5 langkah untuk mempersembahkan presentasi yang mampu memukau audiens Anda

Apakah yang membuat presentasi Anda tidak menarik perhatian dan terasa membosankan? Seberapa sering Anda akhirnya frustasi dengan hasil presentasi Anda? Berikut cara membuat presentasi yang memukau.

127 views   |   1 shares
  • Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami kegagalan saat harus melakukan presentasi di depan peserta lainnya, atasan, ataukah dosen Anda?

  • Apakah yang membuat presentasi Anda tidak menarik perhatian dan terasa membosankan?

  • Seberapa sering Anda akhirnya frustasi dengan hasil presentasi Anda?

  • Jika Anda salah seorang orang yang saat ini mengalami permasalahan di atas, berikut 5 langkah yang patut Anda coba agar presentasi Anda dapat memukau dan menarik minat penonton:

  • 1. Tumbuhkan rasa percaya diri Anda

  • Untuk sebagian orang, presentasi adalah suatu aktivitas yang sebisa mungkin dapat dihindari. Apalagi jika hal tersebut merupakan presentasi perdana. Tentu saja rasa takut, malu, grogi dan tidak percaya diri yang dirasakan. Padahal kunci utama menarik perhatian penonton adalah kesan pertama yang dilihat dari pembukaan yang bersemangat dan penuh rasa percaya diri. Apa jadinya bila Anda sendiri terlihat tegang, tidak pede, kaku, lebih banyak garuk-garuk kepala, atau seperti orang kebingungan. Sikap dan bahasa Anda harus meyakinkan, intonasi bicara juga harus jelas, tidak terbata-bata dalam menyampaikan materi presentasi, dengan begitu penonton melihat Anda sebagai orang yang penuh percaya diri dan pasti berhasil dalam membawakan presentasi.

  • 2. Perhatikan juga penampilan fisik Anda

  • Walaupun yang paling penting adalah isi atau materi presentasi Anda, tetapi penampilan yang rapi, bersih dan wangi akan menarik perhatian penonton. Tidak perlu berlebihan, namun buatlah penonton terpukau dengan penampilan Anda.

  • 3. Tentukan judul atau topik yang menarik

  • Ada presentasi tentu ada topik, ada permasalahan yang akan dibahas, ada ide-ide yang akan disampaikan. Tujuannya untuk dibagikan dan diketahui oleh penonton. Tentukan judul yang sekiranya membuat rasa penasaran orang-orang untuk tidak melewatkan menghadiri presentasi Anda. Yang jelas, judul dengan isi prestasinya harus klop ya.

  • 4. Persiapkan slide yang menarik dan tidak biasa

  • Daya tarik penonton dapat dilihat dari slide yang Anda jabarkan. Anda harus memerhatikan pemilihan huruf, besar kecilnya huruf, warna tulisan, skema, background slide, gambar atau foto pendukung dan tentu saja poin-poin materi presentasinya. Tampilan visual yang menarik, unik, dan tidak seperti kebanyakan presentasi lainnya akan lebih diminati penonton. Tidak perlu berlembar-lembar atau dengan kalimat panjang. Terkadang slide yang banyak terkesan bertele-tele dan membuat penonton bosan melihatnya. Yang terpenting Anda mampu menguasai isi materi dan dapat menyampaikan dengan baik.

  • Advertisement
  • 5. Selingi dengan rasa humor dan sesekali libatkan penonton

  • Presentasi tidak harus dalam kondisi tegang dari awal sampai akhir presentasi. Itu hanya akan membuat penonton mengantuk dan jenuh. Jika keadaan memungkinkan, buatlah lelucon-lelucon singkat di sela-sela presentasi Anda agar penonton kembali bersemangat. Siapkan cerita menarik yang dapat mengalihkan para penonton untuk tetap menikmati presentasi Anda. Sesekali libatkan penonton untuk mendukung penyajian materi Anda. Dapatkan partisipasi dari penonton.

  • Presentasi yang menarik dan baik merupakan kunci awal keberhasilan Anda mendapatkan pekerjaan, promosi, nilai, jabatan, proyek, kelulusan atau penjualan suatu produk. Sebagai penyaji, Anda harus mempersiapkan diri juga media presentasi yang menarik agar presentasi Anda dapat berjalan sesuai harapan Anda.

  • Ada beberapa aspek pendukung lainnya agar presentasi Anda benar-benar sempurna. Anda harus memastikan mereka yang melihat presentasi Anda merasa tertarik dan akhirnya menawarkan kesempatan yang menguntungkan bagi Anda mencapai keberhasilan yang Anda inginkan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

5 langkah untuk mempersembahkan presentasi yang mampu memukau audiens Anda

Apakah yang membuat presentasi Anda tidak menarik perhatian dan terasa membosankan? Seberapa sering Anda akhirnya frustasi dengan hasil presentasi Anda? Berikut cara membuat presentasi yang memukau.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr