5 alasan mengapa Anda seharusnya bangga memiliki 'stretch marks'

Bangun pikiran positif Anda tentang garis-garis tubuh ini dengan menemukan 5 alasan Anda harus bangga terhadap 'stretch marks' Anda.

329 views   |   1 shares
  • Akhir-akhir ini banyak teman saya, sesama mama muda yang saling bertukar cerita mengenai stretch marks. "Ukiran" pada kulit yang dialami mayoritas mama pascamelahirkan, ternyata begitu menghantui. Segala rekomendasi minyak, krim, gel, hingga teknologi kecantikan dilemparkan untuk menghilangkan atau setidaknya menipiskan stretch marks.

  • Padahal, Anda tidak perlu terlampau cemas akan stretch marks ini. Simak 5 alasan mengapa seharusnya stretch marks menjadi kebanggaan Anda:

  • 1. Stretch marksdapat terjadi pada siapa saja

  • Anda tidak sendirian. Stretch marks dialami oleh banyak sekali orang-orang di seluruh dunia. Tak hanya wanita, pria pun bisa saja mendapatkan stretch marks pada tubuhnya. Growth spurts atau lonjakan pertumbuhan, seperti pada masa pubertas, dapat menyebabkan stretch marks. Begitu pula dengan fluktuasi berat badan yang signifikan, misalnya karena kehamilan, peningkatan massa otot akibat latihan beban dan binaraga. Efek samping dari pengobatan atau konsumsi obat kortikosteroid juga dapat menimbulkan stretch marks. Jadi, tak perlu risau, stretch marks adalah reaksi alami tubuh dan mayoritas manusia di dunia memilikinya.

  • 2. Stretch marks akan memudar seiring waktu

  • Jillian Michaels, seorang personal trainer ternama asal Amerika Serikat, mengajak untuk menanamkan perspektif positif dalam benak kita mengenai stretch marks. Berhentilah mencemaskan stretch marks Anda dan melangkah terlalu jauh untuk menghilangkannya, karena stretch marks tidak akan hilang sepenuhnya. Tindakan medis tercanggih saat ini hanya mampu untuk mempercepat proses penipisan stretch marks. Atau Anda dapat bersabar lebih lama untuk membiarkan tubuh secara alami memperbaiki diri.

  • 3. Stretch marks adalah jejak kenangan perjalanan Anda

  • Banyak teman saya yang merasakan cemas berlebihan saat hamil karena membayangkan stretch marks yang muncul setelah melahirkan. Padahal, ada kenangan-kenangan lebih indah dan menyenangkan yang patut menjadi highlights ketimbang stretch marks. Lihat saja beberapa mama yang dengan bangga menunjukkan stretch marks sebagai bagian dari petualangan kehamilan dan motherhood mereka. Stretch marks adalah pengingat dan penanda momen-momen berharga dalam kehidupan Anda, misalnya masa kehamilan yang mengharukan ataupun saat Anda kelebihan berat badan di masa lalu, meneguhkan Anda untuk selalu menjaga kesehatan dan berat badan ideal sebagai cara bersyukur atas tubuh Anda. Ingin ikut menunjukkan kenangan stretch marksAnda? Cobalah follow atau post melalui akun Instagram Love Your Lines berikut ini.

  • Advertisement
  • 4. Stretch marks bukan pertanda tubuh Anda rusak

  • Jujur saja, banyak sekali wanita yang sebenarnya sudah penat dengan segala macam komentar dan ucapan nyinyir tentang stretch marks. Bukanlah stretch marks yang merusak Anda, namun pikiran negatif yang menghantui Andalah si pembawa bencana. Beberapa garis dalam tubuh Anda ini akan selalu menjadi bagian dari Anda. Penyesalan, rasa minder, hilangnya percaya diri justru akan menyedot kesehatan Anda sebenarnya. Tenggelam bersamanya, kecemasan terus-menerus, dapat berdampak menjadi tumbuhnya sumber stres. Apalagi, jika Anda menularkan aura negatif ini kepada orang lain dengan memberikan penghakiman.

  • 5. Stretch marks tidak menodai hidup Anda secara keseluruhan

  • Sebuah kekuatan terbesar seorang manusia adalah ketika Anda dengan ikhlas menerima kekurangan yang ada dalam diri Anda, termasuk kekurangan fisik. Stretch marks bukanlah sebuah kecacatan yang berhak Anda nilai sebagai perusak hidup. Kesempurnaan bukanlah milik manusia. Kelapangan dada Anda menerima stretch marksdan move on dari kekecewaan akan menyelamatkan Anda dari berbagai dampak buruk, seperti terjerumus ke dalam kecanduan narkoba atau miras, tendensi bunuh diri, hingga sindrom anti sosial, akibat stres yang tidak terkelola.

  • Stretch marks bukanlah akhir dari segalanya. Love your body and love yourself. Syukurilah apa yang telah Sang Pencipta anugerahkan kepada Anda dengan menjaga tubuh dan pikiran selalu sehat serta positif.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

5 alasan mengapa Anda seharusnya bangga memiliki 'stretch marks'

Bangun pikiran positif Anda tentang garis-garis tubuh ini dengan menemukan 5 alasan Anda harus bangga terhadap 'stretch marks' Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr