7 Hal Utama yang Perlu Anda Ketahui tentang Sekolah Menengah

Apakah Anda mengalami tantangan dalam mengasuh anak usia sekolah menengah untuk pertama kali?

1,971 views   |   shares
  • Apakah ini merupakan pengalaman pertama Anda sebagai orang tua dari anak berusia sekolah menengah? Sekolah menengah dapat menggembirakan dan pemicu ketakutan. Anda mungkin kaget akan seluruh cobaan yang sedang dihadapi oleh anak remaja Anda. Hal itu dapat pula menjadi cobaan bagi orang tua. Ini adalah beberapa saran untuk membantu Anda menjalaninya.

  • 1. Keteraturan

  • Sekolah menengah sering kali menjadi pengalaman pertama bagi murid-murid untuk tetap teratur. Perubahan ruang kelas, mengatur buku, ganti baju untuk pelajaran olahraga, serta meningkatnya jumlah pekerjaan rumah dapat menjadi sulit bagi sebagian orang, dan benar-benar membuat kewalahan bagi murid lainnya. Bersabarlah, bukankah Anda punya lemari sampah di rumah?

  • 2. Hubungan

  • Hubungan yang dibentuk dari sekolah dasar mulai berubah di sekolah menengah. Anak usia belasan dan remaja mulai menggunakan lebih banyak kecermatan dalam memilih teman dan kegiatan mereka. Anak laki-laki akan menjadi tertarik dalam kegiatan selain bermain bola bersama teman-temannya di waktu libur. Anak-anak perempuan mulai tertarik pada anak laki-laki. Pilihan tentang cara menghabiskan waktu luang mereka, dan dengan siapa mereka menghabiskannya dapat menjadi beban pikiran bagi anak-anak sekolah. Teman terbaik putri Anda dapat saja mencuri laki-laki yang putri Anda taksir pada minggu itu dan kemudian meminta pertolongan pada putri Anda untuk memutuskan hubungan dengan laki-laki yang sama pada minggu berikutnya.

  • 3. Perubahan pada bentuk tubuh

  • Anak-anak usia sekolah menengah berubah sangat cepat dalam hal bentuk dan ukuran tubuh. Anak-anak sekolah sadar betul tentang bagaimana mereka lebih besar dari orang lain secara fisik. Seorang anak kelas enam yang berbobot 35 kg mungkin saja diintimidasi atau bahkan takut kepada seorang anak kelas dua SMP yang mulai berkumis dan berotot. Anak-anak perempuan juga ingin terlihat sebagai seorang wanita atau mereka mencemaskan perubahan fisik yang dapat menarik perhatian. Keterlibatan dalam atletik dapat membantu. Doronglah anak-anak Anda untuk ikut serta kemudian datanglah untuk menyemangati mereka. Bahkan kekalahan yang mengecewakan dapat diringankan dengan tanda-tanda pemahaman dan orang tua yang senang.

  • 4. Emosi

  • Perubahan-perubahan bentuk tubuh ini juga disertai dengan tantangan emosi. Jangan kaget anak gadis Anda yang dulu bertemperamen biasa-biasa saja tiba-tiba menangis untuk hal-hal yang Anda anggap tidak menjadi persoalan. Bersabarlah. Dia juga mungkin tidak tahu alasannya dia menangis. Anak-anak lelaki mungkin juga akan tampak bereaksi secara tidak masuk akal. Cobalah untuk mengenali di mana mereka lebih cocok untuk bergaul secara sosial, anak-anak usia sekolah menengah mungkin merasa terperangkap di tengah-tengah, “Saya bukan anak SD lagi, namun saya juga belum dewasa.” Emosi mereka berusaha untuk menyesuaikan diri dengan otak dan perubahan tubuh mereka. Suatu saat mereka membutuhkan orang tua mereka, setelah itu mereka tidak dapat sepaham dengan mereka. Hal tersebut dapat menjadi kesulitan bagi siapa saja.

  • Advertisement
  • 5. Teknologi

  • Kaum muda zaman sekarang menghadapi tantangan yang dahulu tidak dihadapi oleh orang tua mereka. Mereka penasaran dan memiliki akses terhadap banyak informasi. Beberapa di antaranya berguna dan beberapa tidak benar. Pastikan untuk mengomunikasikan nilai-nilai Anda tentang seks, narkoba, dan alkohol kepada anak-anak Anda. Media sosial dan ruang-ruang obrolan di internet dapat menyenangkan dan menghibur, meskipun demikian hal-hal tersebut juga merupakan tempat bagi intimidasi. Rumor yang dahulu perlu berhari-hari untuk berkembang, menyebar secepat kilat melalui internet. Tempatkanlah akses-akses terhadap internet di tempat yang terbuka dalam rumah Anda agar dapat memantau, baik untuk menolong anak Anda untuk hal-hal yang bersifat intimidasi maupun untuk memantau kegiatan lainnya seperti musik, video, serta pemangsa potensial.

  • 6. Rumah seharusnya menjadi tempat berlindung

  • Bila rumah Anda tidak menjadi tempat berlindung, perbaikilah. Anak Anda sedang menghadapi begitu banyak perubahan fisik, emosi, dan sosial sehingga mereka memerlukan keteguhan. Suasana rumah tangga yang stabil tempat mereka merasa aman dan pasti dapat menjadi sesuatu yang dapat menolong mereka melewati masa-masa yang penuh tantangan ini.

  • 7. Bersenang-senang

  • Ada kalanya hal itu terasa bagai di namun hal itu tidak bertahan lama, dan mungkin menyenangkan. Ingatlah untuk meluangkan waktu menikmati kehidupan bersama anak-anak remaja Anda. Tahapan yang tidak menyenangkan dan agak aneh ini tidak akan selamanya. Segera dia akan mengendarai mobil dan semakin mandiri dan lepas dari genggaman Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Top 7 things you should know about middle school” karya Carol M. Green.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Carol M. Green runs to stay healthy enough to enjoy her children and grandchildren. She lives in rural Idaho and loves the country life. Visit her blog at http://carolmgreen.blogspot.com/

7 Hal Utama yang Perlu Anda Ketahui tentang Sekolah Menengah

Apakah Anda mengalami tantangan dalam mengasuh anak usia sekolah menengah untuk pertama kali?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr