Bagaimana olahraga dapat membahayakan Anda?

Olahraga berat yang dilakukan tidak hanya dapat mengakibatkan cedera pada anggota tubuh tertentu, tetapi justru dapat membahayakan nyawa kita.

195 views   |   1 shares
  • Kesehatan adalah hal terpenting yang kita perjuangkan dalam hidup ini. Dengan tubuh yang sehat banyak hal dapat kita lakukan dan kerjakan tanpa gangguan dan hambatan. Untuk itulah banyak sekali di antara kita yang sudah dan selalu membiasakan gaya hidup sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan menyehatkan dan juga dengan berolahraga dalam rangka menjaga kesehatan tubuh agar selalu prima.

  • Sebagai pribadi yang aktif dengan berbagai kegiatan yang selalu menunggu setiap harinya untuk dikerjakan, menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Dengan kesehatan yang terganggu, karier yang dimiliki sudah pasti akan turut terhambat. Menyediakan waktu luang untuk berolahraga perlu untuk dilakukan agar tubuh dapat terjaga kebugarannya dan metabolisme dalam tubuh tetap lancar. Dengan begitu serangan penyakit yang selalu mengintai kita setiap saat juga akan sulit untuk membuat kita jatuh sakit. Tetapi, tahukah Anda ternyata olahraga pun dapat membahayakan kita? Secara mengejutkan, menurut sumber yang ada olahraga yang dilakukan secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai bahaya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, berolahraga secara berlebihan membuat sebagian besar dinding-dinding arteri dalam tubuh menjadi lebih kaku dan keras.

  • Olahraga berat yang dilakukan tidak hanya dapat mengakibatkan cedera pada anggota tubuh tertentu, tetapi justru dapat membahayakan nyawa kita. Di bawah ini adalah beberapa bahaya olahraga yang dilakukan secara berlebihan:

  • 1. Cedera

  • Tubuh memiliki batasan dalam berolahraga, untuk itulah diperlukan pemanasan sebelum melakukan olah tubuh untuk mengurangi risiko cedera dan tidak memaksakan kemampuan tubuh untuk menerima beban secara berlebihan.

  • 2. Massa otot berkurang

  • Olahraga yang tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup, membuat tubuh mengambil nutrisi dari otot yang membuat massa dari otot berkurang. Hal ini membuat tubuh terlihat lebih kurus dari sebelumnya.

  • 3. Gagal jantung

  • Gagal jantung sangat bebahaya akibat melakukan olahraga secara berlebihan. Otot jantung dipaksa untuk bekerja keras sehingga membuatnya menjadi lemah dan potensi risiko terkena gagal jantung menjadi sangat besar.

  • 4. Kekebalan tubuh lemah

  • Tubuh yang menjadi terlalu lelah akibat berolahraga keras membuat sistem kekebalan tubuh juga menjadi lemah sehingga membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang berbagai penyakit ringan ataupun berat.

  • Advertisement
  • 5. Depresi

  • Tubuh memiliki berbagai siklus normal yang dapat terganggu jika dipaksa untuk melakukan aktivitas berat seperti berolahraga. Jika dilakukan dengan berlebihan dapat membuat siklus tubuh menjadi terganggu dan akhirnya dapat mengakibatkan depresi.

  • Itulah beberapa bahaya melakukan olahraga secara berlebihan, meskipun sebenarnya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat tetapi apa pun hal yang dilakukan secara berlebihan tidak pernah berakhir dengan baik. Oleh karena itu, mulai sekarang adalah sangat penting untuk menjadwalkan dengan baik olahraga yang ingin kita lakukan sambil tetap mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga sesuai dengan batas kemampuan tubuh yang kita miliki. Dengan begitu setiap manfaat positif yang diberikan dari berolahraga barulah dapat kita rasakan pengaruhnya dalam kehidupan kita.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Bagaimana olahraga dapat membahayakan Anda?

Olahraga berat yang dilakukan tidak hanya dapat mengakibatkan cedera pada anggota tubuh tertentu, tetapi justru dapat membahayakan nyawa kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr