Ingin menyajikan masakan lezat di rumah setiap hari? Ini tipsnya

Ingin membuat anggota keluarga lebih betah berkumpul di rumah?

222 views   |   shares
  • Anda tidak perlu mencatat susah-susah resep masakan, Anda dapat menemukan resep apa saja di internet. Anda ikuti petunjuk yang disebutkan di resep itu, untuk membuat makanan yang enak. Atau Anda juga dapat menonton tayangan televisi tentang memasak. Tayangan itu membantu Anda untuk menemukan resep yang cocok buat Anda ikuti. Kadang-kadang walaupun Anda sudah mengikuti resep seteliti mungkin, masakan Anda tetap kurang sedap. Apa yang harus Anda lakukan?

  • Mencicip

  • Sebetulnya kunci dari masakan yang sedap ialah koki yang mempunyai cita selera tinggi. Jika dia tidak tahu bagaimana rasanya makanan yang lezat, dia tidak akan dapat menghidangkan makanan yang sedap. Seperti juga perancang baju yang hebat harus mempunyai selera yang tinggi. Jika tidak, karya rancangan bajunya tidak akan berselera tinggi. Nah, dalam hal koki tidaklah serumit perancang baju. Bagi perancang baju jika karyanya sudah jadi dan ternyata tidak sebagus rancangan di atas kertas, sulit buat mengubahnya, paling-paling karya itu akan dikesampingkan. Namun masakan lebih "mudah" diperbaiki. Sesudah selesai memasak, dia dapat mencicip hasil karyanya dan jika kurang asin dapat ditambah garam, kurang manis tambah gula, kurang asam tambah cuka dan seterusnya. Atau jika masih tidak yakin, mintalah salah seorang anggota keluarga untuk mencicipnya dan memberi komentar.

  • Belajar

  • Ada kursus memasak yang dapat Anda ambil untuk menambah pengetahuan Anda. Di situ Anda dapat bertanya banyak hal untuk memperluas wawasan Anda dalam hal masak memasak. Atau guru yang terbaik ialah ibu Anda. Penulis sering membantu ibu di dapur dan dari situlah penulis belajar memasak.

  • Pemakaian bumbu

  • Kita sering mendengar perkataan "selezat masakan ibu di rumah." Ini karena ibu ingin menghidangkan makanan terlezat bagi keluarganya. Untuk ini ibu tidak akan pelit memakai bumbu yang diperlukan buat menciptakan hidangan tersebut. Lain dengan makanan di restoran atau yang siap jadi di supermarket, mereka harus memperhitungkan ongkos pembuatannya supaya mendapat untung dari harga penjualannya. Perhitungan ini tidak ada dalam kamus ibu di rumah. Bila untuk membuat opor diperlukan bawang putih satu gelondong, maka itulah yang akan dipakainya. Berapa butir kelapa yang dibutuhkan? Jika satu masih kurang kental, pakailah dua butir. Jadi intinya, janganlah mengurang-ngurangi bumbu demi menghasilkan masakan yang sedap.

  • Juga lengkapilah bumbu masakan Anda, misalnya jika opor memerlukan kemiri, daun jeruk dan belimbing sayur, jangan tinggalkan bumbu-bumbu itu karena Anda lupa membelinya di pasar. Atau ketika menggoreng ikan, Anda tidak memakai asam, bau amisnya akan tertinggal sehingga mengurangi kesedapan ketika Anda menikmatinya.

  • Advertisement
  • Selera

  • Tentu saja apa yang Anda masak hendaknya sesuai dengan selera keluarga Anda. Misalnya, Anda boleh mencoba masakan dari negara-negara lain demi memberi variasi makanan yang Anda hidangkan. Anda dapat memasak spageti lengkap dengan bakso dagingnya, atau bahkan pizza hawaii dengan nenas dan daging di atasnya. Pokoknya makanan dari negara manapun dapat Anda hidangkan asalkan cocok dengan selera keluarga Anda. Jika sayur bening bukanlah makanan kegemaran keluarga, walaupun sederhana dan mudah memasaknya, janganlah Anda hidangkan sering-sering. Mungkin demi kesehatan, Anda ingin menyuguhkan lebih banyak sayur bagi keluarga Anda. Oke masaklah sayur bening tapi tambahkan potongan jagung serta mungkin ikan asin atau tempe goreng dan sambal terasi, sebagai lauk sampingan supaya lebih memancing selera makan keluarga.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ingin menyajikan masakan lezat di rumah setiap hari? Ini tipsnya

Ingin membuat anggota keluarga lebih betah berkumpul di rumah?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr