Akhir pekan tiba! Film apa ya yang aman untuk ditonton anak-anak?

Pengaruh buruk dari menonton televisi juga harus diwaspadai

132 views   |   2 shares
  • Kita tidak dapat membiarkan anak-anak menonton film apa saja yang ada di televisi karena film itu dapat saja memberi pengaruh buruk kepada mereka. Misalnya bila mereka menonton film horor, mereka akan merasa ketakutan karena akan ada monster atau setan yang akan mengganggu mereka. Akibatnya mereka takut tidur di kamarnya sendiri. Jadi film apa yang pantas ditonton anak-anak?

  • Film kartun

  • Anak-anak menyukai film kartun karena gambar-gambarnya menarik, ceritanya mudah dicerna dan seringkali kocak. Film ini cocok bagi anak-anak karena pada umumnya tidak mengandung adegan yang menunjukkan kekerasan, seks atau horor.

  • Film Disney

  • Film-film yang diproduksi Disney umumnya cocok untuk ditonton anak-anak karena mengandung pelajaran yang baik. Ada juga film yang mereka kategorikan PG (parent guide) yang memerlukan bimbingan orangtua untuk lebih memahami ceritanya. Misalnya cerita tentang tukang sihir yang jahat, Anda mungkin perlu menjelaskan bahwa kejahatan tidak akan pernah menang. Dalam dongeng tersebut si tokoh mungkin dikalahkan atau dicelakai oleh si tukang sihir untuk sementara waktu, namun pada akhirnya si tokoh akan mengalahkannya.

  • Film anak-anak

  • Tidak selalu film anak-anak berbentuk kartun atau animasi, bisa juga diperankan oleh orang. Banyak film anak-anak seperti ini yang cocok dan bagus untuk ditonton oleh mereka. Salah satu contohnya ialah Little Boy di mana diceritakan tentang seorang anak lelaki yang beriman begitu besar sehingga dapat memindahkan gunung dan membawa ayahnya pulang dari medan perang dengan selamat.

  • Cerita seperti ini selain menarik bagi orang dewasa juga menyenangkan untuk ditonton oleh anak-anak. Mereka dapat menyamakan diri seperti anak kecil itu dan memahami pengalamannya. Film ini juga memberi inspirasi bagi anak-anak untuk beriman dan percaya kepada Tuhannya. Cerita seperti ini dapat memberi pelajaran kepada anak-anak, menjadi teladan bagi mereka.

  • Kartun populer

  • Kartun lokal yang pernah populer di negeri kita seperti si Unyil memberi anak-anak hiburan dan pelajaran tersembunyi. Betapa anak-anak mengenal dengan baik Pak Raden, Pak Ogah seolah-olah mereka orang yang benar-benar ada dan mereka mengenalnya dengan baik. Begitu pula Dora Emon, putra penulis yang sudah berusia kepala 3 bahkan masih ingat betapa dia selalu menonton kartun ini semasa kecil. Dia masih bisa menontonnya di Youtube film kartun kesayangannya ini dan menunjukkannya kepada anak-anaknya sekarang.

  • Begitu banyak film anak-anak yang ada sehingga kadang-kadang sulit untuk memilih mana yang baik dan cocok untuk anak-anak Anda. Tetapi sebagai orangtua adalah kewajiban kita untuk memilih dan menyaring film mana yang baik. Jangan biarkan mereka menonton sesuka hati film yang ada di televisi maupun bioskop.

  • Advertisement
  • Menurut sebuah penelitian, anak-anak berusia 8 tahun tetap menyimpan 3 dari 5 hal yang dilihat orangtuanya di film. Mereka dapat mengingatnya 3 bulan sesudah mereka menonton adegan itu. Anak-anak menganggap benar apa yang terjadi di film. Adegan yang paling mereka ingat dalam film ialah adegan sport, perkelahian, dan kejahatan. Karena itu pengaruh film-film 17 tahun ke atas terhadap anak-anak tidaklah baik. Film-film yang buruk juga memengaruhi saat tidur bagi anak-anak. Menurut penelitian yang sama anak-anak itu akan mengalami gangguan seakan-akan mereka tidur tengah malam.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Akhir pekan tiba! Film apa ya yang aman untuk ditonton anak-anak?

Pengaruh buruk dari menonton televisi juga harus diwaspadai
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr