Kerajinan Tangan Membangun Kepercayaan Diri

Setiap orang dapat membeli barang-barang, tetapi perasaan yang Anda dapatkan ketika Anda membuat sesuatu yang menakjubkan oleh diri Anda sendiri tidak dapat digambarkan.

982 views   |   1 shares
  • Saat itu adalah hari terakhir saya di bangku kuliah. Saya melihat kembali ujian Pertumbuhan Janin, puas dengan jawaban saya dan merasa percaya diri. Saya menyerahkan ujian saya lalu pulang ke rumah. Hari berikutnya, saya bangun pukul 5 pagi dan pergi ke rumah sakit untuk menjalani operasi caesar yang telah dijadwalkan. Secara harfiah saya berubah status dari seorang mahasiswa menjadi seorang ibu hanya dalam satu malam. Tidak ada waktu bagi saya untuk menemukan kembali diri saya di luar sekolah.

  • Bukan saja karena saya melahirkan bayi pertama saya dan lulus kuliah, tetapi kemudian kami pindah ke negara bagian lain dan jauh dari para anggota keluarga lainnya. Setiap hari suami saya pergi kuliah S2 dan kehidupan nyata pun dimulai. Saya seorang diri di rumah, tidak ada mobil, tidak ada teman-teman, bersama seorang bayi. Saya merasa begitu tersesat, tidak tahu harus berbuat apa dengan diri saya sendiri, dan kebanyakan waktu hanya kesepian. Saya tidak tahu siapa saya atau kontribusi apa yang dapat saya berikan bagi masyarakat. Itu merupakan tahun yang penuh depresi dan sulit.

  • Kemudian saya mulai membuat kerajinan tangan. Ketika saya menemukan kembali kreativitas saya, hal itu membangunkan kembali sesuatu di dalam diri saya — harga dan kepercayaan diri saya. Bagaimana hal ini terjadi? Bagaimana membuat kerajinan tangan membantu membangun harga diri saya?

  • Kreativitas memfokuskan pikiran Anda pada sesuatu yang produktif dan bukan yang merusak.

  • Salah satu dari tanda-tanda umum depresi adalah obsesi diri. Orang-orang cenderung berfokus pada persoalan dan masalah mereka sendiri, hal-hal yang membuat mereka sedih, mengapa hidup mereka tidak berjalan dengan baik. Ini adalah perilaku yang merusak, dan satu-satunya cara untuk menghindar dari hal itu adalah dengan melakukan sesuatu yang merupakan kebalikan dari hal-hal merusak — melakukan sesuatu yang produktif. Kerajinan tangan, pengertiannya adalah menciptakan sesuatu. Mengumpulkan bahan-bahan sehari-hari dan menjadikannya satu dengan cara yang rumit dan menarik untuk membuat sesuatu yang berguna.

  • Dengan membuat sesuatu yang menakjubkan, saya mengalihkan pikiran saya dari hal-hal negatif dan berfokus pada membuat barang-barang yang indah dan berguna. Dan semakin banyak saya mencipta, semakin banyak yang dapat diciptakan. Saya mendekorasi tampilan ruang tamu saya dan kemudian menyadari bahwa saya tidak menyukai warna sofa saya. Jadi saya menjahit penutup sofa. Dan itu barulah permulaan dari obsesi dekorasi saya.

  • Advertisement
  • Proyek yang sudah selesai mendapatkan pujian dan pengakuan bahwa yang Anda lakukan adalah hal yang baik.

  • Setiap orang menyukai pujian. Tetapi bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga, mengurus rumah, dan mengejar-ngejar anak-anak jarang orang yang mengatakan “Wow! Anda melakukan sesuatu pekerjaan yang hebat dengan menjaga anak-anak Anda!” atau “Hebat, Anda mencuci lima keranjang pakaian hari ini!” Tetapi orang-orang memberikan pujian pada sesuatu yang kelihatan, bahkan terlebih lagi akan terkesan ketika Anda memiliki keterampilan untuk MENCIPTAKAN benda yang dapat dipuji. Itu adalah pengakuan.

  • Rumah saya kadang-kadang bersih, tetapi dengan tiga anak kecil, sangat tidak mungkin untuk selalu terlihat bersih setiap waktu. Dan membuang-buang tenaga. Saya lebih memilih untuk membuat sesuatu yang menakjubkan yang akan dilihat dan dikagumi orang. Pujian tersebut membuat kerja keras saya terasa sepadan dan bahkan jika saya tidak mendapatkan pujian, kenyataan bahwa saya rasa itu bagus, sudah cukup bagi saya. Saya mencoba hidup untuk tidak mengharapkan pengakuan, tetapi itu telah membantu saya membangun kepercayaan diri saya dan tahu bahwa hal yang saya lakukan adalah sebuah langkah dalam arah yang benar.

  • Menyelesaikan sendiri suatu pekerjaan, memberi Anda dorongan untuk melakukan proyek yang lebih besar dan belajar keterampilan baru.

  • Jadi Anda berpikir, ya, baiklah, saya akan mencoba menciptakan sesuatu. Tetapi saya tidak tahu bagaimana melakukannya. Mungkin Anda merasa Anda tidak memiliki keterampilan tetapi — Anda tahu lebih banyak dari yang Anda sangka. Mulailah dari yang kecil, mungkin dengan membuat sesuatu dari kertas dan lem. Kemudian bekali diri Anda; membaca buku hobi, kunjungi blog keterampilan, ikuti kursus. Ada banyak kesempatan di luar sana bagi orang-orang untuk belajar keterampilan baru. Dan ketika Anda belajar satu hal, Anda dapat mengembangkan berdasarkan pengetahuan tersebut untuk mencoba keterampilan baru.

  • Saya selalu berambisi dan berkeinginan untuk mencoba sesuatu yang baru, jadi saya mulai dari yang kecil dan balajar dari kesalahan saya — yang sangat banyak. Sejak saya memulai, saya tidak hanya membuat lebih dari 50 selimut perca, tetapi saya telah memulai bisnis saya dengan membuat dan menjualnya. Saya sekarang bangga menjadi pemilik gergaji lengkung dan gergaji bundar, dan dengan menggunakannya saya merasa memiliki kekuatan yang lebih besar. Saya terus-menerus ingin menjadi lebih besar dan lebih baik — proyek saya selanjutnya adalah untuk membuat tempat tidur susun untuk anak-anak lelaki saya.

  • Advertisement
  • Saya secara pribadi masih bergumul dengan masalah kepercayaan diri, dan mungkin masih akan terus begitu.Tetapi membangun semua bakat kreatif ini telah membantu saya menyadari bahwa ada sesuatu yang lebih bagi diri saya daripada hanya sebagai seorang ibu. Saya menyukai peran menjadi seorang ibu dan anak-anak saya adalah kebahagiaan terbesar dalam hidup saya. Tetapi setiap wanita membutuhkan sesuatu yang dapat menolong mereka untuk merasa bahwa mereka memiliki sebuah tujuan di luar peran keibuan — sesuatu yang menunjukkan mereka sebagai seorang wanita. Sesuatu yang memberikan kepercayaan diri untuk mengatakan, “Ya, saya membuatnya!”

  • Setiap orang dapat membeli barang-barang, tetapi perasaan yang Anda dapatkan ketika Anda membuat sesuatu yang menakjubkan oleh diri Anda sendiri tidak dapat digambarkan. Dan perasaan-perasaan itu memberikan Anda kepercayaan diri dengan menjadi produktif, meyakinkan Anda, dan memberi Anda keberanian untuk mencoba hal-hal yang baru.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Yeah, I made that! 3 ways crafting builds self esteem” karya Heidi Ferguson.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Heidi is a Craft/DIY/Lifestyle Blogger at www.honeybearlane.com. She creates original projects and tutorials that teach sewing, quilting, crafting, painting, building DIY, decorating, cooking, baking, and styling.

Kerajinan Tangan Membangun Kepercayaan Diri

Setiap orang dapat membeli barang-barang, tetapi perasaan yang Anda dapatkan ketika Anda membuat sesuatu yang menakjubkan oleh diri Anda sendiri tidak dapat digambarkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr