Pentingnya mendiskusikan cara menggunakan media sosial dengan tepat bersama keluarga

Perkembangan teknologi yang ada diharapkan dapat mempermudah dan membantu setiap orang dalam hidupnya baik dari sisi hiburan maupun dalam pemenuhan kebutuhan.

86 views   |   1 shares
  • Fenomena berselancar di dunia maya di Indonesia saat ini berkembang begitu pesat. Seiring dengan berkembangnya teknologi di dunia hal ini sangat memengaruhi perilaku dan gaya hidup setiap pribadi dalam masyarakat. Tentunya perkembangan teknologi yang ada diharapkan dapat mempermudah dan membantu setiap orang dalam hidupnya baik dari sisi hiburan maupun dalam pemenuhan kebutuhan. Tidak dapat dihindari teknologi memang seakan mulai menguasai kehidupan manusia, meskipun memiliki harapan dan tujuan yang positif tetapi teknologi juga dapat berakibat fatal terhadap penggunanya jika dimanfaatkan dengan cara yang salah.

  • Penting sekali bagi setiap orang untuk menjadi bijaksana dalam menggunakan media sosial, meskipun akun yang dimiliki adalah milik pribadi tidak berarti kita dapat melupakan berbagai norma dan etika yang berlaku di masyarakat. Bukan tidak mungkin status atau postingan yang kita masukkan di akun kita dapat dipergunakan untuk tujuan yang tidak baik oleh para pelaku kriminal. Pemerintah Indonesia sendiri telah memperbarui peraturan yang tertuang dalam undang-undang informasi dan transaksi elektronik guna mengatur dan memberikan peringatan kepada kita bahwa hal ini adalah sebuah hal yang serius, sanksi yang ditetapkan cukup untuk kita berpikir ulang dalam menggunakan media sosial.

  • Keluarga sebagai anggota terkecil dalam masyarakat adalah inti dari tujuan besar Indonesia dalam mewujudkan perilaku bermedia sosial yang benar dan beretika. Mendiskusikan bersama dan menyepakati aturan di dalam keluarga tentang hal ini dapat dilakukan di saat bersantai tetapi tetap dalam suasana yang serius agar setiap anggota keluarga dapat memahami tentang hal yang dibicarakan. Ada tiga poin penting mendasar yang hendaknya selalu diingat:

  • 1. Berbagi konten

  • Karena tujuan media sosial adalah menghubungkan setiap orang dengan orang lain, sangat berbahaya jika informasi pribadi kita dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik oleh orang lain. Perlu untuk didiskusikan bagaimana setiap akun dalam keluarga diatur kontennya agar hanya berbagi dengan orang-orang tertentu saja sehingga privasi tetap terjaga.

  • 2. Keamanan akun

  • Sudah sangat sering terjadi, akun yang dibajak oleh orang lain, bahkan di gunakan untuk kegiatan negatif yang dapat merugikan pemiliknya. Mendiskusikan hal ini penting agar setiap anggota keluarga dapat menjaga akunnya, dengan cara menggunakan kata sandi yang aman atau menggunakan fitur verifikasi melalui telepon genggam yang disediakan oleh media sosial pada umumnya.

  • Advertisement
  • 3. Etika

  • Dengan aturan hukum yang ada, tentu kebebasan dalam bermedia sosial kini sudah dibatasi. Etika bermedia sosial harus dibiasakan agar tidak menjadi masalah bagi anggota keluarga. Etika yang dimaksud adalah dengan tidak menggunakannya untuk hal yang negatif seperti menghina, menyebarkan fitnah dan sebagainya.

  • Jika setiap keluarga mau memberikan perhatian terhadap hal-hal ini dan memberikan batasan dan pemahaman yang baik pada setiap anggota keluarganya dalam bermedia sosial tentunya akan sangat berpengaruh besar pada ruang lingkup yang lebih besar yaitu bermasyarakat dan kemudian bernegara.

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Pentingnya mendiskusikan cara menggunakan media sosial dengan tepat bersama keluarga

Perkembangan teknologi yang ada diharapkan dapat mempermudah dan membantu setiap orang dalam hidupnya baik dari sisi hiburan maupun dalam pemenuhan kebutuhan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr