Hidup seperti apakah yang sesungguhnya Anda dambakan?

Kita hidup “sendirian” seperti ini sebenarnya tidak lebih memudahkan kita dalam menjalani perjuangan hidup

3,781 views   |   6 shares
  • Hidup adalah perjuangan. Itulah yang sering dikatakan oleh kebanyakan orang. Bagaimana hidup memberikan ujian, pelajaran, hukuman, dan pengertian berbeda-beda bagi setiap orang. Hal-hal itulah yang menjadi bagian dari hidup yang harus dijalani oleh tiap makhluk hidup. Bagian dari hidup dalam mencapai sebuah tujuan yang ditentukan agar hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk itulah diperlukan perjuangan untuk mencapai kehidupan yang didambakan. Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan apa yang diimpikannya dalam hidup ini, misalnya ada yang bekerja untuk dirinya sendiri demi menggapai cita-cita dengan mengumpulkan harta dan materi untuk memudahkannya dalam menjalani kehidupan.

  • Meski ternyata harta tidak pernah dapat membawa kebahagiaan sepenuhnya dalam kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri memang uang adalah salah satu kebutuhan utama manusia dalam menjalani hidupnya, hal inilah yang membuat kebanyakan orang menjadi sangat terobsesi untuk berusaha mencari dan mengumpulkan harta dengan berbagai upaya. Menghalalkan berbagai macam cara pun seringkali dilakukan bahkan ketika harus mengorbankan hak orang lain demi keuntungan pribadi. Jika sudah begini siapa yang akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidup? Dapatkah orang yang mengambil hak orang lain tersebut mendapatkan kebanggaan dan rasa bahagia? Dan sadarkah kita bahwa hidup "sendirian" seperti ini sebenarnya tidak lebih memudahkan kita dalam menjalani perjuangan hidup ini.

  • Di sisi lain, ada juga orang yang berjuang mendapatkan kebahagiaan hidup dengan cara melayani orang lain yang membutuhkan. Dengan keahlian, harta yang dimiliki bahkan dengan kesukarelaan beberapa orang seperti ini tetap memberikan sebagian besar yang dimilikinya untuk membantu orang lain. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak mengalami kesulitan dan cobaan dalam hidup. Dengan bersedia meringankan beban orang lain dengan nyatanya mampu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang-orang seperti ini. Dan nyatanya banyak sekali kemudahan dan keberuntungan yang kita dapatkan dengan melakukan hal ini. Yang tadinya kita berpikir bahwa kita akan menjadi kurang jika memberikan kepunyaan kita secara cuma-cuma ternyata Tuhan justru menyediakan lebih bagi kita yang mau berkorban.

  • Nyatanya kita justru lebih banyak mendapatkan manfaat ketika membantu orang lain termasuk kebahagiaan yang tak ternilai harganya sehingga kita juga lupa dengan apa yang telah kita korbankan bagi orang lain. Nah, bagaimana dengan kehidupan Anda sendiri? Kehidupan seperti apakah yang Anda dambakan untuk sekarang dan di masa yang akan datang? Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang lain hari ini, sekecil apa pun yang Anda lakukan dapat menjadi hal besar bagi orang yang membutuhkan dan Anda akan mendapatkan kepuasan dan kebanggaan tersendiri dari tindakan tersebut serta manfaat lainnya dalam kehidupan Anda.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Hidup seperti apakah yang sesungguhnya Anda dambakan?

Kita hidup “sendirian” seperti ini sebenarnya tidak lebih memudahkan kita dalam menjalani perjuangan hidup
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr