Bimbang? Sudahkah mendengar bisikan hati Anda?

Ketika kita cemas atau perlu mengambil keputusan penting, kadang-kadang kita perlu mendengarkan bisikan hati.

187 views   |   shares
  • Ketika kita cemas atau perlu mengambil keputusan penting, kadang-kadang kita perlu mendengarkan bisikan hati. Ini disebut juga insting atau naluri yang berasal dari genetik dan bukan kita pelajari dari pengalaman. Semua mahluk hidup mempunyai naluri, misalnya kura-kura laut yang baru menetas dari telur-telur yang dikubur di pantai oleh induknya, mereka akan masuk ke laut. Begitu juga anak kanguru yang baru lahir akan masuk ke kantong di perut induknya, karena dia tahu di situ dia akan aman dan mendapat makanan serta perlindungan dari segala mara bahaya.

  • Seorang ibu bila anaknya mengalami bahaya atau kesusahan akan merasakan itu dalam nalurinya, perasaan itu bukan telepati melainkan bisikan hati. Bahkan seekor induk anjing memiliki naluri yang sama, biasanya mereka bertambah galak sehabis melahirkan. Mereka akan menggigit bila melihat ada orang tak dikenal mendekati atau sekedar berjalan di dekat anak-anaknya. Mereka khawatir orang itu akan mengambil atau mencelakai anak-anaknya.

  • Seperti hewan, manusia memiliki naluri, perilaku yang berasal dari genetik yang memungkinkan kemampuan kita untuk menanggulangi tantangan lingkungan. Dua naluri lain, keserakahan dan keinginan untuk melahirkan keturunan, sekarang merupakan ancaman bagi kehidupan kita. Usaha apapun untuk mengendalikan naluri manusia selalu ditolak dan tidak disetujui. Jika kita tidak mengubah perilaku kita, peradaban kita akan punah.

  • Masalah kita mengandung beberapa unsur:

  • 1. Kita menciptakan sistem ekonomi dan sosial yang mendorong sikap serakah.

  • 2. Kita tidak mau mengakui betapa pesatnya perkembangan penduduk dunia.

  • 3. Sumber terbatas yang dimiliki bumi tidak dapat menghidupi manusia yang jumlahnya lebih dari 6,8 miliar dengan cara yang kita inginkan.

  • 4. Kita harus memilih antara jumlah dan mutu kehidupan manusia.

  • 5. Untuk mencegah kepunahan yang tidak dapat dihindari ini, kita tidak boleh lagi menunggu dan cuma bereaksi, sebaliknya kita harus pro aktif, melakukan sesuatu sebelum itu terjadi. Kita harus mencari cara untuk mengendalikan naluri manusia yang berbahaya itu, khususnya keserakahan dan dorongan untuk melahirkan keturunan.

  • Orang mempunyai naluri rasa takut kepada ular. Rasa takut itu berasal dari seringnya orang bertemu dengan ular yang kebanyakan berbahaya. Rasa takut ini menyelamatkan nyawa nenek moyang kita dan menjadi perilaku yang tertanam dalam-dalam, yang dikenal sebagai naluri. Begitu pula kita memiliki banyak naluri lain yang beradaptasi sepanjang sejarah manusia. Naluri manusia berkembang sejak dulu sewaktu kita hidup sebagai pemburu dan bernaung di tempat sederhana seperti goa.

  • Advertisement
  • Walau naluri itu beradaptasi sesuai kehidupan saat itu (sehingga memungkinkan kemampuan untuk bertahan hidup dan melahirkan keturunan), kebanyakan naluri itu tidak sesuai lagi dengan lingkungan hidup manusia modern. Bahkan sebagian naluri kita menjadi ancaman yang serius terhadap kelangsungan hidup kita. Marilah kita berfokus pada sikap tidak mau mengakui, keserakahan, dan melahirkan keturunan. Setiap usaha untuk mengendalikan perilaku manusia disambut dengan penolakan dan ketidak setujuan —namun kita sudah mencapai titik di mana tidak ada pilihan lain.

  • Jika kita memakai teori Darwin pilihan alam yang hanya menghargai satu hal: anak keturunan. Orang yang memiliki paling banyak keturunan akan lebih berkuasa di masa depan karena legasi merekalah yang akan bertahan. Karena itu menuruti bisikan hati atau naluri tidaklah selalu benar, kita harus mempertimbangkan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bimbang? Sudahkah mendengar bisikan hati Anda?

Ketika kita cemas atau perlu mengambil keputusan penting, kadang-kadang kita perlu mendengarkan bisikan hati.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr