Sadarkah Anda ketika terlampau sering mengesampingkan pendapat orang lain?

Ketika kita mencoba mengerjakan sesuatu yang penting, janganlah mengesampingkan pendapat orang lain.

118 views   |   1 shares
  • Ketika kita mencoba mengerjakan sesuatu yang penting, janganlah mengesampingkan pendapat orang lain. Misalnya orangtua menasihati Anda supaya belajar sungguh-sungguh karena ujian akhir sudah dekat, janganlah mengabaikan nasihat itu, karena semua itu adalah untuk kebaikan Anda sendiri. Bagaimana kita menyaring pendapat yang diberikan orang lain, mana yang bermanfaat, mana yang tidak.

  • Siapa orang itu

  • Mungkin ini yang terpenting, siapa orang yang memberi nasihat kepada Anda. Orang tua? Mereka menginginkan yang terbaik buat Anda. Percayalah mereka tidak akan memberikan pendapat hanya untuk menjengkelkan atau membuat Anda marah. Tetapi sayangnya hal itulah yang pertama-tama muncul di benak Anda bila orangtua menasihati Anda. Anda merasa sudah dewasa, bukan anak kecil lagi, jadi Anda tidak membutuhkan nasihat mereka. Anggapan ini sungguh keliru. Bila ada orang di dunia ini yang paling peduli terhadap kesejahteraan Anda, itu adalah orangtua Anda.

  • Mereka tidak pernah bermaksud membuat Anda kesal atau marah. Dengarkan nasihat mereka, hargai pendapat mereka. Sebagai manusia tentu saja selalu ada kemungkinan mereka berbuat salah. Misalnya mereka salah mengerti tentang tujuan Anda dan mengritiknya. Tetapi Anda dapat menjelaskan sebaik mungkin dan menghilangkan kesalahpahaman itu.

  • Pendapat sahabat Anda

  • Jika sahabat karib Anda memberi pendapat, Anda mungkin tidak akan merasa penolakan seperti yang Anda rasakan bila orangtua Anda yang memberi nasihat atau pendapat. Karena mendapat nasihat dari orangtua Anda merasa Anda kembali ke masa kecil. Sahabat Anda mungkin sebaya dengan Anda dan memahami keadaan Anda, karena itu Anda merasa lebih nyaman mendengarkan pendapatnya. Dan Anda benar, dia peduli akan kesejahteraan Anda sebagai sahabat yang baik. Pendapatnya akan mendukung apapun yang sedang Anda kerjakan.

  • Pendapat orang lain

  • Jika pendapat itu Anda peroleh dari orang yang tidak begitu Anda kenal, Anda berhak meragukannya. Mungkin dia tidak ingin Anda berhasil karena itu akan merugikannya. Anda harus melihat motifnya dalam memberikan pendapat itu. Jika kecurigaan Anda terbukti bahwa sebetulnya dia adalah saingan Anda, sebaiknya Anda kesampingkan pendapatnya. Pendapatnya mungkin bertujuan untuk menjatuhkan Anda, karena itu Anda harus berhati-hati.

  • Bila Anda menerima pendapat dari seorang yang Anda kenal namun Anda tidak yakin apakah niatnya baik atau buruk, bagaimana Anda tahu bahwa pendapatnya bermanfaat atau merugikan bagi Anda. Anda dapat mempertimbangkan apa yang akan terjadi bila Anda menjalankan pendapatnya atau sebaliknya. Mungkin sulit untuk menentukan tentang hal itu. Nah, Anda masih dapat meminta pendapat orang yang lebih dapat dipercaya. Orang itu dapat menilai pertimbangan Anda dan juga pendapat yang diberikan orang yang sebelumnya.

  • Advertisement
  • Mengapa Anda perlu mempertimbangkan pendapat orang lain?

  • Bukan karena Anda kurang berpengalaman atau karena pendapat Anda berasal dari pikiran yang sempit. Melainkan Anda memperkaya pengetahuan Anda dengan menerima pendapat orang lain. Anda mungkin menganggap pendapat orangtua Anda sebagai petuah yang tidak cocok lagi karena Anda sudah dewasa. Namun itu berarti Anda tidak mengindahkan pendapat orang yang paling memerhatikan Anda. Cobalah memahami perasaan dan alasan mereka dalam memberikan pendapat atau nasihat kepada Anda. Hargailah nasihat mereka seperti Anda menghargai nasihat sahabat karib Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sadarkah Anda ketika terlampau sering mengesampingkan pendapat orang lain?

Ketika kita mencoba mengerjakan sesuatu yang penting, janganlah mengesampingkan pendapat orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr