Cara Membantu Mencegah Gertakan

Saya pernah mengalami gertakan, saudara-saudara saya dan teman-teman saya juga pernah mengalami gertakan. Walau saya tidak suka mengakuinya, saya pernah terlibat melakukan gertakan terhadap orang lain.

1,254 views   |   shares
  • Saya pernah mengalami gertakan, saudara-saudara saya dan teman-teman saya juga pernah mengalami gertakan. Walau saya tidak suka mengakuinya, saya pernah terlibat dalam melakukan gertakan terhadap orang lain. Dampak dari semua ini sungguh menyakitkan. Ada rasa sakit hati, kesedihan, amarah dan banyak lagi perasaan yang mengganggu.

  • Apakah kita mau mengakuinya atau tidak kita semua pernah mengalami dampak dari gertakan. Mungkin kita menjadi korban atau sebagai pelakunya. Kalau saja saya mempunyai cara untuk mencegah gertakan, sayangnya saya tidak tahu itu. Karena itu saya ingin melakukan pendekatan lain dengan harapan saya dapat memberikan cara berpikir yang berbeda untuk masalah penting ini. Berikut ini beberapa gagasan yang mungkin membantu untuk mengatasi gertakan.

  • Jadilah teman yang baik

  • Kita semua ingin merasa diterima; kita perlu mengetahui bahwa ada orang-orang yang peduli tentang kita. Kita semua butuh orang yang bisa kita ajak berbicara, seseorang yang mau mendengarkan tanpa menghakimi. Pendek kata kita perlu teman yang baik. Untuk mendapat teman yang baik, Anda perlu menjadi teman yang baik. Ini berarti Anda perlu berusaha membina hubungan dengan orang lain.

  • Berusaha keras membina hubungan persahabatan memberikan teladan dan sungguh-sungguh menunjukkan kepada orang lain bahwa tidak ada alasan apa pun untuk memperlakukan orang lain dengan kurang hormat. Makin besar kesediaan Anda mengulurkan tali persahabatan, makin nyaman perasaan Anda dan makin besar dampak positif Anda. Mau tidak mau Anda akan merasa nyaman sewaktu Anda menjadi teman yang baik, menjalin hubungan, dan membantu orang lain.

  • Waspadalah dengan apa yang terjadi di sekitar Anda, terutama yang menyangkut gertakan

  • Saya merasa sedih setiap kali saya mendengar, melihat atau membaca tentang seseorang yang mengalami gertakan. Dampaknya bagi setiap orang yang terlibat dirasakan seumur hidup. Sebaliknya, saya merasa senang dan berpengharapan bila mendengar seseorang berhasil mengatasi kesulitan yang ditimbulkan oleh gertakan. Jika Anda tetap waspada dengan apa yang terjadi di sekitar Anda, Anda dapat mencegah situasi yang dapat menjadi buruk. Bersikap waspada juga berarti Anda peduli tentang orang lain. Kita perlu orang yang sungguh peduli tentang orang-orang di sekitarnya. Kita perlu orang yang mau menentukan sikap dan membantu melindungi orang lain yang menjadi korban gertakan.

  • Bersedialah memahami dan juga menerima pandangan orang lain

  • Ada kalanya ketika Anda tidak sepaham dengan orang lain. Anda mungkin tidak sependapat atau nilai-nilai akhlak dan moral Anda tertantang. Pertahankanlah semua yang baik itu, tetapi juga bersedialah untuk berusaha memahami orang lain. Supaya Anda dapat melakukan hal ini, kenalilah nilai-nilai apa yang Anda junjung. Pahamilah siapa diri Anda sesungguhnya dan mengapa Anda menjunjung nilai-nilai itu. Dengan makin mengenali semua itu Anda makin dapat menghargai orang lain. Semakin Anda menghargai orang lain, Anda makin dapat membantu mencegah gertakan. Jika Anda memusatkan diri untuk memperkuat apa yang Anda yakini, dan membantu orang lain memperkuat nilai-nilai yang mereka junjung, Anda membangun benteng persahabatan yang kokoh dan aktif. Anda menunjukkan bahwa Anda bersedia memberi pengaruh yang baik dalam usaha mencegah gertakan.

  • Advertisement
  • Jika kita lebih giat menjalin persahabatan dan bukan gertakan, kita akan melihat banyak perubahan. Kita akan melihat situasi di mana remaja akan merasa tidak disingkirkan, dan tidak merasa harus berontak sampai menyakiti banyak orang. Kita akan melihat rasa hormat menjadi sifat yang dominan di antara kaum muda. Kita akan melihat situasi di mana orang mengulurkan tali persahabatan yang sejati dan dengan demikian kita akan melihat dunia yang lebih baik.

  • Yang jadi masalah sekarang kita tidak bisa hanya berkomentar. Tindakan berbicara lebih lantang daripada perkataan. Tidak ada saat yang lebih tepat daripada sekarang ini di mana orang tua perlu menganjurkan anak-anak mereka untuk bersikap lebih baik dan ramah kepada orang lain. Tidak ada saat yang lebih tepat bagi remaja untuk mencari cara guna membangun persahabatan dan bukan menghakimi karakter atau penampilan orang lain. Hidup ini singkat dan bila kita semua cukup peduli tentang perasaan orang lain, kita akan melihat dunia yang lebih baik dan produktif.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Ways to help prevent bullying" karya Seth Saunders.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Seth Saunders is an executive business consultant and leadership coach. Seth has been married 18 years to his amazing wife, Amber, and is the proud father of three wonderful sons. He is passionate about helping others succeed.

Cara Membantu Mencegah Gertakan

Saya pernah mengalami gertakan, saudara-saudara saya dan teman-teman saya juga pernah mengalami gertakan. Walau saya tidak suka mengakuinya, saya pernah terlibat melakukan gertakan terhadap orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr