4 cara jitu mengenalkan 'calon' pada orangtua dan mendapat restu

Salah satunya mungkin seringkali Anda lupa.

1,743 views   |   4 shares
  • Memutuskan untuk menikah bukan hanya menjadi keputusan bagi Anda dan pasangan namun juga perlu melibatkan kedua orang tua masing-masing. Khususnya menikah dalam budaya Indonesia yang kental dengan unsur kekeluargaan, pernikahan juga adalah persoalan mempersatukan dua keluarga yang berbeda.

  • Keterlibatan orang tua dalam keputusan anaknya untuk menikah sangatlah penting. Jika tidak ada restu dari orang tua, akan sulit untuk Anda dan pasangan menikah. Ingin agar langsung mendapatkan restu dari orangtua? Coba 4 trik jitu ini saat memperkenalkan calon Anda pada orangtua:

  • 1. Membawakan hadiah

  • Tidaklah baik jika datang bertamu, apalagi dengan maksud ingin mempersunting anak seseorang, dengan tangan kosong tanpa membawa buah tangan sama sekali. Karenanya jangan lupa mengingatkan pasangan untuk membawakan orang tua Anda hadiah sebagai cendera mata. Bukan untuk menyogok loh, tetapi membawa buah tangan dapat menjadi nilai plus yang menunjukkan Anda sangat perhatian pada keluarga calon pasangan.

  • 2. Ingatkan pasangan Anda untuk sopan dan santun

  • Orang tua sangat simpatik pada anak muda yang memiliki sikap sopan dan santun. Sikap ini tidak hanya dilihat dari perbuatan saja, melainkan juga dari tutur kata yang baik. Ingatkan pasangan selalu menunjukkan sakap ini saat bertamu ke rumah Anda. Sikap sopan dan santun ini dapat mencermikan bahwa dirinya adalah orang yang baik, pintar, dewasa dan bermartabat. Minta juga pasangan Anda untuk berpakaian yang rapi dan menawan sehingga dia dapat terlihat menarik di mata orang tua.

  • 3. Jangan lupa untuk memberikan informasi umum tentang orang tua Anda kepada pasangan

  • Ini poin yang sangat penting untuk Anda lakukan sebelum pasangan bertemu orang tua Anda. Jangan sampai ia salah berbicara atau tidak 'nyambung' karena kurangnya informasi yang Anda berikan. Misalnya, Ayah Anda suka bicara tentang politik tetapi pasangan justru membahas tentang sejarah. Pasangan membawakan ibu Anda buah tangan kue donat padahal ibu Anda tidak menyukainya. Nah untuk menghindari kesalahan seperti itu, sebaiknya berikan pasangan informasi umum tentang orang tua Anda sehingga saat bertemu dia dapat mengondisikan suasana dan berkomunikasi dengan lancar.

  • 4. Tunjukkan kelebihan calon Anda

  • Saat calon Anda bertemu dengan orangtua, peran Anda juga sangat penting sebagai jembatan di antara mereka. Jangan hanya diam atau mengamati pasangan dan orang tua Anda berbicara. Ikutlah terlibat agar suasana tidak terlalu tegang. Jangan lupa sesekali mengumbar kelebihan-kelebihan pasangan Anda di depan orang tua, namun tidak perlu berlebihan ya. Misalnya "Rian juga jago main catur loh Ayah. Kapan-kapan Ayah perlu bertanding melawannya", "Radit, pekerja keras Ma, tidak heran dia menjadi anak favorit bosnya", atau "Dia sekarang sudah membeli rumah untuk kita berdua, jadi jika kami menikah,kami sudah memiliki rumah" . Pamer terselubung tidak apa-apa, jika itu dapat menarik perhatian orang tua Anda. Tentu mereka juga akan senang mengetahui kehebatan calon pendamping anaknya, dan bagaimana pasangan Anda sebagai orang yang baik dan bertanggung jawab.

  • Advertisement
  • Nah, jangan lupa terapkan 4 cara jitu di atas ya. Semoga bermanfaat dan mendapat restu dari orang tua Anda!

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

4 cara jitu mengenalkan 'calon' pada orangtua dan mendapat restu

Salah satunya mungkin seringkali Anda lupa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr