Bagaimana mempertahankan resolusi Anda di tahun ini?

Mudah untuk membuat resolusi tahun baru, yang sulit ialah mempertahankan resolusi itu sepanjang tahun.

90 views   |   2 shares
  • Halo, tidak terasa tahun 2017 sudah berjalan hampir memasuki bulan ke-4. Bagaimana dengan daftar resolusi Anda?

  • Memang, sangatlah mudah untuk membuat resolusi tahun baru, tetapi yang sulit ialah mempertahankan resolusi itu sepanjang tahun. Khususnya bila tekad itu dibuat hanya untuk ikut-ikutan memeriahkan akhir tahun. Seperti yang kita ketahui di awal tahun tempat-tempat olahraga atau gym banyak "diserbu" orang yang bertekad untuk mengurangi berat badan atau menambah kebugaran tubuh. Begitu bulan Januari berlalu, para pengunjung gym makin menipis seperti daun yang berjatuhan di musim gugur. Lalu bagaimana mempertahankan resolusi Anda sampai akhir tahun berikutnya? Di bawah ini ada beberapa petunjuk yang bermanfaat untuk mempertahankan tekad tahun baru Anda:

  • Memilih tekad yang tepat

  • Seperti dikatakan di atas jika tekad yang dibuat hanyalah untuk ikut-ikutan memeriahkan akhir tahun, tekad itu akan mati di tengah jalan. Karena itu pilihlah tekad yang benar-benar sesuai bagi Anda. Misalnya, Anda menyadari bahwa kuliah Anda sudah Anda abaikan untuk beberapa waktu, karena itu Anda bertekad untuk menyelesaikannya tahun ini. Anda memilih inilah resolusi akhir tahun baru Anda.

  • Tetap mengarahkan tujuan ke tekad Anda

  • Jangan pernah melalaikan tekad Anda, karena Anda mungkin berpikir "ah, hanya untuk seminggu saja," sebelum Anda sadar sebulan sudah lewat. Buatlah poster atau stiker-stiker untuk mengingatkan Anda kepada tekad Anda. Misalnya pasanglah poster di pintu kamar tidur Anda yang bergambar toga dan topi sarjana dengan tulisan "Sarjana di akhir tahun", ''raihlah cita-citamu setinggi bintang", atau stiker-stiker yang menempel di kulkas bertuliskan "satu semester lagi", "Dengan tekad baja apapun dapat dicapai", dan "tidak ada yang mustahil bersamaNya".

  • Mencari teman-teman setujuan

  • Bila Anda dapat membentuk kelompok yang terdiri dari orang-orang dengan tekad yang sama, Anda dapat saling mendukung untuk mencapai tujuan Anda bersama. Anda tidak akan merasa sendiri dalam jerih payah Anda untuk meraih cita-cita Anda. Anda dapat belajar bersama, saling berbagi pengalaman, menolak tantangan yang mungkin menggagalkan cita-cita Anda.

  • Memberi penghargaan

  • Janganlah hanya belajar dan belajar, tentu itu membosankan. Bila Anda menyelesaikan satu semester misalnya, rayakanlah "kemenangan" itu. Pergilah menonton konser, berkencan, menonton bioskop, ke restoran favorit Anda. Jika ada teman sekelompok Anda yang mencapai kemenangan yang serupa, Anda dapat merayakannya bersama-sama. Dengan demikian Anda memiliki sesuatu menyenangkan yang Anda tunggu-tunggu kedatangannya. Bukan hanya bersusah payah meraih tekad Anda yang mungkin dapat terasa membosankan.

  • Advertisement
  • Tambahkan motivasi lain

  • Selain tekad Anda Anda dapat menambahkan motivasi untuk lebih mendorong Anda meraih tekad itu. Misalnya, pikiran-pikiran seperti "Sesudah lulus aku akan mencari pekerjaan yang bagus dan membantu membiayai sekolah adik-adikku" atau "Ibu tidak perlu lagi bersusah payah menjahit baju, aku akan ganti memikul biaya hidupnya". Motivasi ini akan lebih memberi dorongan terhadap tekad Anda.

  • Mungkin menyelesaikan kuliah bukanlah tekad Anda, tekad Anda adalah menjadi ayah yang lebih baik. Anda dapat menerapkan petunjuk di atas untuk tekad apa pun yang Anda miliki. Misalnya, untuk menjadi ayah yang baik Anda dapat saja menemukan beberapa ayah yang bertekad serupa dan saling bertukar pikiran dengan mereka serta saling memberi dukungan. Anda dapat menambahkan motivasi seperti supaya anak-anak Anda lebih dekat dengan Anda atau istri Anda lebih bahagia.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana mempertahankan resolusi Anda di tahun ini?

Mudah untuk membuat resolusi tahun baru, yang sulit ialah mempertahankan resolusi itu sepanjang tahun.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr