Rating hotel. Seberapa akurasikah bagi kebutuhan kita?

Rating hotel kualitas standar hingga hotel berbintang enam yang ada di Indonesia pun tentunya hanya mewakili gambaran kualitas yang dimiliki oleh hotel itu sendiri

72 views   |   1 shares
  • Melakukan berbagai persiapan yang penting ketika saat akan berencana untuk melakukan perjalanan adalah hal yang sangat perlu. Jika tempat yang dituju adalah tempat yang sudah biasa dan sering kita kunjungi tentu tidak banyak hal yang menjadi kekhawatiran kita sehingga membuat kita mempersiapkan banyak hal. Dari pakaian, tiket transportasi, makanan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah hotel. Hotel tempat di mana kita akan menginap dan beristirahat menjadi perhatian kita umumnya ketika akan bepergian. Banyak sekali hotel yang tersedia di masing-masing daerah dengan berbagai fasilitas gedung dan layanan kamar yang memikat pengunjung. Tetapi hanya sedikit tentunya yang akan cocok dengan keinginan dan kebutuhan kita.

  • Sama seperti di berbagai negara pada umumnya, hotel-hotel yang ada di Indonesia pun memiliki tingkatan yang diklasifikasikan berdasarkan kualitas yang mereka miliki masing-masing pada pelayanan dan fasilitas yang ditawarkannya. Tingkatan yang dimaksud tersebut biasanya menjadikan sebuah hotel memiliki rating yang diumumkan kepada publik guna memudahkan para tamu yang hendak menginap mengetahui kualitas yang ada pada hotel tersebut. Namun meskipun demikian, rating hotel kualitas standar hingga hotel berbintang enam yang ada di Indonesia pun tentunya hanya mewakili gambaran kualitas yang dimiliki oleh hotel itu sendiri, yang belum tentu dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan oleh tamu yang akan menginap. Ya, nyatanya hotel dengan rating tinggi sekalipun belum tentu dapat menjawab seluruh kebutuhan sebenarnya yang diinginkan oleh tamu. Walau pengklasifikasian hotel tersebut dilakukan dan ditetapkan oleh PHRI secara objektif dan dengan menggunakan berbagai variabel sebelum menghasilkan rating yang biasa kita lihat sebagai simbol bintang pada sebuah hotel, tentunya tidak menjamin sepenuhnya terhadap kepuasan pengunjung karena faktor kebutuhan pada setiap orang yang berbeda-beda.

  • Oleh karena itu, dibutuhkan kejelian dan kecermatan kita dalam memilih hotel yang akan kita jadikan tempat menginap selama melakukan perjalanan. Jangan sampai sudah keluar uang yang tidak sedikit tetapi justru mengalami pengalaman yang kurang memuaskan bukan? Pada masa seperti sekarang ini, bukan hal yang sulit untuk lebih mengeksplorasi berbagai informasi yang kita butuhkan dengan menggunakan teknologi yang ada pada genggaman tangan kita. Ini berarti rating hotel yang tercantum tidak hanya menjadi satu-satunya informasi yang diberikan kepada tamu sebelum memutuskan pilihannya. Pada beberapa aplikasi online yang disediakan di perangkat telepon pintar sekarang ini bahkan calon tamu dapat membandingkan banyak aspek antara hotel yang satu terhadap hotel yang lain dan salah satunya adalah harga. Selain itu komentar dari berbagai orang yang sebelumnya sudah pernah menginap pun dapat kita temukan yang tentu dapat memberikan gambaran lebih tentang hotel yang akan menjadi pilihan kita nantinya.

  • Advertisement
  • Dengan adanya teknologi seperti di atas, sudah pasti membuat banyak hotel akan terus memaksimalkan pelayanan yang diberikan pada para tamunya. Pihak yang akan sangat diuntungkan tentunya adalah kita sebagai calon tamu yang tidak hanya memiliki informasi berdasarkan bintang yang dimiliki sebuah hotel tetapi lebih dari itu dalam menentukan hotel pilihan kita. Selamat melakukan perjalanan!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Rating hotel. Seberapa akurasikah bagi kebutuhan kita?

Rating hotel kualitas standar hingga hotel berbintang enam yang ada di Indonesia pun tentunya hanya mewakili gambaran kualitas yang dimiliki oleh hotel itu sendiri
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr