5 cara efektif menjaga kesehatan selama musim pancaroba

Pada masa inilah perubahan yang tidak menentu pada lingkungan kita terjadi, yang dapat memaksa tubuh untuk cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut.

125 views   |   shares
  • Kesehatan adalah hal terpenting bagi kita di samping semua hal yang kita miliki dalam hidup. Ya, pasti kita semua setuju bahwa tidak akan ada artinya jika berbagai macam hal kita miliki tetapi ternyata kita memiliki kesehatan yang buruk. Kesehatan harus selalu menjadi perhatian utama kita agar apa pun yang menjadi kewajiban kita setiap harinya dapat dikerjakan dengan baik dan menjadi lancar. Berbagai sumber penyakit yang tersebar di mana pun kita berada selalu mengancam kondisi kesehatan kita setiap harinya, khususnya di saat peralihan musim yang terjadi. Dua musim yang dialami oleh Indonesia memiliki masa peralihan dari musim panas ke musim penghujan atau juga sebaliknya yang disebut sebagai musim pancaroba. Pada masa inilah perubahan yang tidak menentu pada lingkungan kita terjadi, yang dapat memaksa tubuh untuk cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut.

  • Tubuh yang fit tentu tidak akan mengalami pengaruh yang cukup serius yang dapat membuat timbulnya keluhan kesehatan, namun rasa lelah, kurangnya perhatian kita dalam memerhatikan kondisi tubuh ini seringkali membuat tubuh kita rentan terserang berbagai penyakit yang dapat cukup mengganggu aktivitas. Beberapa penyakit yang sering menyerang tubuh saat masa pancaroba ini misalnya flu, demam, batuk bahkan demam berdarah cukup dapat merepotkan kita apalagi yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi setiap harinya. Banyak sekali cara yang dianjurkan untuk dapat membantu kita menjaga kesehatan, tetapi lima cara yang paling efektif untuk itu adalah:

  • 1. Menjaga kebersihan

  • Kebersihan penting untuk selalu dijaga, terutama tempat di mana kita berada setiap harinya. Kondisi yang tidak bersih di lingkungan kita berada dapat menjadi sarang penyakit yang cepat atau lambat dapat menyerang sistem kekebalan tubuh kita dan menyebabkan kita sakit di kemudian hari.

  • 2. Jaga asupan gizi

  • Selain mengonsumsi makanan yang bersih dan terjamin kualitasnya, gizi yang masuk pun penting untuk diperhatikan. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

  • 3. Berolahraga

  • Terbukti bahwa orang yang tubuhnya sering bergerak lebih sehat ketimbang orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer, televisi atau duduk di depan meja saja. Berolahraga membantu tubuh dalam mengeluarkan zat yang dapat menyebabkan penyakit sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

  • 4. Cukup istirahat

  • Aktivitas dan berolahraga penting, tetapi tidak kalah pentingnya bagi tubuh untuk beristirahat. Istirahat yang cukup memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaharui sel yang rusak dan menyegarkan kembali kondisi tubuh yang lelah. Normalnya manusia beristirahat tidur adalah 8 jam per hari.

  • Advertisement
  • 5. Selalu positif

  • Hindari pikiran negatif yang mengganggu pikiran. Ketenangan pikiran dan bagaimana Anda mengelola stres juga turut memengaruhi kondisi tubuh Anda. Kenyataannya banyak penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia akibat kondisi stres berlebihan. Untuk itulah penting sekali untuk selalu berusaha berpikir dan bertindak secara positif.

  • Mudah bukan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar setiap harinya? Dengan lima cara di atas, mari kita mulai menjaga kesehatan tubuh kita sejak dari sekarang. Agar setiap waktu yang berharga yang kita miliki dapat selalu kita nikmati dan kita syukuri tanpa harus melewatinya percuma hanya karena kita terbaring sakit.

Bantu kami menyebarkan

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 cara efektif menjaga kesehatan selama musim pancaroba

Pada masa inilah perubahan yang tidak menentu pada lingkungan kita terjadi, yang dapat memaksa tubuh untuk cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr