Bagaimana saya bisa menyelamatkan pernikahan saya?

Sikap dan cara kitalah yang menjadi sangat penting agar justru setiap masalah yang terjadi itu dapat memberikan efek yang merekatkan hubungan dan bukannya malah merusak.

1,968 views   |   1 shares
  • Setelah menikah, pasangan suami istri sudah pasti akan hidup bersama untuk membangun sebuah rumah tangga. Namun tidak selamanya menjalani kehidupan berumah tangga akan berjalan mulus dan tanpa masalah. Mempersatukan dua pribadi yang berbeda latar belakang, keluarga dan karakter tidaklah semudah yang dibayangkan, bahkan beberapa orang justru berakhir dengan kegagalan dalam membangun rumah tangga karena banyaknya permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dengan baik antara suami dan istri. Tetapi setiap permasalahan yang muncul bukanlah selalu menjadi sumber keretakan hubungan antara suami dan istri, tantangan dan masalah sudah pasti dan seharusnya terjadi pada setiap hubungan, bagaimana sikap dan cara kitalah yang menjadi sangat penting agar justru setiap masalah yang terjadi itu dapat memberikan efek yang merekatkan hubungan dan bukannya malah merusak.

  • Kelanggengan pernikahan yang menjadi harapan setiap pasangan di mana pun berada sebenarnya bukanlah hasil yang didapatkan dari hubungan yang tanpa masalah. Kenyataannya apa pun masalah yang terjadi dalam rumah tangga sanggup memberikan pelajaran dan tantangan yang dapat memperkuat hubungan antara suami dan istri. Dalam kebanyakan kasus perceraian yang terjadi dapat kita lihat umumnya salah satu pihak sering kali menyalahkan pihak lainnya tanpa mau disalahkan. Sikap seperti inilah yang sebenarnya tidak seharusnya terjadi, rumah tangga seharusnya menjadi sebuah perjuangan yang harus diperjuangkan bersama dan kesalahan adalah sebuah hal yang biasa dalam hubungan percintaan. Sebab apa pun masalahnya, apa pun kesalahan yang dibuat oleh suami atau istri, seharusnya hal tersebut dapat mudah diatasi karena ada rasa cinta yang mendasari semuanya.

  • Selain itu, perlu diingat bahwa menikah merupakan salah satu keputusan terbesar di dalam kehidupan manusia, tetapi tidak lah lebih mudah untuk mempertahankannya. Untuk terus dapat mempertahankan hubungan, setidaknya dibutuhkan 3 sikap dari masing-masing pihak yaitu:

  • 1. Kesabaran

  • Tidak mudah menyamakan setiap perbedaan tanpa harus terjadi gesekan dan konflik antara suami dan istri. Untuk itu penting untuk mengutamakan rasa sabar kepada pasangannya agar apa yang dibicarakan dan dirundingkan tidak menjadi masalah yang semakin besar.

  • 2. Terbuka dan komunikatif

  • Menjalani rumah tangga memerlukan keterbukaan komunikasi antara yang satu dengan yang lain agar tidak ada pihak yang merasa dinomorduakan. Mengomunikasikan segala hal dapat membuat hubungan suami istri menjadi lebih kompak.

  • Advertisement
  • 3. Besar hati

  • Tidak ada manusia yang sempurna. Di sinilah dibutuhkan hati yang besar untuk dapat menerima dan memberikan dukungan kepada pasangan untuk dapat memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.

  • Dengan adanya rasa sabar, jalinan komunikasi dan hati yang besar dalam menjalani bahtera rumah tangga sebenarnya sudah cukup untuk menjadi dasar yang kuat untuk melanggengkan hubungan bersama pasangan. Dan perceraian tidak seharusnya selalu dijadikan senjata pamungkas untuk mengakhiri konflik yang terjadi. Sama seperti saat memutuskan menikah, bercerai pun membutuhkan komitmen yang besar yang tidak hanya sekedar cara untuk mengakhiri semuanya. Anda harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan buruk yang mungkin terjadi tidak hanya pada Anda saja, tetapi juga keluarga dan khususnya anak buah pernikahan Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Bagaimana saya bisa menyelamatkan pernikahan saya?

Sikap dan cara kitalah yang menjadi sangat penting agar justru setiap masalah yang terjadi itu dapat memberikan efek yang merekatkan hubungan dan bukannya malah merusak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr