Cara menguasai amarah saat bertengkar dengan pasangan

Saat situasi semakin memanas, emosi Anda seringkali ikut memanas. Kesulitan untuk mengontrol diri akhirnya membuat pasangan Anda tersakiti oleh luapan emosi Anda.Berikut cara yang dapat Anda coba untuk menguasai amarah saat bertengkar dengan pasangan

2,040 views   |   16 shares
  • Dalam menjalani hubungan, seringkali Anda dihadapkan pada keadaan di mana Anda dan pasangan mengalami ketidaksamaan pandangan, kesalahpahaman, perbedaan pendapat atau ketidakcocokan lainnya penyebab timbulnya pertengkaran. Hal yang wajar memang bila pertengkaran itu terjadi. Hubungan sepasang kekasih maupun hubungan suami istri tidak selamanya berjalan mulus. Perselisihan yang terjadi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu hubungan. Jelas saja, dua kepala, dua pemikiran, dua pandangan dan tidak selamanya sejalan.

  • Pertengkaran yang terjadi jelas saja akan menimbulkan amarah, emosi dan rasa kecewa. Sudah dipastikan hampir semua orang yang terjebak dalam suatu pertengkaran terlebih lagi pertengkaran yang serius, emosinya sulit dikendalikan. Luapan kekecewaan, dan perasaan yang tersakiti mendorong seseorang untuk akhirnya mengeluarkan respons untuk melakukan perlawanan dengan sikap penuh amarah.

  • Saat situasi semakin memanas, emosi Anda seringkali ikut memanas. Kesulitan untuk mengontrol diri akhirnya membuat pasangan Anda tersakiti oleh luapan emosi Anda. Sebenarnya, masalah yang timbul tidak harus diselesaikan dengan pertengkaran dan amarah. Namun, dalam beberapa kondisi, seseorang akan mudah terbakar amarah ketika masalah datang.

  • Berikut cara yang dapat Anda coba untuk menguasai amarah saat bertengkar dengan pasangan. Ada 5 cara untuk mengekspresikan amarah Anda dengan lebih baik tanpa harus menyakiti pasangan Anda.

  • 1. Kontrol dan jaga perkataan

  • Dalam keadaan marah, yang paling susah untuk Anda kendalikan pasti tutur kata Anda. Seringkali amarah yang menggebu-gebu, membuat Anda lepas kendali dan tidak mengontrol ucapan dan nada bicara Anda. Anda tidak lagi menjaga perasaan pasangan Anda dengan kata-kata yang baik. Bahkan terkadang, Anda mengeluarkan kata-kata yang kotor, menghina, merendahkan dan menyakitkan. Jangan sampai sepenggal perkataan Anda menghancurkan hati pasangan Anda bertahun-tahun. Semarah-marahnya Anda, cobalah untuk selalu mengontrol ucapan Anda.

  • 2. Tenangkan diri sejenak

  • Ketika tidak ada yang mau mengalah, maka pertengkaran itu akan berlarut-larut. Emosi pun semakin sulit untuk reda. Jika amarah itu tak kunjung reda, belajarlah untuk mengalah. Tenangkanlah diri Anda sejenak. Buang semua rasa kesal yang masih Anda rasakan. Berikan kesempatan untuk Anda menenangkan diri dan merenung bahwa amarah tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Anda bisa menghindar darinya untuk sementara waktu.

  • Advertisement
  • 3. Berikan waktu pada pasangan untuk bicara

  • Terlepas dari siapa yang salah dan siapa yang memjadi korban dari pertengkaran yang terjadi. Cobalah untuk memberi kesempatan pada pasangan untuk bicara dan menjelaskan pendapatnya. Meskipun mungkin pernyataan menyudutkan Anda atau tidak sesuai dengan kenyataannya. Belajarlah untuk menerimanya.

  • 4. Ingatlah komitmen awal Anda

  • Pertengkaran hebat biasanya akan membuat Anda terbelenggu amarah yang mendalam dan merasa sangat membenci pasangan Anda. Seakan-akan dia adalah pasangan terburuk. Tetapi, apa pun keadaannya, ingatlah bahwa dialah yang Anda pilih dari sekian banyaknya pasangan. Ingatlah komitmen awal hubungan Anda. Bagaimana Anda awalnya saling mencintai. Percayalah, ingatan tersebut akan menguasai amarah Anda perlahan-lahan.

  • 5. Cari tempat pelampiasan lain

  • Amarah harus dikendalikan agar tidak berdampak buruk bagi diri Anda sendiri. Jika Anda sendiri tidak dapat menguasainya, maka batin Anda yang akan terluka. Tuangkan kekesalan pada hal positif. Anda bisa mencari tempat pelampiasan lain tanpa harus berteriak-teriak di depan pasangan Anda atau marah-marah tidak jelas, misalnya dengan berjalan-jalan, berolahraga, atau curhat dengan sahabat.

  • Menguasai amarah saat bertengkar dengan pasangan Anda pasti tidaklah mudah. Namun, Anda harus berusaha agar amarah itu tidak membabibutakan pikiran dan sikap Anda yang dapat menyakiti bahkan melukai pasangan Anda baik secara batin maupun fisiknya. Jika Anda tidak bisa menguasai amarah, akan fatal akibatnya bagi kelangsungan hubungan Anda.

Bantu kami menyebarkan

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Cara menguasai amarah saat bertengkar dengan pasangan

Saat situasi semakin memanas, emosi Anda seringkali ikut memanas. Kesulitan untuk mengontrol diri akhirnya membuat pasangan Anda tersakiti oleh luapan emosi Anda.Berikut cara yang dapat Anda coba untuk menguasai amarah saat bertengkar dengan pasangan
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr