada dalam setiap hubungan, apapun itu. Agar tidak lagi menjadi masalah, Anda berdua harus belajar untuk saling menghormati pendapat masing-masing. Bahkan jika Anda dan sabahat tidak sependapat akan sesuatu. Berusahalah untuk saling mengalah atau mencoba mengerti sehingga tidak ada yang merasa tersakiti. Dapat menerima kekurangan satu sama lain adalah kunci persahabatan yang baik.

  • 2. Komunikasi

  • Komunikasi juga sangat penting dalam hubungan persahabatan. Apapun yang terjadi dalam hidup Anda, jangan pernah menyembunyikannya dari sahabat. Terbukalah padanya, sehinga dia juga dapat terbuka pada Anda. Sering-seringlah menghubunginya sekedar untuk menanyakan kabar terbaru darinya. Jika komunikasi di antara kalian tidak ada, bagaimana mungkin hubungan itu dapat Anda katakan sebuah hubungan persahabatan?

  • 3. Rahasianya cukup Anda yang tahu

  • Semarah apapun Anda padanya, jangan menjadi sahabat yang memiliki 'mulut ember'. Apapun rahasia yang dimilikinya, cukup Anda saja yang tahu. Anda adalah orang yang paling dipercayainya. Jangan merusak kepercayaan itu dengan menceritakan keburukannya pada orang lain di belakangnya atau di saat Anda tidak sedang bersamanya.

  • 4. Jangan memaksakan kehendak

  • Sekalipun Anda selalu ingin yang terbaik bagi sahabat, jangan memaksakan kehendak Anda sendiri jika itu tidak sesuai dengan keinginannya. Misalnya saja, Anda ingin menjodohkan sahabat Anda dengan calon yang menurut Anda baik dan cocok untuknya. Jangan memaksa sahabat untuk berkencan atau menyukai pria/wanita pilihan Anda. Hargai setiap keputusan dan pilihan yang dibuatnya.

  • 5. Jangan memanfaatkan hubungan persahabatan Anda dengannya

  • Jangan karena dia adalah sahabat lalu Anda dengan seenaknya merepotkan dia meminta ini itu demi kepentingan pribadi Anda. Jangan juga mencari atau menghubungi sahabat Anda, hanya disaat Anda membutuhkannya saja. Misalnya di saat Anda patah hati, sedang memiliki masalah, sedang bosan, tidak ada teman ngobrol dan sebagainya. Jika demikian, mungkin Anda hanya mencari teman untuk hiburan dan bukan sahabat sejati.

  • Advertisement
  • 6. Jangan memiliki perasaan tersaingi, iri atau cemburu padanya

  • Yang terpenting, sahabat bukanlah saingan Anda. Tidak perlu ada rasa iri atau cemburu pada sahabat sendiri. Percayalah bahwa Anda dan dia adalah dua pribadi berbeda yang saling melengkapi. Ingat, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, setiap punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu syukurilah apa yang adanya diri Anda dan jangan memiliki perasaan iri pada sahabat sendiri.

  • Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar hubungan persahabatan dapat terus langgeng. Namun perlu juga Anda ketahui, tidak jarang sahabat dapat menjerumuskan Anda ke jalan yang sesat. Pandai-pandailah memilah sahabat, mana yang membawa pengaruh baik bagi Anda dan mana yang hanya menyusahkan dan memanfaatkan Anda demi kepentingannya sendiri. Ketahuilah dengan pasti bahwa sahabat sejati tidak akan mencelakakan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kunci langgeng sebuah persahabatan

Sahabat adalah saudara yang Anda pilih untuk diri sendiri. Seperti apakah seorang sahabat bisa disebut sahabat sejati?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr