Tenang saat menghadapi mual sepanjang masa kehamilan

Mual di trimester pertama kehamilan, atau biasa dikenal dengan istilah morning sickness, adalah hal yang umum dialami para wanita. Namun sebenarnya apa penyebabnya, dan bagaimana menanggulanginya?

1,131 views   |   8 shares
  • Merasa mual saat awal kehamilan, adalah hal yang wajar, dan dialami oleh hampir semua wanita. Menderita rasanya, apalagi mual kadang datang di situasi yang tak diduga. Bisa jadi, ingin sekali menyantap soto yang panas. Namun begitu makanan tiba, mencium aromanya saja rasanya perut bergejolak. Bahkan tidak sedikit wanita yang tak bisa membuka kulkas, karena aroma yang keluar, memancing mual.

  • Namun tahukah Anda, ternyata mual ini bisa menjadi tanda-tanda kehamilan yang sehat. Seperti dilansir dari CNN, sebuah studi terhadap lebih dari 2.400 perempuan hamil, mengungkapkan mual dan muntah selama trimester pertama terkait dengan penurunan risiko keguguran dini, terutama untuk perempuan usia 30 dan lebih tua.

  • Jadi, tak lama setelah telur dibuahi menempel pada lapisan rahim, tubuh perempuan mulai memproduksi hormon yang disebut Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Meski penyebab mual selama kehamilan belum dijelaskan pasti, mual biasanya terjadi ketika produksi HCG dimulai. Akibatnya, mual selama kehamilan mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami pendakian normal hormon kehamilan yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat.

  • Dilansir dari laman Mayo Clinic, teori lain menunjukkan bahwa mual selama kehamilan bermanfaat untuk: Mengurangi paparan janin terhadap zat berbahaya dalam diet ibu hamil; mendorong ibu hamil untuk makan makanan yang mengandung nutrisi tertentu, seperti yang kaya karbohidrat; dan meminta ibu hamil untuk menyesuaikan tingkat aktivitasnya untuk mendukung pertumbuhan jaringan ibu dan janin.

  • Tetapi, mual kadang-kadang dapat juga menjadi sinyal masalah. Misalnya, mual dan muntah dapat menunjukkan kehamilan molar - ketika plasenta berkembang menjadi massa kista abnormal - atau hyperemesis gravidarum, suatu kondisi yang menyebabkan perempuan hamil menurunkan berat badan dan cairan tubuh dan mungkin memerlukan pengobatan dengan cairan infus dan obat-obatan.

  • Andalah yang paling mengerti tubuh Anda sendiri. Jika merasa mual dan muntah menjadi berlebihan atau tak wajar, segera konsultasikan kepada dokter. Namun, jika terasa normal saja, mual bisa lho diatasi dengan beberapa jenis makanan.

  • Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, pakar gizi, untuk para ibu hamil yang masih mengalami rasa mual di awal kehamilan disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang kecil. Berikut daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi ibu hamil dan juga bisa mengurangi rasa mual ketika menyantapnya.

  • Brokoli

  • Selama kehamilan trimester pertama sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau karena kandungan seratnya dapat mencegah konstipasi selama kehamilan. Selain itu, brokoli juga mengandung folat, kalsium, lutein, zeaxantin dan karotenoid yang baik untuk untuk membantu perkembangan penglihatan janin dalam perut. Kalium yang terkandung dalam brokoli membantu menormalkan tekanan darah. Sajikan brokoli sebagai camilan atau dalam bentuk salad segar dengan merebusnya.

  • Advertisement
  • Yogurt

  • Yogurt mengandung protein, kalsium, vitamin B, dan seng. Bahkan, dipercaya kalsium dalam yogurt lebih tinggi dari susu. Untuk variasi kita bisa menambahkan yogurt pada potongan buah pisang dan kurma. Selain itu, kita juga bisa membuat smoothies dengan yogurt sehingga mengaburkan rasa mual. Bukan hanya sehat, makanan ini juga bisa menjauhkan kita dari mual.

  • Berries

  • Rasanya yang asam dan menyegarkan pasti akan membantu menghilangkan rasa mual. Mengonsumsi keluarga besar berry seperti buah stroberi, blueberry, dan raspberry setiap hari sangat disarankan untuk ibu hamil. Stroberi, blueberry dan raspberry kaya akan kandungan vitamin C, potassium, folat, serat dan antioksidan yang tinggi. Bahkan, kandungan phytonutrien dalam berry buah dipercaya dapat menjaga kerusakan sel tubuh ibu dan calon bayi. Tapi jangan lupa dicuci bersih dulu ya..

  • Daging

  • Daging merupakan sumber protein hewani yang baik, sumber vitamin B12, B6, dan niacin. Mengonsumsi daging dapat mencegah anemia selama kehamilan. Selain itu daging juga mengandung kolin yang akan membantu perkembangan janin.

  • Kacang-kacangan

  • Jenis makanan kacang-kacangan menjadi sumber protein, zat besi dan protein, zat besi dan folat, kalsium, dan seng. Mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan pada janin 3 bulan pertama. Anda bisa mengonsumsi kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai sebagai menu makanan selama hamil.

Bantu kami menyebarkan

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Tenang saat menghadapi mual sepanjang masa kehamilan

Mual di trimester pertama kehamilan, atau biasa dikenal dengan istilah morning sickness, adalah hal yang umum dialami para wanita. Namun sebenarnya apa penyebabnya, dan bagaimana menanggulanginya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr