Hati-hati! 'Cinta lama' bersemi kembali

Awas! Jangan sampai Anda terjebak pada cinta yang terlarang.

3,763 views   |   29 shares
  • Bukan tidak mungkin Anda adalah salah seorang yang memiliki sejarah cinta di masa lalu yang begitu indah dan membekas di hati. Dan setelah sekian lama mengubur semua kenangan itu, tiba-tiba Anda dihadapkan pada suatu kondisi di mana perasaan yang dulu itu kembali bersemi karena pertemuan yang disengaja ataupun tidak disengaja dengan seseorang yang spesial di masa lalu Anda.

  • Apakah perasaan itu salah? Tentu saja tidak. Hati tidak bisa berbohong walaupun bibir berkata lain. Yang Anda rasakan adalah CLBK (cinta lama bersemi kembali). Tak ada yang tahu perasaan itu muncul kembali, tak ada yang menginginkan cinta itu bersemi kembali. Tetapi Anda harus berpikir rasional dan mengesampingkan perasaan Anda sejenak. Jangan sampai cinta yang Anda rasakan kembali, menjadi malapetaka bagi hubungan Anda yang sekarang.

  • Permasalahannya jika CLBK terjadi saat Anda telah memiliki pasangan atau telah menikah dan berkeluarga. Terbukti, banyak kejadian, suami atau istri yang terjebak CLBK dengan mantannya setelah sekian tahun berpisah. Apalagi bila seseorang di masa lalu itu adalah orang yang sangat spesial. Tentu saja, kondisi tersebut harus segera diselesaikan agar tidak terjadi permasalahan yang berarti di kemudian hari karena CLBK bisa menjadi awal perselingkuhan. Jika dibiarkan, pernikahan dan keluarga bisa menjadi korbannya.

  • Oleh sebab itu, ketika suatu waktu Anda mengalami CLBK sedangkan status Anda menikah atau telah memiliki kekasih, Anda harus bisa menangani perasaan tersebut agar Anda tidak terjebak pada cinta yang terlarang.

  • 1. Sadari bahwa CLBK bukan hubungan masa depan

  • Layaknya muda-mudi yang sedang jatuh cinta seperti itulah perasaan CLBK. Ada rasa ketertarikan yang berbeda yang membuat hati Anda tidak menentu. Seperti ada cinta lain yang hadir di tengah-tengah hubungan Anda dan pasangan Anda sekarang. Bahkan getaran itu lebih kuat dari hubungan yang lalu. Tetapi sadarilah CLBK bukan hubungan masa depan. Pikirkanlah bahwa perasaan itu seharusnya hanya untuk pasangan Anda.

  • 2. Lepaskan semua memori di otak Anda

  • Tentu saja saat CLBK memori yang teringat adalah semua kenangan antara Anda dan dia (mantan). Anda tidak bisa melarang otak Anda untuk berhenti memikirkan semua memori indah Anda dengannya. Tetapi, lepaskanlah semua ingatan Anda tentangnya termasuk rasa cinta bahkan juga rasa benci. Ingatlah bahwa Anda dan dia tidak ditakdirkan bersama.

  • 3. Fokus pada hubungan yang ada

  • Ketika Anda mampu mengalihkan pikiran dan fokus Anda pada suami/istri Anda, pada anak-anak dan rumah tangga Anda, maka Anda tidak mudah tergoda pada buaian indahnya CLBK. Pertahanan yang paling kuat adalah diri Anda sendiri. Ketika Anda salah melangkah dan memberi peluang untuk cinta yang lain, maka Anda akan sulit keluar dari perasaan tersebut. Fokuslah pada hubungan yang sedang Anda jalani. Masih banyak cinta yang akan Anda rasakan bersama keluarga Anda.

  • Advertisement
  • 4. Putuskan hubungan

  • Cara terakhir menghadapi CLBK adalah memutuskan hubungan dengannya dalam bentuk apa pun. Anggap saja pertemuan yang sempat terjadi adalah pertemuan yang tidak disengaja. Buang jauh-jauh apa saja yang berhubungan dengan dia. Hapus pertemanan Anda dengannya di media sosial. Tak usah membuat janji untuk bertemu lagi. Berusaha untuk menghindarinya dan jangan memberi kesempatan padanya bahkan pada diri Anda sendiri untuk saling mencari lagi. Kebahagiaan Anda bukan bersama dia.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Hati-hati! 'Cinta lama' bersemi kembali

Awas! Jangan sampai Anda terjebak pada cinta yang terlarang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr