Merasa minder dengan kondisi tubuh setelah melahirkan?

Yang menjadi masalah adalah, bagi seorang wanita, tampil cantik dan menarik sudah menjadi seperti identitas seorang wanita. Tetapi, perubahan fisik setelah melahirkan itulah yang menjadikan kebanyakan wanita sulit menerima dan menemukan solusinya.

742 views   |   4 shares
  • Tubuh seorang wanita memang akan mengalami perubahan yang besar setelah melahirkan, bahkan di saat mengandung pun, seorang wanita akan merasakan berbagai perubahan yang cukup signifikan pada tubuh mereka. Sebagian besar wanita cukup tertekan dengan kondisi ini, meskipun tidak sedikit juga yang berhasil mengembalikan kondisi tubuhnya seperti semula sebelum melahirkan.

  • Keadaan seperti ini tidak dapat dianggap remeh karena ternyata tekanan tersebut cukup memberikan pengaruh besar kepada kondisi kesehatan para wanita yang mengalaminya. Tekanan akibat ingin mengembalikan bentuk ideal tubuh dapat membuat stres yang berlebihan pada mereka.

  • Keinginan yang selalu ingin tampil menarik dan perubahan yang terjadi setelah melahirkan merupakan dua hal yang berbeda namun wajar sekali terjadi. Yang menjadi masalah adalah, bagi seorang wanita, tampil cantik dan menarik sudah menjadi seperti identitas seorang wanita. Tetapi, bagaimana berubahnya fisik setelah melahirkan tersebutlah yang kebanyakan wanita sulit untuk menerima dan menemukan solusinya.

  • Bagi para ibu yang baru saja melahirkan anaknya tentu sangat diharapkan pemahaman yang benar akan bagaimana hal tersebut wajar saja terjadi, dan tidak seharusnya dijadikan sebuah tekanan yang membuat mereka terus menerus berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan keadaan tubuhnya dengan diet ketat. Walaupun tidak sepenuhnya salah, dikhawatirkan kondisi tersebut menjadi tidak terkendali dan memberikan pengaruh yang tidak baik pada anak yang baru dilahirkan. Karena asupan gizi pada ibu masih sangat penting pascamelahirkan untuk memberikan ASI yang sangat dibutuhkan oleh anak.

  • Menurut Dr. Lisa Turner, wanita tidak harus merasa minder terhadap perubahan tubuh yang mereka alami. Spesialis di bidang perubahan dan evolusi manusia serta pakar di bidang pengembangan diri ini mengatakan, seorang wanita yang telah memiliki anak tetap dapat menjadi penuh percaya diri dengan beberapa cara, yaitu:

  • 1. Jangan bandingkan dengan bentuk tubuh sebelumnya

  • Tubuh seorang wanita sudah pasti akan berubah setelah melahirkan tetapi tidak pada fisiknya saja, secara hormonal dan biologis seorang wanita juga akan mengalami perubahan. Untuk itu diharapkan untuk tidak membandingkan dengan bentuk tubuh sebelumnya tetapi lebih berfokus terhadap hal positif yang sudah ada sehingga lebih dapat berpikir untuk memberikan nutrisi dan gizi yang terbaik pada tubuh dan buah hati.

  • Advertisement
  • 2. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

  • Menjadi diri sendiri adalah hal terpenting yang harus dimiliki pascamelahirkan. Membandingkan diri dengan orang lain yang kerap membuat diri merasa iri hanya akan membawa dampak negatif yang dapat merugikan si ibu dan juga pada buah hati.

  • 3. Tetap dapat tampil menarik

  • Perubahan yang terjadi tersebut tidak membuat ibu baru tidak dapat tampil menarik. Wanita selalu dapat tampil cantik dan menarik bagaimanapun bentuk tubuh mereka, dan memiliki anak adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri sebagai kelebihan. Dengan selalu berpikir positif seperti ini tentu akan membawa dampak yang baik.

  • 4. Menjaga kesehatan

  • Daripada terus menerus memikirkan untuk menemukan cara mengembalikan bentuk tubuh ke keadaan semula, akan jauh lebih bermanfaat jika ibu yang baru memiliki anak selalu menjaga kesehatannya agar selalu prima sehingga anak yang dilahirkan pun akan menerima asupan nutrisi yang baik dari ibunya. Selain itu, tubuh yang sehat juga sangat berpengaruh besar pada penampilan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Merasa minder dengan kondisi tubuh setelah melahirkan?

Yang menjadi masalah adalah, bagi seorang wanita, tampil cantik dan menarik sudah menjadi seperti identitas seorang wanita. Tetapi, perubahan fisik setelah melahirkan itulah yang menjadikan kebanyakan wanita sulit menerima dan menemukan solusinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr