7 kunci untuk kecantikan bersinar yang kerap dilupakan kebanyakan wanita

Kecantikan alami adalah anugerah yang terpelihara ketika Anda mensyukurinya melalui gaya hidup yang sehat. Ikuti 7 kunci menuju kecantikan yang tak lekang oleh waktu.

5,346 views   |   6 shares
  • Dambaan setiap wanita adalah memiliki tampilan segar dan awet muda. Kulit yang bersinar dan bebas masalah, terlihat lebih muda dari usia sebenarnya, adalah mimpi indah yang begitu dinanti untuk menjadi nyata. Sayangnya, tanpa komitmen dan disiplin, keberhasilan tentu sulit diraih. Banyak kebiasaan buruk yang akhirnya dilakukan dan berdampak negatif bagi kecantikan alami. Ikuti 7 kunci untuk cantik bersinar yang biasanya dilalaikan oleh kebanyakan kaum Hawa.

  • 1. Air mineral sebagai minuman utama

  • Terbiasa untuk mencoba berbagai minuman kemasan, membuat lidah berasa asing ketika meneguk air mineral dalam jumlah banyak. Tak ada rasa, tak menyenangkan, begitu pikir Anda. Padahal, air sebagai salah satu penyusun utama tubuh, berperan vital dalam kehidupan. Termasuk menjaga penampilan Anda selalu prima. Dr. Katherine Price, seorang ahli akupuntur, menjabarkan 15 manfaat air bagi yang menjadi alasan kuat bagi Anda untuk mengonsumsinya sesuai kebutuhan, yaitu setidaknya 2 liter sehari. Bagi kulit, kecukupan air akan menghidrasi kulit, menjadikannya elastis atau kenyal secara optimal. Selain itu, cukup cairan akan mempertahankan konsentrasi dan menjaga mood Anda dalam keadaan baik. Racun-racun dalam tubuh pun akan tereliminasi dengan lancar dan cahaya pada wajah serta tubuh sehat Anda akan terpancar sempurna.

  • 2. Mengudap buah dan sayuran segar

  • Sebagai pecinta makanan manis, Anda berpendapat bahwa kudapan manis berkisar pada cokelat, permen, es krim, dan hidangan pencuci mulut populer lainnya. Padahal, rasa beragam juga dapat Anda temukan pada buah dan sayuran segar. Mengonsumsi buah dan sayuran segar sebagai kudapan, bermanfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan alami Anda. Buah dan sayuran segar kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang akan membantu menangkal aksi radikal bebas. Radikal bebas ini adalah pemicu munculnya kanker, kerusakan kulit, dan tubuh secara umum. Beberapa zat gizi yang disarankan oleh BBC Good Food untuk menjadikan kulit sehat bersinar di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, selenium, zink, omega 3, dan fitoestrogen.

  • Advertisement
  • 3. Menyederhanakan proses memasak

  • Menyiapkan bahan makanan yang tepat ternyata tidak cukup untuk menyajikan hidangan sehat yang akan bermanfaat besar bagi kulit dan tubuh Anda. Anda perlu memilih teknik memasak yang tepat supaya zat-zat gizi yang terkandung dalam bahan makanan Anda tidak hilang percuma atau rusak karena pengolahan yang tidak tepat. Merebus, mengukus, poaching, tumis tanpa minyak atau dengan minyak nabati sehat jauh lebih baik daripada menggoreng dengan minyak kaya lemak trans. Lemak trans ini akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan radikal bebas, akibatnya masalah-masalah kulit seperti jerawat, keriput, dan bintik-bintik hitam pada kulit mudah muncul di wajah Anda. Inilah mengapa wanita Jepang yang gemar menyantap hidangan yang tidak banyak diproses, memiliki kulit bersinar dan awet muda serta umur panjang.

  • 4. Rutin berolahraga

  • Berolahraga dengan tepat adalah sarana perbaikan kesehatan kulit, begitu kata Audrey Kunin, seorang dermatologis. Saat berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan keringat menyapu kotoran dan minyak yang terperangkap pada kulit. Manfaat lain, aliran darah yang lebih lancar kala berolahraga akan mengalirkan lebih banyak nutrien-nutrien. Efeknya, fibroblas atau sel-sel yang memproduksi kolagen pada kulit akan bekerja lebih efektif menjaga kekenyalan kulit dan menghambat munculnya keriput. Ingatlah selallu untuk menjaga kebersihan kulit pasca berolahraga untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu yang dapat membuat kulit kotor, kusam, dan berjerawat.

  • 5. Melakukan deep cleansing

  • Mengenyahkan kotoran, toksin, dan segala penyumbat pori-pori kulit adalah hal wajib untuk menciptakan kulit bercahaya dengan sehat. Kikis sel-sel kulit yang telah rusak atau mati dengan melakukan exfoliating. Bersihkan wajah usai beraktivitas dengan langkah-langkah permbersihan paripurna, tidak cukup dengan air dan sabun muka saja. Gunakan masker wajah setidaknya seminggu sekali. Anda dapat membuat masker homemade dari bahan-bahan segar dan alami yang memiliki khasiat besar bagi kulit Anda.

  • Advertisement
  • 6. Meminimalkan riasan wajah

  • Terobosan besar dilakukan oleh seorang diva ternama. Alicia Keys memutuskan untuk tampil no make-up sebagai upayanya menampilkan kecantikan alami tanpa polesan wajah berlapis-lapis. Anda juga dapat mengambil sedikit inspirasi dari aksi ini, dengan meminimalkan riasan wajah untuk memberi kesempatan kulit Anda 'bernapas' lebih lapang. Pilihlah produk rias wajah yang mengandung bahan-bahan yang bersahabat bagi kulit, misalnya vitamin C yang kaya antioksidan, tidak mengandung bahan pengawet tertentu seperti golongan paraben, tanpa parfum yang rawan mengiritasi, atau secara sederhana, Anda dapat mencari merek kosmetik organik yang kini sedang hits.

  • 7. Optimis dan berpikir positif

  • Kunci sukses umur panjang dan hidup bahagia, kembali kepada pikiran yang positif. Optimisme dalam menjalani hidup rupanya memperpanjang umur dan memperlambat sakit serta kematian. Setidaknya, ini yang tergambar dalam studi yang dipublikasikan pada American Journal of Epidemioogy. Salah satu peneliti, Eric Kim, menyatakan kemungkinan bahwa pikiran positif berdampak kepada fungsi biologis tubuh dengan meningkatkan daya tahan alami tubuh dan mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Hadapi masalah yang menantang Anda di depan, siapkan rencana matang untuk masa depan Anda, dan singkirkan kecemasan akan ketidakpastian. Dengan sendirinya, Anda pun akan memiliki hubungan sosial yang lebih baik dan mendapatkan dukungan moril dari orang-orang yang terpengaruh oleh aura bersinar yang Anda miliki.

  • Kecantikan alami adalah anugerah yang terpelihara ketika Anda mensyukurinya melalui gaya hidup yang sehat. Berusahalah untuk meraihnya dengan kebiasaan yang Anda mulai sejak dini dan dilakukan secara disiplin. Selamat menyinari dunia dengan pancaran cantik awet muda Anda.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

7 kunci untuk kecantikan bersinar yang kerap dilupakan kebanyakan wanita

Kecantikan alami adalah anugerah yang terpelihara ketika Anda mensyukurinya melalui gaya hidup yang sehat. Ikuti 7 kunci menuju kecantikan yang tak lekang oleh waktu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr