Apa manfaat mendonorkan darah bagi tubuh?

230 views   |   4 shares
  • Donor darah adalah sebuah kegiatan sosial yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mungkin Anda juga sudah pernah melakukan donor darah sebelumnya dan mendapatkan informasi tentang tujuan dan manfaat yang didapat dengan donor darah tersebut. Pada dasarnya donor darah merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan dengan tujuan untuk membantu orang lain yang membutuhkan darah.

  • Donor darah dapat dilakukan untuk menambah persediaan darah di rumah sakit atau juga dapat dilakukan ketika dibutuhkan dalam keadaan penting seperti misalnya anggota keluarga yang membutuhkan jenis darah yang sama dalam jumlah cukup banyak. Dengan tujuan seperti demikian tentu besar sekali manfaat yang didapatkan oleh penerima donor darah yang mendapatkannya, sehingga kegiatan ini dapat dikatakan juga sebagai kegiatan yang mulia karena berkaitan dengan nyawa seseorang. Beberapa kasus medis yang sering kali memerlukan donor darah ini biasanya pada persalinan, demam berdarah, kecelakaan, dan operasi besar.

  • Namun tahukah Anda manfaat yang didapatkan dari donor darah ternyata juga berpengaruh pada diri si pendonor? Jika selama ini Anda memahami bahwa pihak yang diuntungkan hanyalah pihak penerima donor, Anda sudah salah besar. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa besar juga manfaat yang di rasakan oleh pendonor setelah melakukan donor darah.

  • American Journal of Epidemology mengungkapkan fakta bahwa pendonor yang aktif mendonorkan darahnya selama periode tertentu dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan kanker. Dengan kata lain, jantung dapat lebih terjaga kesehatannya dengan mendonorkan darah. Zat besi yang ada pada darah berfungsi mempercepat proses oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan risiko serangan jantung, dan donor darah dapat membantu menurunkan kadar zat besi dalam darah ke dalam batas wajar sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

  • Selain itu, dengan mendonorkan darah secara rutin seorang pendonor akan mengalami regenerasi sel darah merah di dalam tubuhnya, yang berarti tubuh akan memberikan sel darah merah yang baru menggantikan darah yang sudah didonorkan sehingga dapat membantu menjaga fungsi setiap organ dalam tubuh dengan baik. Hal ini sangat berpengaruh baik, tubuh menjadi lebih segar dan sehat sehingga menjadi lebih bersemangat dalam beraktivitas.

  • Masih banyak sekali manfaat lain yang didapatkan seorang pendonor darah yang selalu melakukan donor secara berkala, bahkan dapat lebih banyak daripada si penerima donor. Salah satunya yang paling sederhana adalah proses pemeriksaan darah yang diperlukan sebelum dapat mendonorkan darah dapat memberikan manfaat bagi pendonor untuk mengetahui jenis golongan darah yang dimiliki dan dapat mendeteksi secara dini apabila terdapat masalah kesehatan yang serius di dalam tubuh. Dan tahukah Anda bahwa setiap kantung darah yang didonorkan tersebut ternyata dapat bermanfaat untuk menyelamatkan tiga nyawa?

  • Advertisement
  • Sehingga dengan membantu sesama yang membutuhkan akan mendatangkan pahala yang baik bagi kehidupan Anda. Untuk tipe golongan darah tertentu kadang darah yang dibutuhkan mengalami keterbatasan stok sedangkan permintaan setiap harinya dari rumah sakit cukup tinggi. Kesadaran akan donor darah di masyarakat Indonesia memang masih tergolong kecil, namun diharapkan dengan sosialisasi yang tepat akan menumbuhkan semangat masyarakat untuk mau membantu sesamanya yang membutuhkan melalui donor darah.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr