Bingung mengapa Anda belum juga sukses mendapatkan pekerjaan? Mungkin ini penyebabnya

Bila Anda punya kualifikasi tetapi tak satu pun perusahaan yang memanggil Anda setelah sekian banyaknya surat lamaran yang Anda sebarkan, mungkin saja Anda memiliki kendala ini.

245 views   |   3 shares
  • Salah satu permasalahan yang dihadapi negara kita adalah tingginya angka pengangguran. Banyaknya pencari pekerjaan tidak sebanding dengan lahan pekerjaan yang dibutuhkan. Bahkan beberapa perusahaan akhirnya harus melakukan pengurangan karyawan untuk menstabilkan keadaan ekonomi perusahaannya.

  • Karena itu sekarang ini, perusahaan akan lebih selektif dalam menerima karyawan-karyawan baru. Gelar, latar belakang pendidikan, keahlian dan pengalaman yang dimiliki menjadi kualifikasi penting yang harus ditonjolkan agar perusahaan memilih Anda.

  • Namun bagaimana bila kualifikasi itu sudah Anda miliki tetapi tak satu pun perusahaan yang memanggil Anda setelah sekian banyaknya surat lamaran yang Anda sebarkan? Mungkin saja Anda memiliki kendala mengapa saat ini Anda belum juga sukses mendapatkan pekerjaan.

  • 1. Tidak "menjual diri"

  • Alasan utama perusahaan tidak memilih Anda untuk bergabung di perusahaan mereka karena Anda tidak "menjual diri", maksudnya Anda tidak dapat mempromosikan diri Anda agar terlihat unik dan lebih unggul dari pelamar lainnya. Perusahan mencari orang yang beda (tidak pasaran). Jika Anda mempunyai sesuatu yang spesial untuk ditonjolkan ketika melamar dan interview maka perusahaan akan memilih Anda.

  • 2. Kurang memperluas jaringan

  • Bukan tidak mungkin Anda memperoleh atau sampai mendapatkan pekerjaan karena bantuan atau informasi dari teman, kerabat atau keluarga Anda. Koneksi dengan berbagai macam orang penting. Yang pasti bertemanlah dengan orang yang membawa pengaruh positif bagi kehidupan Anda. Perluaslah networking Anda agar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar.

  • 3. Melamar yang bukan bidangnya

  • Salah satu kegagalan seseorang ditolak saat melamar pekerjaan, karena posisi yang dia inginkan tidak sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang dimilikinya. Misalnya, keahliannya dan background pendidikannya adalah otomotif, tapi dengan nekat mencoba melamar di bidang kesehatan. Tanpa keahlian atau pengalaman di bidangnya, perusahaan tentu akan berpikir seribu kali untuk menerima Anda.

  • 4. Surat lamaran dan CV kurang menarik

  • Mengapa surat lamaran dan CV merupakan bagian penting dari proses lamaran Anda? Karena dari situlah, perusahaan melihat kualifikasi dan potensi Anda. Jika tidak terlihat menarik dan tidak "menjual", surat lamaran yang Anda buat tidak berarti apa-apa. Cari tahu cara membuat surat lamaran dan CV yang baik, beda dan menarik agar perusahaan terkesan dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk ke tahap berikutnya.

  • Advertisement
  • 5. Tidak memiliki pengalaman kerja

  • IPK yang sempurna atau prestasi yang membanggakan tidak cukup membuat perusahaan terkesan dengan Anda. Jika Anda fresh graduate, pengalaman di luar akademis dan aktif dalam organisasi, bisa Anda jadikan bekal pengalaman Anda. Namun jika Anda pernah bekerja sebelumnya di perusahaan lain, itulah menjadi pengalaman kerja Anda. Perusahaan lebih memilih orang yang mempunyai pengalaman sebelumnya karena merekalah orang yang telah siap bekerja.

  • 6. Gagal dalam interview

  • Surat lamaran telah lulus seleksi, tes tulis juga telah lulus seleksi, lantas mengapa Anda harus mengalami kegagalan saat interview? Interview biasanya merupakan tahap akhir yang harus dilalui untuk bisa diterima bekerja. Di tahap inilah banyak orang yang gagal. Kegagalan tersebut bisa disebabkan karena informasi yang Anda berikan tidak sesuai dengan isi CV Anda, Anda terlalu bertele-tele/singkat dalam menjawab, kurang latihan, kurang informasi, tidak percaya diri, tidak jujur, dan tidak meyakinkan.

  • 7. Terlalu memilih-milih pekerjaan

  • Peluang sebenarnya sudah di depan mata, kesempatan untuk diterima juga ada. Tetapi karena Anda berpikir pekerjaan itu tidak cocok dengan Anda atau perusahaan tersebut tidak bergengsi akhirnya Anda mundur. Itulah yang membuat Anda tidak akan sukses mendapatkan pekerjaan. Tidak semua orang berhasil masuk pada perusahaan yang diinginkannya, tetapi banyak orang yang sukses di perusahaan yang dijalaninya. Anda tidak bisa memaksakan kehendak. Keberuntungan bisa terjadi di mana saja.

  • 8. Tidak cocok dengan gaji yang diberikan

  • Masalah gaji seringkali menjadi alasan terakhir Anda tidak mendapatkan pekerjaan. Ketika dihadapkan dengan pertanyaan "Jika Anda diterima bekerja, berapa gaji yang Anda inginkan?". Terkadang Anda terjebak untuk pertanyaan yang satu ini.

Bantu kami menyebarkan

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Bingung mengapa Anda belum juga sukses mendapatkan pekerjaan? Mungkin ini penyebabnya

Bila Anda punya kualifikasi tetapi tak satu pun perusahaan yang memanggil Anda setelah sekian banyaknya surat lamaran yang Anda sebarkan, mungkin saja Anda memiliki kendala ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr